Pencarian global tidak diaktifkan.
Lewati ke konten utama

Ringkasan topik

  • Nihon Bunka (Kebudayaan Jepang)

    Pengajar Mata Kuliah

    Heri Widodo, M.A.

    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang diberikan di semester 3  dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengupas budaya Jepang dengan mengacu pada tiga wujud kebudayaan dan tujuh unsur budaya universal. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan profil bangsa dan negara Jepang melalui berbagai media penyampaian.

    Bobot Mata Kuliah

    2 SKS

    Target Capaian Pembelajaran

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):
    CPMK1  : Mahasiswa mampu menjelaskan wujud dan unsur-unsur budaya universal
    CPMK2  : Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah perkembangan Sistem Religi Jepang dari jaman Jomon – Reiwa Awal
    CPMK3  : Mahasiswa mampu menjelaskan peran religi dalam membentuk etos kerja
    CPMK4  : Mahasiswa mampu menjelaskan  Sistem & Organisasi Kemasyarakatan Jepang (Ie)
    CPMK5  : Mahasiswa mampu menjelaskan pengaruh Ie dalam perusahaan Jepang
    CPMK6  : Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan Sistem Pengetahuan Jepang
    CPMK7  : Mahasiswa mampu menjelaskan peranan Sistem Pengetahuan Jepang dalam kehidupan bangsa Jepang
    CPMK8  : Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik bahasa Jepang
    CPMK9  : Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya memahami bahasa Jepang di lingkup pekerjaan/perusahaan
    CPMK10 : Mahasiswa mampu menjelaskan tentang sifat-sifat khas kesenian Jepang
    CPMK11 : Mahasiswa mampu menjelaskan pengaruh kesenian terhadap produk-produk Jepang.
    CPMK12 : Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah  perkembangan sistem mata pencaharian hidup bangsa Jepang sejak dari jaman jomon sampai awal Reiwa
    CPMK13 : Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana sistem mata pencaharian hidup bangsa Jepang dalam era industri 4.0
    CPMK14 : Mahasiswa mampu mendeskripsikan bagaimana bangsa Jepang mengembangkan teknologi dan peralatannya dalam era industri 4.0

  • 1. Pertemuan 1. 3 Wujud Kebudayaan dan 7 Unsur Kebudayaan Universal

    Konnichiwwa. Selamat datang di kelas Nihon Bunka Pertemuan Pertama. Pada pertemuan kali ini kita akan mendiskusikan tentang wujud dan unsur kebudayaan univers. Kedua hal ini menjadi landasan dalam kita mempelajari budaya Jepang pada sessi-sessi berikut. Silahkan menyimak dan mengikuti proses sesuai dengan petunjuk.

    Jurnal Perkuliahan:
    Dosen Pengampu         : Heri Widodo, M.A.
    Hari, Tanggal                : Senin, 16 Agustus 2021
    Waktu                           : 07.00-08.40
    Bentuk Pembelajaran    : sinkronus
    Metode Pembelajaran  : Pembahasan, Tanya Jawab, Diskusi
    Media Pembelajaran     : LMS Eldiru & Zoom Meeting
    Jumlah Mahasiswa        : 47
    Capaian Pembelajaran : 
    1. Mahasiswa mampu menjelaskan 3 Wujud Kebudayaan dan 7 Unsur Budaya Universal
    Materi Pembelajaran    :  
    1. Tiga Wujud Kebudayaan dan Tujuh Unsur Budaya Universal

    • Silahkan mengakses forum ini dan jawablah beberapa pertanyaan terkait materi 1. Definisi dan Wujud Kebudayaa.

    • Silahkan mengakses bagian ini untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait tujuh unsur kebudayaan.

    • Silahkan mengakses forum ini dan membuat thread jika ada pertanyaan atau hal-hal yang ingin didiskusikan terkait topik bahasan padan pertemuan ke-1 ini.

  • 2. Pertemuan 2. Sistem Religi

    Pada pertemuan ini dibahas tentang sistem religi Jepang dengan sub topik Sejarah Perkembangan Agama di Jepang. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang bagaimana sejarah perkembangan Jepang, keterkaitan agama dengan pemerintahan, dan isu-isu sosial terkait agama di Jepang. Indikator ketercapaian dapat dilihat dari kemampuan mahasiswa untuk mejawab pertanyaan dengan baik dan benar dalam forum diskusi maupun dalam soal-soal ujian. 

    Jurnal Perkuliahan:
    Dosen Pengampu         : Heri Widodo, M.A.
    Hari, Tanggal                : Senin, 23 Agustus 2021
    Waktu                           : 07.00-08.40
    Bentuk Pembelajaran    : sinkronus
    Metode Pembelajaran  : Pembahasan, Tanya Jawab, Diskusi
    Media Pembelajaran     : LMS Eldiru & Zoom Meeting
    Jumlah Mahasiswa        : 47

    Capaian Pembelajaran : 
    Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang bagaimana sejarah perkembangan Jepang, keterkaitan agama dengan pemerintahan, dan isu-isu sosial terkait agama di Jepang.
    Materi Pembelajaran    :  
    Sistem religi Jepang

    • Silahkan mengakses beberapa Materi Pengayaan tentang Sistem Religi di Jepang berikut untuk mengetahui dan memahami lebih dalam terkait materi bahasan pada pertemuan kedua ini.

    • Jawablah beberapa pertanyaan terkait topik bahasan pada pertemuan ke-2.
      1. Jaman Prasejarah
      Deskripsikan secara singkat bagaimana kondisi keagamaan Jepang pada Jaman Prasejarah Jepang
      2. Jaman Awal Sejarah
      Dari manakah asal-usul agama Budha yang menyebar di Jepang dan mengapa agama Budha bisa diterima di Jepang pada masa Awal Sejarah Jepang?
      3. Jaman Pertengahan
      Apa yang dilakukan Pemerintahan Kamakura untuk merevitalisasi peran agama Budha dalam masyarakat?
      4. Jaman Modern
      Bagaimana kedudukan pemerintah dalam kaitannya dengan agama warga Jepang?

      (Kumpulkan jawaban Anda pada bagian penugasan ini dalam format PDF Files dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan)

  • Pertemuan ke-3: Agama dan Permasalahan di Dunia Kerja

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihon Bunka. Dalam 2 pertemuan ini kita masih dalam tema pembahasan tentang Sistem kepercayaan/Agama  Jepang. JIka dalam pertemuan sebelumnya kita banyak membahas tentang sejarah perkembangan agama-agama di Jepang, dalam pertemuan ini kita akan menggunakan perspektif agama dalam melihat bagaimana permasalahan yang muncul dalam dunia kerja. 

    Jurnal Perkuliahan:
    Dosen Pengampu         : Heri Widodo, M.A.
    Hari, Tanggal                : Senin, 30 Agustus 2021
    Waktu                           : 07.00-08.40
    Bentuk Pembelajaran    : Asinkronus (Tidak Ada Zoom Meeting/Virtual Class)
    Metode Pembelajaran  : Studi Kasus dan Respon terhadap kasus
    Media Pembelajaran     : LMS Eldiru
    Jumlah Mahasiswa        : 47

    Capaian Pembelajaran : 
    Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan di dunia kerja, mampu mengkaji dan bersikap dalam perspektif agama/kepercayaan, serta mampu memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut dalam pendekatan agama dan kepercayaan.
    Materi Pembelajaran    :  
    Agama dan kasus-kasus dalam dunia kerja di Jepang.

    • Berdasarkan informasi tentang kasus-kasus di perusahaan-perusahaan yang digolongkan sebagai Black Kigyo di atas, buatlah artikel yang berisi respon dan solusi yang Anda tawarkan dari pendekatan agama/kepercayaan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Sebagai panduan dalam membuat artikel, saya sertakan pertanyaan-pertanyaan pemantik berikut;

      1. Bagaimana secara umum bangsa Jepang memandang pekerjaan?

      2. Bagaimana agama/kepercayaan bangsa Jepang memandang suatu pekerjaan, tugas, apakah hal yang positif atau negatif, bekerja mendekatkan diri pada tuhan atau menjauhkan diri pada tuhan?

      3. Menurut Anda bangaimana peranan agama/kepercayaan bangsa Jepang terhadap kemajuan Jepang? Dalam bentuk peranan seperti apakah 'jasa' agama dalam menopang kemajuan Jepang/

      4. Bagaimana sisi negatif dari 'atmosfer bekerja' di Jepang dalam masyarakat Jepang/

      5. Masalah apa sajakah yang muncul dalam dunia perusahaan Jepang dengan mengacu pada website yang mengumumkan tentan Buraku Kigyou? Rangkumlah permasalahan-permasalaan yang muncul dari perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam "Black Company Award 2014".

      6. Tariklah kesimpulan mengenai 2 hal, apa penyebab utama permasalahan muncul dan bagaimana nasib korban secara umum dari kasus-kasus di atas.

      7. Kemukakan pendapat Anda tentang bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang muncul tersebut. Karena kita sedang dalam tema sistem kepercayaan Jepang, maka rumuskanlah solusi Anda dalam perspektif pendekatan agama/kepercayaan.

      1. Artikel dikumpulkan dalam bentuk format PDF dikirim dengan cara mengunggah file.

      2. Periksa keorisinalitas artike Anda di https://www.quetext.com/ . Lampirkan screenshot hasil pemeriksaan plagiarisme artikel Anda di bagian atas artikel.Batas toleransi saya agar artikel Anda tidak dianggap sebagai plagiarisme dalam tugas ini adalah maksimal 40%. JIka hasil pemeriksaan artike Anda masih di atas 40% plagiat, silahkan diubah hingga mencapai batas aman tersebut.

       

    • Silahkan mengakses kemudian membuat thread dalam forum ini jika Anda memilik pertanyaan atau sesuatu hal yang sekiranya perlu untuk didiskusikan di dalam kelas (forum ini) terkait topik sistem religi di Jepang.

  • Pertemuan ke-4: Sistem Organisasi Kemasyarakatan

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihon Bunka. Pada pertemuan ini kita akan membahas tentang bagaimana sistem sosial kemasyarakatan Jepang yaitu Ie. Bagaimana pengaruh sistem Ie berpengaruh ke dalam sistem perusahaan yang bergaya budaya perusahaan Jepang.

    Setelah mengikuti sessi ini diharapkan mahasiswa memahami sistem kemasyarakatan Jepang dan mampu menghormati dan beradaptasi dengan lingkungan dengan sistem Ie, serta mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang muncul di lingkungannya terkait berlakunya sistem Ie.

    Sebelum memulai proses pembelajaran, mari kita berdo'a terlebih dahulu sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, agar diberi kelancaran, kebermanfaatan, dan keberkahan.

    ttd

    Heri W

    • Pemaparan tentang bagaimana sistem Ie dalam budaya Jepang telah diteliti dan dituliskan oleh Ibu Etty Anwar. Silahkan mengakses file berikut kemudian simak dan pelajari pemaparan Ibu Etty Anwa tentang Ie. Setelah itu, jawablah beberapa pertanyaan di forum refleksi materi di bagian berikutnya.

    • Forum icon
      4.2. Refleksi Materi Sistem Organisasi dan Kemasyarakatan Jepang Forum

      Silahkan mengakses bagian ini kemudian jawablah beberapa pertanyaan  terkait dengan Sistem Organisasi Kemasyarakatan Jepang.

      Jika ada pertanyaan terkait topik bahasan ini, silahkan membuat thread dan menuliskannya.

      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas 4.1. Materi 1. Sistem Ie ditandai selesai
    • Silahkan mengakses dan membuat thread dalam forum ini jika ada pertanyaan atau hal-hal yang perlu didiskusikan terkait topik bahasan ini.

  • Pertemuan ke-5: Sistem Ie dan Perusahaan Jepang

    Konnichiwa. Selamat datang kembali di kelas Nihon Bunka.

    Setelah pada pertemuan sebelumnya kita melihat bagaimana sistem sosial kemasyarakatan tradisional Jepang yang disebut Ie, kali ini kita kan mendiskusikan bagaimana pengaruh sistem Ie ini dalam lingkungan perusahaan Jepang.

    Setelah menyimak materi ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami, menjelaskan, dan mengambil sikap yang bijak ketika dalam lingkungan yang berbudaya Jepang (Ie). Selain itu, diharapkan mahasiwa mampu memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang terkait crossculture understanding sekaligus menciptakan kondisi yang harmonis.

    Sebelum memulai proses, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd

    Heri Widodo

    • Silahkan mengakses dan membuat thread dalam forum ini jika Anda mempunyai pertanyaan atau sesuatu hal yang perlu didiskusikan di dalam kelas terkait topik bahasan pertemuan ke-5 ini.

    • Jawablah beberapa pertanyaan berikut dan kirimkan jawaban Anda dalam format pdf files.. Anda diperbolehkan untuk  mendiskusikan jawaban dengan team/kelompok dan mengirimkan hasil jawaban team tersebut sebagai jawaban pribadi yang dikumpulkan sebagai tugas.

      1. Jelaskanlah bagaimana pengaruh Ie terhadap interaksi sosial dalam perusahaan Jepang?

      2. Kemukakan pemikiran Anda tentang bagaimana kelebihan dan kekurangan  sistem Ie dalam perusahaan Jepang dalam menanggapi perubahan jaman yang menuntut kecepatan, ketransparanan, dan fleksibiliitas seperti saat ini.

  • Pertemuan ke-6: Sistem Ilmu Pengetahuan (Pendidikan)

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihon Bunka. Pada pertemuan ini kita akan membahas tentang bagaimana sejarah perjalanan sistem pendidikan Jepang sebagai penopang utama sistem ilmu pengetahuan mereka. Pendidikan menjadi vital bagi sebuah bangsa di era modern sebagai landasan sistem pengetahuan mereka.

    Setelah mengikuti perkuliahan dengan topik ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana sejarah sistem pendidikan, menjelaskan bagaimana keterkaitan antara sistem pendidikan dengan kemajuan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi Jepang saat ini. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa mampu mengambil pelajaran dan merancang design untuk memajukan ilmu pengetahuan bangsa sendiri

    Sebelum memulai proses pembelajaran, mari berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing agar memperoleh kelancaran, kebermanfaatan, dan keberkahan.

    ttd

    Heri Widodo

    • Silahkan mengakses file berikut sebagai bahan literature untuk memahami bagaimana sistem pendidikan Jepang. Materi dalam file ini bukanlah satu-satunya sumber rujukan, oleh karena itu, silahkan Anda memanfaatkan semua sumber daya dan kemudahan teknologi untuk memperoleh informasi terkait topik bahasan ini.

    • Silahkan mengakses forum ini kemudian jawablah pertanyaan yang saya ajukan dalam forum ini.

  • Pertemuan ke-7: Sistem Ilmu Pengetahuan (Reformasi Pendidikan)

    Konnichiwa, selamat datang kembali di kelas Nihon Bunka.

    Pada pertemuan ke-7 ini kita masih di topik tentang sistem ilmu pengetahuan Jepang dengan pokok bahasan reformasi pendidikan Jepang pasca Perang Dunia II.

    Setelah mengikuti pembahasan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana sistem dunia ilmu pengetahuan Jepang modern dibangun dan dimanfaatkan untuk kemajuan Jepang. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan mampu meniru sisi baik dan etos dalam dunia pendidikan, ilmu pengetahuan Jepang.

    Sebelum memulai proses pada pertemuan kali ini, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing agar diberi kelancaran, kebermanfaatan, kebahagiaan, dan keberkahan dalam proses pembelajaran ini.

    ttd

    Heri Widodo

    • Silahkan mengakses beberapa materi berikut untuk pembahasan mengenai bagaimana reformasi pendidikan Jepang Pasca Perang Dunia II. Beberapa sumber ini hanya sebagian saja untuk memperoleh informasi terkait reformasi pendidikan Jepang. Silahkan Anda 'berselancar' dan mencari sumber lain yang kredible terkait topik bahasan yang sama.

    • Setelah menyimak berbagai sumber dan literatur terkait bagaimana reformasi pendidikan Jepang, silahkan membuat ulasan  tentang bagaimana reformasi pedidikan Jepang dilakukan.  Sertakan pula bagaimana pendapatmu mengenai hal-hal apa yang membuat reformasi itu sukses dilakukan dan apa manfaat yang bisa kita lihat dari hasil reformasi pendidikan itu untuk masa sekarang.

      Kirimkan hasil ulasan Anda di bagian penugasan ini dalam format PDF files dengan memperhatikan tenggang waktu yang ditentukan.

    • Silahkan mengakses dan membuat thread dalam forum ini jika mempunyai pertanyaan, ide,, atau pendapat yang sekiranya perlu didiskusikan bersama di kelas terkait topik bahasan ini.

  • UJIAN TENGAH SEMESTER

    Pelaksanaan Ujian Tengah Semester menyesuaikan.

    • Silahkan akses bagian ini untuk mengerjakan soal-soal UTS Nihon Bunka. Perhatikan perhitungan waktu dalam pengerjaan soal-soal.

    • Silahkan akses dan membuat thread dalam forum ini  jika ada pertanyaan, usul, ide, atau hal-hal yang ingin disampaikan.

  • Pertemuan ke-9: Kesenian Jepang

    Haloo, selamat datang kembali di kelas Nihon Bunka. Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang unsur budaya Jepang yang lain, yaitu tentang kesenian Jepang.  Pada bagian yang pertama ini perhatian akan kita fokuskan pada Seni Rupa Jepang.

    Setelah menyimak materi ini diharapkan mahasiswa mampu memahami, mengapresiasi,  dan menjelaskan bagaimana dinamika dunia seni rupa Jepang.

    Sebelum memulai proses mari kita berdo'a sesusai dengan agama dan kepercayaan masing-masing agar memperoleh kelancaran, kebermanfaatan, kebahagiaan, dan keberkahan dalam proses pembelajaran ini.

    ttd

    Heri Widodo

    • Kuis icon
      9.2. Kuiz Kuis

      SIlahkan menjawab beberapa pertanyaan berikut.

      Tidak tersedia kecuali: Aktivitas 9.1. Materi Perkuliahan : Seni Rupa Jepang. Sebag... ditandai selesai
    • Silahkan akses forum ini jika ada pertanyaan atau sesuatu yang perlu didiskusikan terkait topik bahasan pada pertemuan kali ini.

  • Pertemuan ke-10: Kesenian Jepang (Seni Pertunjukan)

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihon Bunka. Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang kesenian Jepang dengan topik diskusi Seni Pertunjukan Tradisional Jepang.

    Setelah menyimak materi pada topik ini diharapkan  mahasiswa memahami, mengapresiasi,  dan mampu menjelaskan  seluk beluk seni pertunjukan tradisional Jepang dan mampu mengambil pelajaran, inspirasi untuk memahami dan melestarikan budaya sendiri.

    Sebelum memulai proses pembelajaran, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing agar memperoleh kelancaran, kebermanfaatan, kebahagiaan, dan keberkahan.

    ttd

    Heri Widodo

  • Pertemuan ke-11. Mata Pencaharian Jepang : Agraris

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihon Bunka. 

    Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan salah satu unsur budaya Jepang, yaitu sistem mata pencaharian.

    Setelah mempelajari topik bahasan ini diharapkan mahasiswa mengerti, memahami,  dan mampu menjelaskan seperti apakah sistem mata pencaharian bangsa Jepang secara umum dan bagaimana korelasi sistem mata pencaharian tersebut terhadap wujud dan produk-produk budaya bangsa Jepang.

    Sebelum memulai, mari berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing agar memperoleh kelancaran, kebermanfaatan, kebahagiaan, dan keberkahan dalam proses pembelajaran ini.

    ttd

    Heri Widodo

  • Pertemuan ke-12. Mata Pencaharian Jepang : Para Pejuang Ekonomi

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihon Bunka. 

    Setelah dunia memasuki revolusi industri, Jepang turut mengenyam kemakmuran dari ekonomi industri. Detak jantung perekenomian industri banyak ditopang oleh para pekerja yang mendedikasikan tenaga dan pikirannya pada profesi, pekerjaan yang diraihnya. Citra bangsa Jepang yang terbangun adalah bangsa yang workaholic, gila kerja dan tingginya standard mutu barang produksinya. Seperti apakah kehidupan para pejuang ekonomi itu di balik kemakmuran Jepang itu? Bagaimanakah mereka menjalani kehidupan sebagai pekerja sebagai sumber mata pencaharian? Bagaimana jika Anda ingin masuk terjun ke dalam dunia kerja di Jepang itu? Pada topik bahasan ini kita akan mencoba untuk 'mengulik' hal tersebut.

    Setelah mengikuti pembahasan pada topik bahasan ini diharapkan mahasiswa mampu mengidentifikasi, merumuskan permasalahan, menganalisis, dan merumuskan model solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul dalam masyarakat pekerja industri.

    Sebelum memulai proses ini, mari berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-maisng agar memperoleh kelancaran, kebermanfaatan, kebahagiaan, dan keberkahan dalam proses pembelajaran ini.

    ttd

    Heri Widodo

    • Berdasar dari  menyimak kedua video di atas dan pengetahuan yang sudah Anda kuasai tentang Jepang, masyarakat, dunia kerja, perekonomian, dan lain-lain, jawablah beberapa pertanyaan pemantik diskusi dalam forum ini.

      1. Ketika Jepang menggantungkan hidupnya terhadap dunia industri, asset apakah yang paling berharga dalam masyarakat?

      2. Dalam perekonomian berbasis industri, masalah apakah yang berpotensi menjadi masalah dalam masyarakat?

      3. Dalam perekonomian yang berbasis industri Jepang, siapakah yang menempati posisi paling tinggi dalam masyarakat?

      4. Bagaimanakah cara seseorang, sekelompok orang untuk bisa menempati posisi paling tinggi dalam masyarakat industri?

      5. Dunia industri Jepang membentuk etos kerja bangsa Jepang. Etos kerja Jepang seperti apakah yang dibentuk oleh dunia industri Jepang?

      6. Sebut dan deskripsikan wujud budaya Jepang seperti apakah yang dihasilkan oleh bangsa Jepang yang dilatarbelakangi oleh mata pencaharian berbasis industri.

    • Silahkan mengakses forum ini untuk mengajukan pertanyaan atau jika ada hal yang ingin didiskusikan terkait topik bahan ini.

  • Pertemuan ke-13. Sistem Peralatan dan Teknologi: Senjata Tradisional

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihon Bunka.

    Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan mempelajari salah satu unsur budaya budaya Jepang, yaitu sistem peralatan dan teknologi Jepang. Fokus pembahasan akan ditekankan pada salah satu senjata tradisioanl Jepang, Yumi (Panah).

    Setelah mengikuti topik bahasan ini diharapkan mahasiswa mengerti dan memahami bagaimana proses dan seluk beluk Yumi. Selain itu, dengan mengerti dan memahaminya, mahasiswa diharapkan mampu merumuskan model pelestarian budaya sejenis dengan menggunakan budaya Jepang sebagai pembanding dan model. 

    Sebelum memulai proses pembelajaran, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd

    Heri Widodo

    • Silahkan akses forum ini jika ada hal-hal ditanyakan atau didiskusikan terkait topik bahasan ini.

  • Pertemuan ke-14. Sistem Peralatan dan Teknologi: Peralatan Rumah Tangga

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas Nihon Bunka.

    Pada kesempatan kali ini kita akan masih menyimak bagaimana perkembangan teknologi dan peralatan Jepang. Namun, pada pertemuan sebelumnya kita melihat bagaimana peralatan tradisional, pada pertemuan kali ini kita akan menyimak bagaimana teknologi dan peralatan Jepang yang diterapkan dalam lingkungan rumah, tempat tinggal. Teknologi dan peralatan ini bersifat praktis dan digunakan dalam keseharian.

    Dengan menyimak dan mengikuti latihan dalam pertemuan ini diharapkan mahasiswa memahami budaya Jepang dan terinspirasi untuk mengadopis cara pikir dan cara kerja terkait alat-alat yang dibahas dalam pertemuan ini.

    Sebelum memulai proses, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

    ttd

    Heri Widodo

    • Sebelum menyimak video materi yang akan saya jadikan acuan dalam pembahasan ini, akses, unduhlah lembar latihan berikut. Kemudian, perhatikan beberapa topik bahasan beserta pertanyaan yang saya cantumkan di dalam lembar latihan. 

      Pada bagian mengemukakan ide di setiap topik bahasan, kemukakan ide Anda secara bebas, explore imajinasi dan intuisi Anda untuk meningkatkan performa produk tersebut. 

    • Simaklah video berikut sebagai acuan dalam mengerjakan latihan dalam lembar latihan kaizen.
    • Silahkan akses forum ini dan membuat thread jika Anda memiliki pertanyaan atau ide, usul, pendapat yang perlu didiskusikan di dalam kelas ini.

    • Silahkan mengunggah file latihan pada materi 1 ke bagian ini. Kirimkan jawaban pada lembar latihan Anda dalam format PDF files dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan. 

  • Pertemuan ke-15. Review dan Refleksi

    Ohayou gozaimasu. Selamat datang kembali di kelas NIHON BUNKA.

    Pertemuan kali ini adalah pertemuan terakhir sebelum UAS di semester ini. Pada pertemuan-pertemuan sebelumnya kita telah menyimak bagaimana 3 wujud dan 7 unsur kebudayaan Jepang. Melalui pemahaman terhadap wujud dan unsur kebudayaan ini diharapkan mahasiswa lebih memahami tentang seluk beluk bangsa Jepang. Pemahaman ini berguna sekali bagi pembelajaran-pembelajaran lain terkait bangsa Jepang.

    Sebagai sebuah review dan refleksi, silahkan mengakses bagian 15.1 dan jawablah beberapa pertanyaan yang terdapat di dalam quiz tersebut.

    Sebelum memulai proses, marilah kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing agar diberi kelancaran, kebermanfaatan, kebahagiaan, dan keberkahan dalam proses pembelajaran ini.

    ttd

    Heri W.

    • Sebagai materi untuk me-review dan refleksi pelaksanaan perkuliahan Nihon Bunka pada semester ini, silahkan menjawab beberapa pertanyaan dalam quiz berikut.

    • Silahkan akses forum berikut untuk melihat pengumuman terkait UAS serta diskusi.

  • Pertemuan ke-16. Ujian Akhir Semester

    Penetapan tentang jadwal, materi, dan metode Ujian Akhir Semester akan diumumkan kemudian.

    • Silahkan akses dan jawablah beberapa soal ujian akhir semester Nihon Bunka berikut. Jika ada pertanyaan atau hal-hal yang ingin didiskusikan terkait UAS Nihon Bunka, silahkan akses Forum Q&A. Setelah selesai menjawab soal-soal UAS, silahkan mengisi presensi.

      Soal-soal UAS telah ditentukan batas waktu pengerjaannya, bijaklah memanfaatkan waktu.

    • Silahkan akses dan membuat thread jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin didiskusikan mengenai pelaksanaan UAS Nihon Bunka