LMS-SPADA INDONESIA


Berkolaborasi Memacu Masyarakat Berdaya
Fakultas Ilmu Sosial - Universitas Negeri Yogyakarta

Pada semester ini kalian akan menempuh mata kuliah Pemberdayaan Masyarakat dengan secara full online (daring penuh) selama 16 kali pertemuan, dimana pembelajaran akan mengkolaborasikan model synchronous dan asynchronous. Model synchronous akan dilakukan melalui video conference dan model asynchronous dilakukan dengan menggunakan beragam aplikasi pembelajaran daring. Kemandirian, Semangat untuk belajar dan Kritis dalam mengidentifikasi permasalahan, kebutuhan dan potensi masyarakat sangat diperlukan dalam mengikuti kuliah ini.
Nah kalian yang ingin tahu seperti apa mata kuliah ini dapat mencermati informasi berikut ini:
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar mampu menguasai konsep dasar kajian pemberdayaan masyarakat, menerapkan strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah pengaruh globalisasi, dan melakukan evaluasi aksi pemberdayaan komunitas sebagai bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial.
Mahasiswa mampu merancangan program pemberdayaan masyarakat yang berbasis pada permasalahan dan kebutuhan masyarakat dengan mendayagunakan serta mengoptimalkan potensi yang ada guna mendorong masyarakat berdaya.
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat:


Perkuliahan ini akan dilakukan seluruhnya melalui online/daring, sehingga mahasiswa dituntut untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dan jaringan dalam pembelajaran. Perkuliahan dalam jaringan menuntut disiplin dan kemandirian mahasiswa untuk belajar. Anda dapat belajar di setiap minggunya dengan panduan pembelajaran yang disediakan di halaman e-learning besmart ini. Setiap minggunya anda mendapatkan bahan ajar yang berwujud modul, video, powerpoint, link artikel dan lain sebagainya. Anda dapat mengunduh dan mempelajari bahan ajar serta mengerjakan berbagai aktivitas.
Aktivitas perkuliahan bervariasi tiap minggunya mulai dari diskusi, quiz online, tugas, chat, refleksi, dan lain sebagainya. Materi pembelajaran juga disajikan beragam untuk menumbuhkan tantangan dan semangat anda mengikuti pembelajaran daring ini. Aktivitas didesain untuk lebih banyak melibatkan anda di dalam pembelajaran. Perkuliahan ini menitikberatkan pada partisipasi dan peran aktif mahasiswa untuk belajar, melakukan diskusi, mengerjakan tugas dan melaksanakan proyek belajar sesuai dengan luaran kompetensi yang diharapkan. Optimalkan kemampuan anda, eksplorasi bahan ajar dan pengalaman anda untuk memahami pemberdayaan masyarakat.
Perhatikan setiap petunjuk yang terdapat dalam layanan belajar online ini, apabila menemui kesulitan anda dapat menghubungi kami melalui email, chat, atau media sosial yang tertera di halaman ini. Kami juga menyediakan tutorial menggunakan BeSmart yang didalamnya ada petunjuk untuk melakukan berbagai aktivitas di BeSmart. Silahkan mengunduh melalui link ini atau dapat mengunduh di file lampiran dibagian bawah halaman ini.
Proses pembelajaran daring membutuhkan kemandirian belajar. Di LMS Besmart ini disediakan fitur untuk mengingatkan dan menunjukkan apakah anda (mahasiswa) telah membaca, mendengarkan/melihat materi, dan/atau mengerjakan aktivitas belajar. Anda perhatikan disetiap kegiatan/aktivitas di sebelah kanan ada kotak yang bergaris lurus/putus-putus, seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Kotak bergaris putus-putus menandakan bahwa aktivitas belajar di rekam oleh sistem, ketika anda sudah melaksanakan kegiatan ini, secara otomatis akan muncul tanda centang di kotak tersebut.
Kotak bergaris lurus menandakan bahwa aktivitas belajar dilakukan secara mandiri, artinya setelah anda selesai membaca atau mengerjakan silahkan klik kotak hingga muncul tanda centang. Hal ini perlu dilakukan untuk memantau progress belajar anda.
Beberapa aktivitas membutuhkan anda menyelesaikan aktivitas belajar sebelumnya sebelum anda bisa mengerjakan aktivitas selanjutnya. Sehingga pastikan anda membaca dan mengerjakan aktivitas secara berurutan.
Pada aktivitas belajar juga dilakukan pembatas waktu pengerjaan, akan terlihat ditampilan kapan waktu terakhir anda dapat melaksanakan kegiatan/tugas/diskusi, sehingga mohon dapat menjadi perhatian sekaligus melatih kedisiplinan dan tanggung jawab terkait manajemen waktu belajar.
Untuk mempermudah anda mengakses berbagai fitur pada menu pembelajaran daring ini, kami menyediakan layanan pendukung yang dapat dan nyaman dibuka dengan menggunakan gawai (handphone) anda. Anda dapat mengaksesnya melalui link ini
SELAMAT BELAJAR
SELALU BERPIKIR KRITIS DAN ANALITIS
MEMACU MASYARAKAT BERDAYA
SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Apa kabar teman-teman, senang sekali bertemu dengan anda di mata kuliah ini. Selalu semangat dan jaga kesehatan. Pada pertemuan kali ini kita akan memulai dengan melakukan diskusi dan membangun kesepakatan selama mengikuti mata kuliah ini. Sebelumnya silahkan anda baca dan cermati RPS berikut ini. Cermati materi-materi yang anda akan dapatkan dan apabila ada hal yang belum anda pahami silahkan ditanyakan ketika kita melakukan video conference.
Silahkan anda unduh terlebih dahulu RPS mata kuliah pemberdayaan masyarakat melalui link diatas.
Sudah anda unduh? semoga sudah. Nah untuk penjelasannya, sembari anda membuka RPS anda dapat mendengarkan penjelasan melalui audio pada podcast berikut ini
Nah sudah anda cermati Rencana Pembelajaran Semester untuk mata kuliah Pemberdayaan Masyarakat? semoga sudah dan apabila ada pertanyaan silahkan anda sampaikan ketika kita diskusi secara tatap maya. Silahkan klik link video conference dibawah ini.
Terima kasih atas partisipasinya dalam diskusi tatap maya, semoga anda sudah memahami bagaimana alur belajar kita secara daring. Untuk mengetahui pemahaman anda tentang alur/skema/rencana perkuliahan pada mata kuliah ini, silahkan anda dapat mengisi feedback berikut ini
Terima kasih sudah memberikan umpan balik untuk mata kuliah ini.

Sebagai tambahan informasi, perlu kami sampaikan kembali bahwa di mata kuliah ini banyak media yang anda akses menyesuaikan dengan cara belajar anda dan supaya anda termotivasi untuk belajar. Kami menggunakan Video yang diunggah di Youtube dan Podcast dalam menyampaikan materi.
Apabila anda ingin mengunjungi dan melihat materi dapat membuka youtube dengan link dibawah ini
Anda dapat juga mendengarkan materi melalui podcast mata kuliah ini 'Podcast Dimensi' yang dapat didengar melalui link berikut ini
Demikian pertemuan kita kali ini, bertemu kembali di kegiatan belajar selanjutnya. Tetap semangat, terus belajar dan menginspirasi.
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 1
Hi, apa kabar teman-teman, semangat untuk memulai belajar ya. Setelah pada pertemuan sebelumnya, kita telah mendiskusikan berbagai materi yang akan dipelajari, kini tiba saatnya kita memulai belajar tentang pemberdayaan masyarakat. Apakah anda sudah membuka-bukan dan membaca-baca artikel atau materi tentang pemberdayaan? pastinya sudah dan siap untuk berdiskusi.
Nah kali ini kita akan belajar tentang berbagai permasalahan di masyarakat, kita akan fokuskan pada permasalahan masyarakat dalam perspektif pembangunan. Apa saja ya permasalahan yang ada di masyarakat? coba berimajinasi, dan bayangkan ketika anda mendengar masalah masyarakat, masalah pembangunan apa yang terlintas di benak anda?

Kemiskinan - Kriminalitas - Ketimpangan Sosial - Pengangguran, mungkin sebagian di antara anda akan memikirkan masalah tersebut, tetapi apakah masalah pembangunan hanya itu saja? Coba anda perhatikan video berikut ini, jangan lupa catat hal-hal penting
Selain permasalahan riil seperti tayangan tersebut, ada banyak permasalahan yang muncul dan menjadi kendala dalam proses pembangunan, salah satunya tentang kemiskinan dan ketimpangan sosial, nah untuk mengetahui lebih lanjut silahkan dapat mengikuti penjelasan berikut ini
Setelah melihat tayangan tersebut apa permasalahan pembangunan yang ada dan kenapa permasalahan itu muncul? Silahkan sampaikan pendapat anda melalui forum diskusi berikut ini
Menarik sekali diskusi anda, ada banyak perspektif bagaimana kita memandang permasalahan masyarakat dari perspektif pembangunan. Nah sebenarnya ada satu masalah lagi yang berhubungan dengan generasi anda dan membuat anda 'galau', apa itui? yuk simak bincang ringan dalam podcast dimensi berikut ini.
Nah bagaimana pendapat anda, apakah memang permasalahan tersebut terjadi di generasi anda?
Pertemuan kita sudahi sampai disini, pertemuan berikutnya kita akan membicarakan permasalahan yang ada dan dekat dengan kita.
Jangan lupa Belajar, tetap Semangat, menginspirasi dan Sampai Jumpa
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 2
Apa kabar teman-teman, semoga tetap dalam keadaan sehat dan bahagia. Pertemuan sebelumnya kita telah membahas tentang masalah-masalah yang muncul akibat pembangunan. Tentu saja berbagai masalah tersebut terjadi dalam skala yang makro. Nah pada pertemuan kali ini kita akan mencoba membahas permasalahan sosial dalam skala mikro yang ada di sekitar kita.
Coba anda identifikasi permasalahan sosial di sekitar anda. Ada apa saja permasalahan itu, tentu saja ada diantara anda yang mendapatkan sedikit masalah dan ada yang mendapatkan banyak permasalahan sosial. Nah supaya lebih seru coba anda foto salah satu permasalahan yang ada kemudian hasil foto anda di share via instagram, beri deskripsi permasalahan apa yang anda temukan. Jangan lupa tag @pso6213 dan beri tagar #pemberdayaanUNY_permasalahansosial2021. Teman-teman dapat memberikan like dan comment di post Instagram teman anda.

Postingan diatas merupakan contoh hasil identifikasi masalah sosial di masyarakat.
Informasi lebih lanjut tentang aktivitas belajar pada pertemuan ini dapat anda lihat melalui file berikut ini
Dari berbagai permasalahan sosial yang ada di sekitar anda, tampak bahwa kelompok-kelompok masyarakat selalu memiliki masalah. Masalah tersebut tidak harus besar, tetapi justru permasalahan-permasalahan kecil yang dekat dengan masyarakat yang ketika dicari solusinya akan dapat membuat masyarakat lebih berdaya. Untuk lebih memahami berbagai permasalahan sosial di masyarakat silahkan dapat mengikuti penjelasan berikut ini
Sudah semakin jelas kan, apa saja masalah-masalah sosial kemasyarakatan yang ada di sekitar kita. Sering kali tidak menyadari karena dianggap sepele, padahal masalah-masalah tersebut tetap perlu dicari solusinya, apalagi kalau kemudian justru bisa membuat masyarakat berdaya.
Secara kritis kita menjadi bertanya-tanya kenapa masalah-masalah tersebut muncul. Sebenarnya seperti apa kondisi masyarakat kita hari ini. Yuk simak penjelasan singkat berikut ini.
Coba anda renungkan kembali kalau ditempat anda kenapa masalah sosial muncul dan bagaimana karakteristik masyarakatnya.
Sampai disini pertemuan kita kali ini. Tetap Semangat, Terus Belajar, Menginspirasi
Sampai Jumpa
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 3
Halo Pemberdaya Masyarakat, apa kabar, semoga selalu baik dan tetap semangat. Bagaimana perkembangan kuliah anda sampai saat ini, apakah ada kendala? semoga semua berjalan lancar, bagi yang masih memiliki kendala silahkan dapat berdiskusi dengan kami secara personal.
Kita mulai pembelajarannya ya... Pada pertemuan sebelumnya masih ingat? kita mendiskusikan tentang berbagai permasalahan masyarakat baik di tingkat makro dan mikro.

ada kemiskikinan, pengangguran, kriminalitas, sampah, keterbatasan akses, dsb. Nah pada situasi pandemi saat ini, permasalahan-permasalahan sosial justru semakin banyak, sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pemerintah mencoba mengatasi permasalahan pandemi melalui berbagai kebijakan. Teman-teman, pada pertemuan ini kita mencoba membedah permasalahan-permasalahan tersebut dari perspektif kebijakan pembangunan. Apa yang telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada, apakah sudah tepat sasaran kebijakan-kebijakan yang dimunculkan? Yuk kita mulai dengan mencermati tayangan berikut ini.
Dari tayangan tersebut bagaimana anda memandang kebijakan yang telah di ambil untuk mengatasi permasalahan masyarakat, terutama ketika pandemi berlangsung? apakah sudah tepat, ataukah masih banyak pekerjaan rumah untuk mengentaskan dan mencari solusi atas permasalahan sosial masyarakat? Yuk kita berdiskusi, silahkan masuk ke forum diskusi berikut ini.
Beragam tanggapan dan pendapat telah tersaji dalam diskusi kita, semoga itu semua dapat mendapat referensi dan kajian kita tentang kebijakan pembangunan. Sebagai bahan penguatan, silahkan anda dapat membaca materi tentang kebijakan sosial berikut ini.
Anda juga dapat mencermati penjelasan tentang poin penting kebijakan pembangunan/pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat berikut
Sampai disini pertemuan kita kali ini, jangan lupa untuk terus belajar, tetap semangat, dan sampai jumpa
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 4

Halo bagaimana kabar kalian, semoga baik, sehat dan tetap semangat untuk belajar. Setelah pertemuan sebelumnya kita mendiskusikan tentang kebijakan pembangunan, kini kita akan berbincang tentang peraturan yang mengubah desa sehingga memiliki otonomi sendiri untuk berdaya. Kita membahas tentang UU Desa, apa itu UU Desa dan apa implikasinya bagi desa sehingga diperlukan terutama ketika nanti kita berbicara dan diskusi di materi pemberdayaan.
Sebelumnya silahkan anda cermati UU Desa yang dapat anda unduh atau baca melalui link dibawah ini
Sudahkah anda membaca UU Desa, apa yang anda cermati, ada perubahan tentang pengelolaan desa setelah UU ini muncul. Untuk lebih jelasnya silahkan mendengarkan penjelasan tentang UU Desa melalui tayangan berikut ini
Sudah semakin paham bukan, sebagai penguat materi ini, anda juga dapat membaca beberapa artikel berikut ini.
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 5
Hi, apa kabar teman-teman, semoga selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan. Bagaimana diskusi pada perkuliahan pemberdayaan hingga pertemuan ini? apa saja yang kalian dapatkan? Semoga teman-teman semakin mulai mengenal dan mendalami situasi dan lingkungan di sekitar kalian ya.
Nah teman-teman, pada pertemuan-pertemuan sebelumnya kita telah mendiskusikan dasar pengembangan pemberdayaan masyarakat mulai dari permasalahan, kebijakan hingga UU Desa. Selanjutnya, sudah saatnya kita mulai bergeser untuk menemukan potensi desa/lingkungan yang dapat dijadikan modal untuk mengembangkan dan merencanakan pemberdayaan masyarakat.
Teman-teman, apa yang kalian lihat dari gambar di bawah ini? Ya, ada sawah, kegiatan karang taruna, dan kampung warna-warni. Apakah di sekitar kalian ada situasi seperti ini? Pasti ada yang pernah menemukan dan mungkin ada juga dari kalian yang belum pernah melihat situasi seperti ini.

Nah, mari sedikit kita bahas pada contoh gambar paling kanan tentang kampung warna-warni. Menarik ya teman-teman ketika melihat rumah-rumah tersebut berwarna-warni. Namun apakah kalian tahu mengapa kampung ini disulap menjadi warna-warni begitu? Sebagai contoh kampung warna-warni di Jogja, Malang, dan Semarang awalnya disulap karena kawasan tersebut kumuh dan kurang menarik. Lalu ada inisiatif dari masyarakat dan pemerintah untuk mewarnai rumah-rumah mereka. Ternyata setelah dibuat seperti itu kawasan tersebut hari ini menjadi kawasan wisata yang banyak dikunjungi masyarakat. Bahkan menarik untuk dijadikan spot foto yang instagramable. Kalian bisa cek di google berbagai kampung warna-warni di Indonesia dan silakan berselancar untuk dapat mengetahui dan melihat berbagai hal menarik di kampung warna-warni tersebut.
Dari hal tersebut apa kaitannya dengan materi kita hari ini teman-teman?
Jadi, seperti yang tadi kami sampaikan bahwa awalnya kampung warna-warni itu berangkat dari kondisi kampung yang cukup kumuh, pinggiran sungai, dan sebagainya. Tentu saat itu ini permasalahan tersendiri di kawasan tersebut. Lalu menariknya ternyata masyarakat mengubah permasalahan itu menjadi sebuah potensi yang dapat dikelola. Akhirnya justru kondisi rumah-rumah di kawasan bantaran sungai dan tengah kota yang awalnya tidak cukup sedap dipandang tersebut menjadi potensi wisata yang sangat menarik.
Fenomena tersebut membuat kita menyadari bahwa sebuah permasalahan sosial di masyarakat ternyata jika dikelola justru dapat menjadi potensi yang menguntungkan dan mampu membawa perubahan bagi masyarakat. Namun memang dalam hal ini memerlukan kemampuan dari masyarakat untuk menyadari hal tersebut.
Oleh sebab itu pada pertemuan hari ini kita akan belajar bersama untuk menemukan potensi yang ada di sekitar lingkungan kita. Potensi itu dapat berangkat dari permasalahan yang kita temukan namun sebenarnya menurut imajinasi teman-teman hal tersebut mungkin berpotensi untuk dikelola bagi masyarakat. Potensi tersebut juga dapat berasal dari sesuatu yang belum pernah dipikirkan oleh masyarakat sekitar kita selama ini. Bisa jadi mereka belum menyadari bahwa hal tersebut menarik atau berpeluang untuk dikembangkan.
Dalam hal inilah teman-teman semua yang telah banyak belajar tentang kajian masyarakat saatnya untuk secara kritis menemukan potensi yang ada di masyarakat sekitar kalian. Potensi dapat bermacam-macam baik fisik, sosial, alam, dan sebagainya. Jadi, tujuan akhir dari pertemuan hari ini kalian dapat menemukan potensi yang ada di lingkungan kalian dan nantinya akan kalian dokumentasikan dalam sebuah tulisan.
Untuk memberikan sedikit referensi tentang potensi di kawasan tertentu, berikut ini ada video mengenai potensi masyarakat di Kalurahan Guwosari. Mari kita simak video di bawah ini:
Bagaimana tayangan video yang sudah anda lihat teman-teman? Apakah di lingkungan kalian juga memiliki potensi yang mirip seperti Kalurahan Guwosari? Pasti ada beberapa kawasan yang memiliki potensi hampir mirip namun pasti di beberapa kawasan lain juga cukup berbeda bukan?
Ya, itulah salah satu hal menarik di Indonesia bahwa masyarakat dan lingkungannya di berbagai daerah memiliki berbagai karakteristik dan kondisi yang beragam.
Lalu mungkin sekarang pertanyaan kalian adalah bagaimana kemudian potensi tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat ataupun pemerintah? Mungkin juga beberapa dari kalian bertanya-tanya, apakah kesadaran pengelolaan potensi itu sudah tertanam sejak awal atau jangan-jangan juga berdasarkan imajinasi yang tidak diduga oleh masyarakat umum dan mungkin kita yang ada disini.
Nah untuk mengetahui hal tersebut berikut ini ada video hasil perbincangan dengan Lurah Guwosari yang akan menceritakan bagaimana pengalaman dalam pengelolaan potensi yang ada di masyarakat Guwosari. Pada saat mendengarkan diskusi ini mungkin teman-teman juga akan menemukan inspirasi gagasan yang sebelumnya belum pernah kita bayangkan. Selamat menikati sajian diskusi di bawah ini.
Setelah melihat dan menyimak tayangan video tersebut, sekarang saatnya teman-teman dapat melakukan pengamatan di lingkungan kalian tentang potensi yang kalian temukan. Hasil pengamatan kalian jangan lupa disusun dalam sebuah tulisan ya. Formatnya menggunakan PPT karena minggu depan kami akan meminta hasil untuk dipresentasikan. Untuk yang belum berkesempatan presentasi kami akan kompilasi PPT teman-teman dalam video lalu kami unggah dalam channel youtube.
Format hasil pengamatannya dapat kalian akses di bawah ini ya.
Untuk hasil pengamatannya dapat anda unggah di bawah ini.
Terima kasih teman-teman atas hasil observasinya. Kita akan gunakan hasil observasi teman-teman untuk materi diskusi pertemuan selanjutnya.
Selalu semangat, jangan lupa belajar dan jaga kesehatan dengan selalu menegakkan protokol kesehatan.
Sampai jumpa
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 6

Apa kabar teman-teman semua, semoga selalu sehat dan tetap semangat.
Pada pertemuan sebelumnya kita telah mendengarkan dan mencermati hasil dari observasi kalian di lingkungan sekitar ada masing-masing. Ternyata ada banyak potensi yang ada dan belum tergali yang memungkinkan untuk dikembangkan/ di daya gunakan bagi kebermanfaatan masyarakat.
Potensi-potensi tersebut sering kali tidak disadari oleh masyarakat, justru karena mereka hidup ditengah-tengah potensi tersebut sehingga tidak merasa bahwa itu merupakan sebuah potensi, bahkan terkadang justru menganggap kondisi tersebut sebagai sebuah permasalahan.

coba lihat gambar diatas, ini merupakan salah satu hasil observasi teman kalian dimana kulit kerang hijau yang dianggap sebagai sampah, sebenarnya memiliki potensi untuk dikembangkan, apalagi melihat sumber daya manusia yang ada yang memungkinkan untuk mengembangkan potensi yang ada. Begitu juga dengan rumput laut hitam yang dapat dikembangkan sebagai bahan kosmetik, serta kayu bekas yang dapat diolah menjadi kaki sofa/meja yang pada akhirnya memiliki nilai ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Permasalahan dan potensi yang ada apabila dikembangkan akan menjadi daya dorong bagi pengembangan masyarakat dan menjadi modal untuk mendayagunakan dan memberdayakan masyarakat
Dari apa yang telah teman-teman pelajari sebelumnya, tiba saatnya teman-teman memahami apa itu pemberdayaan masyarakat. Coba anda renungkan dari apa yang telah anda lakukan pemberdayaan itu apa? sudah direnungkan dan dicatat, mari kita cermati penjelasan tentang konsep pemberdayaan masyarakat berikut ini
Nah, apakah Anda sudah memahami konsep pemberdayaan? Ataukah Anda memiliki gagasan terkait pemaknaan pemberdayaan?
Untuk lebih jauh membahas tentang pemberdayaan, kita akan sama-sama mendiskusikan hal ini pada pertemuan minggu depan.
Kita akan bertemu secara tatap maya. Silakan Anda bergabung melalui link berikut ini:
https://us02web.zoom.us/j/86102965163?pwd=M1Y4NXg2ZW9WN200dVg0WjMrTHJlZz09
Meeting ID: 861 0296 5163
Passcode: 084847
Terima kasih
Sampai jumpa
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 7
Salam pemberdaya, apa kabar teman-teman, semoga selalu baik, sehat dan selalu semangat.
Kegiatan belajar sebelumnya telah dikemukakan konsep pemberdayaan masyarakat. Nah secara ideal pemberdayaan masyarakat membutuhkan partisipasi dan keterlibatan warga sejak awal. Coba anda lihat gambar berikut ini

Apa yang anda lihat dari gambar tersebut?
Tepat sekali, di gambar tersebut terlihat masyarakat antusias untuk terlibat dalam kegiatan yang dilakukan. Dalam pemberdayaan peran aktif masyarakat untuk tumbuh dan berkembang menjadi inti dari proses pemberdayaan. Berdaya tidak selalu diukur secara kuantitas (misal kesejahteraan), tetapi bagaimana memberikan peran utama kepada masyarakat. Disinilah partisipasi masyarakat menjadi hal yang utama.
Partisipasi menjadi satu kata kunci dalam keberhasilan pemberdayaan masyarakat. Seberapa penting partisipasi masyarakat? yuk simak penjelasan berikut ini
Nah dari apa yang sudah anda dengarkan penjelasan tentang partisipasi masyarakat, muncul pertanyaan, sebenarnya bagaimana ukuran masyarakat dikatakan memiliki kesadaran inisiatif, untuk berpartisipasi dalam program pemberdayaan? Yuk kita diskusikan melalui forum berikut ini
Menarik sekali diskusi anda, secara kritis anda telah menguak seperti apa sebenarnya partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan dimaknai, dan bagaimana partisipasi ideal yang penuh dengan keterlibatan masyarakat muncul.
Sebagai penguatan materi kita pada kegiatan belajar ini, anda dapat membaca artikel jurnal dibawah ini
Terima kasih atas partisipasi dan antusiasmenya mengikuti kegiatan belajar ini.
Sampai jumpa dan tetap semangat
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 10
Hallo apa kabar teman-teman, semoga selalu sehat dan tetap semangat.
Pada pertemuan sebelumnya kita telah mendiskusikan tentang konsep pemberdayaan dan bagaimana peran partisipasi masyarakat yang vital dalam proses pemberdayaan masyarakat. Nah ketika anda telah mengerti tentang pemberdayaan, tiba saatnya kita mulai untuk mencoba meraba apa yang dapat kita lakukan untuk memberdayakan masyarakat. Untuk melakukan itu butuh model, strategi dan tahapan dalam pemberdayaan.

Kegiatan belajar kita kali ini akan membahas tentang model pemberdayaan dan ragam strategi pemberdayaan. Sudah siap kalian? nah silahkan simak materi berikut ini
Model pemberdayaan yang telah anda pelajari menjadi satu landasan untuk mengembangkan strategi pemberdayaan. Bagaimana model tersebut diimplementasikan dalam strategi pemberdayaan, silahkan anda simak bincang-bincang berikut ini untuk melihat secara lebih jelas apa yang dilakukan pemimpin desa untuk memberdayakan warganya
Dari diskusi bincang-bincang strategi pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan, tampak bahwa pilihan programnya berbasis pada kebutuhan dan kondisi situasi di masyarakat. Nah yang telah dilakukan tersebut sebenarnya merupakan bagian dari strategi participatory rural appraisal (PRA). Apa itu PRA, yuk simak di penjelasan berikut ini
Nah dari apa yang telah anda pelajari, silahkan coba untuk melakukan analisis pada masyarakat di lingkungan sekitar anda, berdasarkan potensi yang ada dan permasalahan yang terjadi, strategi mana yang sesuai ketika pemberdayaan masyarakat dilakukan. Silahkan anda kemas dalam skema mind mapping (peta konsep) kemudian hasilnya anda upload melalui ruang penugasan berikut ini
Terima kasih atas hasil kreasi anda membuat mind map, semoga dapat memberikan pengalaman bagi anda.
Sampai jumpa dan tetap semangat
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 9
Bagaimana kabar kalian? semoga sehat dan selalu semangat.
Kegiatan belajar sebelumnya teman-teman telah mengulik dan mengidentifikasi potensi-potensi, partisipasi hingga model-model pemberdayaan masyarakat. Nah dari apa yang telah anda pelajari kita perlu untuk memikirkan strategi pemberdayaan yang beragam untuk dapat mengoptimalkan proses pemberdayaan. salah satunya kita dapat mengoptimalkan apa yang telah ada di masyarakat dalam hal ini terkait dengan pengetahuan dan kearifal lokal masyarakat yang dapat menjadi modal penting untuk mengembangkan masyarakat.

Paradigma pembangunan telah bergeser dari top down, menjadi bottom up yang menempatkan masyarakat sebagai subject. Dalam melihat potensi dan strategi pengembangan masyarakat, perlu untuk melihat kondisi nyata yang ada di masyarakat, tidak hanya yang terlihat secara fisik, tetapi juga nilai-nilai yang melekat dan diyakini masyarakat. Pengembangan masyarakat berbasis kearifan lokal menjadi satu kunci untuk mendorong masyarakat mandiri dan berdaya. Nah teman-teman kegiatan belajar kali ini kita akan membahas peran kearifan lokal dan kemandirian dalam proses untuk mendorong masyarakat berdaya. Silahkan anda unduh dan baca materi berikut ini terlebih dahulu
Dari materi tersebut apa yang anda tangkap tentang kearifan lokal? apakah disekitar teman-teman ada kearifan lokal itu. Yuk coba anda ceritakan kearifan lokal yang ada di sekitar anda yang dapat dibagikan ke teman-teman yang lain. Share ya melalui forum diskusi berikut ini
Luar biasa pengalaman dan share kearifan lokal yang anda ketahui. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan pemberdayaan masyarakat. Sebagai penguatan materi terutama tentang bagaimana pemberdayaan perlu memperhatikan kearifan lokal dapat anda cermati melalui penjelasan berikut ini
Terima kasih, sampai jumpa dan tetap semangat
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 10
Apa kabar teman-teman, semoga sehat dan selalu semangat. Bagaimana proses pembelajaran hingga saat ini? jangan sungkan untuk bertanya ketika anda merasa ada kesulitan dalam memahami materi. Kegiatan belajar kali ini merupakan awal bagi teman-teman untuk mulai merancang skema pemberdayaan berdasarkan kondisi riil di lingkungan sekitar tempat tinggal kalian.

Tetapi sebelum teman-teman merancangan dan merencanakan program pemberdayaan, silahkan teman-teman mencermati prinsip dan mekanisme pemberdayaan masyarakat melalui tayangan berikut ini
Dari tayangan tersebut, pada kegiatan belajar ini, silahkan kembali lagi memastikan kondisi lingkungan sosial anda dimana pada kegiatan belajar di awal anda melakukan identifikasi permasalahan dan potensi. Apa saja yang perlu untuk dikumpulkan datanya, Anda dapat menemukannya pada instrumen berikut ini
Pada pertemuan selanjutnya kita akan melaksanakan diskusi dengan kelompok-kelompok kecil untuk mendengarkan paparan hasil berdasarkan draft rencana pemberdayaan masyarakat yang telah anda kerjakan.
Apabila anda telah selesai mengerjakan, anda dapat mengunggah file Anda melalui tautan berikut ini
Terima kasih atas partisipasi anda, hasil dari analisis ini akan menjadi data anda untuk mengembangkan rancangan pemberdayaan masyarakat.
Sampai di sini kegiatan belajar kita kali ini, sampai jumpa dan tetap semangat
SELAMAT DATANG PADA KEGIATAN BELAJAR 11
Halo teman-teman, bagaimana kabar kalian, semoga sehat dan tetap semangat. Bagaimana kegiatan analisis kalian, semoga lancar dan dari hasil yang anda peroleh dapat menjadi modal dalam merancang pemberdayaan masyarakat.

Nah pada kegiatan belajar ini, kami minta teman-teman untuk mengembangkan data analisis yang telah anda susun menjadi skema rancangan pemberdayaan. Skema ini nantinya akan anda susun sebagai bentuk implementasi dan dukungan bagi pemberdayaan masyarakat di lingkungan anda.
Ada banyak aspek dalam rancangan pemberdayaan yang akan anda susun. Hal ini merupakan cara kita untuk memberikan kontribusi bagi desa/wilayah anda yang dapat dipresentasikan ke perangkat desa atau tokoh masyarakat yang memiliki kebijakan untuk memberikan pencerahan analisis kondisi lingkungan/SDM beserta kemungkinan-kemungkinan pengembangan masyarakat yang dapat dilakukan. Nantinya hasil skema ini akan anda presentasikan di depan perangkat desa untuk mendapatkan masukan dan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban atas analisis yang telah anda lakukan. Untuk template skema rancangan pemberdayaan Anda dapat mengunduh pada tautan berikut ini
Bagi Anda yang tadi tidak bisa mengikuti perkuliahan, Anda dapat mencermati rekaman video berikut ini
SELAMAT DATANG PADA KEGIATAN AKHIR SINTESA HASIL RANCANGAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Teman-teman apa kabar, semoga selalu sehat dan selalu semangat. Kegiatan ini merupakan kegiatan puncak belajar tentang pemberdayaan masyarakat. Ada beberapa tahapan yang akan kita lakukan. Pastikan skema rancangan pemberdayaan anda telah siap sehingga dapat dipresentasikan di depan perangkat desa, kepala wilayah atau tokoh masyarakat.
Apabila anda sudah menyakini draft rancangan pemberdayaan masyarakat sudah siap di presentasikan, silahkan teman-teman dapat berkomunikasi dengan perangkat desa, kepala wilayah atau tokoh masyarakat untuk memaparkan hasil rancangan pemberdayaan anda. Ingat bahwa ketika anda bertemu dengan perangkat desa, kepala wilayah, atau tokoh masyarakat, kemampuan komunikasi dan sikap anda sangat penting, jaga nama baik almamater anda. Sebelum bertemu dengan perangkat desa/tokoh masyarakat, persiapkan dokumen dengan baik, kemudian silahkan anda bawa juga form penilaian untuk dapat diberikan kepada perangkat desa/tokoh masyarakat. Anda dapat unduh form penilaian melalui tautan di bawah ini. Form penilaian juga dapat diisi secara online
dapat diakses juga melalui https://bit.ly/KUESIONERPEMBERDAYAAN
Bagi yang memberikan penilaian dalam bentuk cetak, jangan lupa untuk melengkapi isian lembar penilaian dengan nama dan judul skema pemberdayaan anda dan juga nama perangkat desa/tokoh masyarakat sehingga mereka tinggal memberikan penilaian saja.
Hasil Draft Proposal Rancangan Pemberdayaan Masyarakat dan form hasil penilaian (bagi yang mengisi dalam bentuk cetak) dapat anda upload/unggah melalui ruang assignment di bawah ini.
Setelah anda menyelesaikan draft rancangan pemberdayaan masyarakat dan melakukan penilaian, nantinya kita akan melakukan verifikasi secara lisan tatap maya. Informasi waktu akan kami berikan melalui WAGrup
Terima kasih dan tetap semangat