LMS-SPADA INDONESIA


DOSEN PENGAMPU:
Dr. Eveline Siregar, M.Pd
TIM PENGEMBANG:
Achmad Nur Fauzan
DESKRIPSI MATA KULIAH:
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memiliki basis ilmiah yang mendalam dan memperluas wawasan tentang Teknologi Pendidikan sebagai suatu disiplin keilmuan (landasan ontologi). Mengkaji hakikat, pendekatan, kawasan, penerapan, implikasi teknologi pendidikan sebagai suatu konstruk teoritik, bidang garapan serta bidang pengabdian dan penerapannya serta prospek Teknologi Pendidikan di berbagai bidang (landasan aksiologi). Teknologi Pendidikan dengan cara yang khas juga dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam berbagai kondisi dan situasi (landasan epistemologis). Dalam kuliah juga dibahas perubahan paradigma teknologi pendidikan yang dipengaruhi oleh perkembangan IPTEKSOS dan kebutuhan serta perubahan kondisi dan situasi. Seluruh pembahasan topik dikaitkan dengan isu-isu actual di bidang teknologi pendidikan dengan mengkaitkannya dengan temuan-temuan penelitian maupun hasil-hasil pertemuan ilmiah yang terkini.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
1. Mendeskripsikan konsep teknologi dan manfaatnya dalam kehidupan dan Pendidikan
2. Menggunakan istilah dan definisi yang benar dalam bidang teknologi pendidikan
3. Menganalisis komponen pada definisi Teknologi Pendidikan 2004 dan makna yang terdapat di dalamnya
4. Mendeskripsikan latar belakang tumbuh dan berkembangnya teknologi pendidikan
5. Memiliki kemampuan dasar untuk memecahkan masalah belajar dan pembelajaran melalui kompetensi di bidang teknologi pendidikan.
6. Menggali landasan falsafah dan landasan historis teknologi pendidikan
7. Mengidentifikasi berbagai disiplin keilmuan yang berkontribusi dan dijadikan landasan perkembangan teknologi pendidikan.
8. Mendeskripsikan berbagai pendekatan dalam memperoleh kebenaran dengan perspektif teknologi pendidikan
9. Menganalisis kontribusi teknologi pendidikan dalam pembangunan sistem pendidikan
10. Mengevaluasi landasan nilai (values) dalam Teknologi Pendidikan
11. Menganalisis kode etik TP dan penerapannya
12. Menganalisis penerapan TP di berbagai bidang

Hallo Tpers,
Landasan Filsafat dalam Teknologi Pendidikan merupakan teori umum dari Teknologi Pendidikan, landasan dari semua pemikiran mengenai Teknologi Pendidikan, atau dapat dikatakan sebagai teori dasar yang dipakai bagaimana Teknologi pendidikan itu dilaksanakan sehingga mencapai tujuan.
Tujuan Pembelajaran
Dengan kamu mempelajari topik ini di harapkan anda dapat:
1. memahami pengertian landasan filosofis
2. Memahami komponen tubuh pengetahuan
3. Memahami Landasan Ontologi, Espistemologi, dan Aksiologi Teknologi Pendidikan
Landasan Filosofi dan rasional Teknologi Pendidikan
Landasan Filosofis adalah melihat pendidikan dari makna dan hakekat pendidikan itu sendiri. Landasan ini bersifat filsafat. Filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu: philein artinya mencintai, dan sophos atau sophis artinya hikmah, arif, atau bijaksana. Jadi filsafat adalah mencintai hikmah atau kebijaksanaan. Landasan filosofis merupakan landasan yang berkaitan dengan makna dan hakekat pendidikan, yang berusaha menelaah masalah pokok; apakah pendidikan itu, mengapa pendidikan diperlukan, apa yang seharusnya menjadi tujuan pendidikan dsb. kamu dapat mendalami Landasan Filosofi dan rasional Teknologi Pendidikan dari learning object dibawah ini
Setelah memahami materi diatas apakah kamu sudah memahami landasan filosofi dan rasional teknologi pendidikan? untuk mengevalusi ketercapaian pembelajaran. kamu dapat mengerjakan tes penguasaan dibawah ini