LMS-SPADA INDONESIA


DOSEN PENGAMPU:
Dr. Eveline Siregar, M.Pd
TIM PENGEMBANG:
Achmad Nur Fauzan
DESKRIPSI MATA KULIAH:
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memiliki basis ilmiah yang mendalam dan memperluas wawasan tentang Teknologi Pendidikan sebagai suatu disiplin keilmuan (landasan ontologi). Mengkaji hakikat, pendekatan, kawasan, penerapan, implikasi teknologi pendidikan sebagai suatu konstruk teoritik, bidang garapan serta bidang pengabdian dan penerapannya serta prospek Teknologi Pendidikan di berbagai bidang (landasan aksiologi). Teknologi Pendidikan dengan cara yang khas juga dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam berbagai kondisi dan situasi (landasan epistemologis). Dalam kuliah juga dibahas perubahan paradigma teknologi pendidikan yang dipengaruhi oleh perkembangan IPTEKSOS dan kebutuhan serta perubahan kondisi dan situasi. Seluruh pembahasan topik dikaitkan dengan isu-isu actual di bidang teknologi pendidikan dengan mengkaitkannya dengan temuan-temuan penelitian maupun hasil-hasil pertemuan ilmiah yang terkini.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
1. Mendeskripsikan konsep teknologi dan manfaatnya dalam kehidupan dan Pendidikan
2. Menggunakan istilah dan definisi yang benar dalam bidang teknologi pendidikan
3. Menganalisis komponen pada definisi Teknologi Pendidikan 2004 dan makna yang terdapat di dalamnya
4. Mendeskripsikan latar belakang tumbuh dan berkembangnya teknologi pendidikan
5. Memiliki kemampuan dasar untuk memecahkan masalah belajar dan pembelajaran melalui kompetensi di bidang teknologi pendidikan.
6. Menggali landasan falsafah dan landasan historis teknologi pendidikan
7. Mengidentifikasi berbagai disiplin keilmuan yang berkontribusi dan dijadikan landasan perkembangan teknologi pendidikan.
8. Mendeskripsikan berbagai pendekatan dalam memperoleh kebenaran dengan perspektif teknologi pendidikan
9. Menganalisis kontribusi teknologi pendidikan dalam pembangunan sistem pendidikan
10. Mengevaluasi landasan nilai (values) dalam Teknologi Pendidikan
11. Menganalisis kode etik TP dan penerapannya
12. Menganalisis penerapan TP di berbagai bidang

Hallo Tpers,
Menurut Creswell, Denzin & Lincoln Miaso : di katakana bahwa ada 2 pembagian penelitian dalam teknologi pendidikan yaitu positivistik dan pascapostivistik atau fenomenologik. pendekatan positivistic dilakukan dalam pendekatan ilmu-ilmu eksata dengan pola statistic, yang didalamnya terdapat variable yang dikontrol, pengacakan sample, pengujian validitas dan realiabelitas instrument, dan ditujukan pada generalisasi sample kedalam populasi. Sedangkan pendekatan atau penelitian pascapositivistik/fenomenologi berakar pada penelitian social seperti bidang etnografi, studikasus, studi naturalistic, sejarah,biografi, dan teorimembumi (grounded theory) dan studideskriptif. (Miarso,2007:209)
Dengan kamu mempelajari topik ini di harapkan anda dapat:
1. Memahami pengertian landasan keilmuan
2. Menjelaskan empat lapis kebenaran
3. Menjelaskan membangun pengetahuan
Keilmuan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti Nomina (kata benda) barang apa yang berkenaan dengan pengetahuan. Landasan keilmuan memiliki arti sebagai konsep dasar dari terbentuknya suatu bidang kajian.
Suatu bidang kajian, seperti halnya teknologi pembelajaran, hanya berhak menyatakan dirinya sebagai suatu disiplin keilmuan apabila ditunjang oleh dan memberikan kesempatan untuk dilakukannya beragam penelitian yang mengungkap objek formal yang menjadi garapannya, yaitu belajar pada manusia.
kamu dapat mendalami landasan ilmiah teknologi pendidikan dari learning object dibawah ini
Setelah memahami materi diatas apakah kamu sudah memahami landasan ilmiah teknologi pendidikan? untuk mengevalusi ketercapaian pembelajaran. kamu dapat mengerjakan tes penguasaan dibawah ini