LMS-SPADA INDONESIA


DOSEN PENGAMPU:
Dr. Eveline Siregar, M.Pd
TIM PENGEMBANG:
Achmad Nur Fauzan
DESKRIPSI MATA KULIAH:
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memiliki basis ilmiah yang mendalam dan memperluas wawasan tentang Teknologi Pendidikan sebagai suatu disiplin keilmuan (landasan ontologi). Mengkaji hakikat, pendekatan, kawasan, penerapan, implikasi teknologi pendidikan sebagai suatu konstruk teoritik, bidang garapan serta bidang pengabdian dan penerapannya serta prospek Teknologi Pendidikan di berbagai bidang (landasan aksiologi). Teknologi Pendidikan dengan cara yang khas juga dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam berbagai kondisi dan situasi (landasan epistemologis). Dalam kuliah juga dibahas perubahan paradigma teknologi pendidikan yang dipengaruhi oleh perkembangan IPTEKSOS dan kebutuhan serta perubahan kondisi dan situasi. Seluruh pembahasan topik dikaitkan dengan isu-isu actual di bidang teknologi pendidikan dengan mengkaitkannya dengan temuan-temuan penelitian maupun hasil-hasil pertemuan ilmiah yang terkini.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
1. Mendeskripsikan konsep teknologi dan manfaatnya dalam kehidupan dan Pendidikan
2. Menggunakan istilah dan definisi yang benar dalam bidang teknologi pendidikan
3. Menganalisis komponen pada definisi Teknologi Pendidikan 2004 dan makna yang terdapat di dalamnya
4. Mendeskripsikan latar belakang tumbuh dan berkembangnya teknologi pendidikan
5. Memiliki kemampuan dasar untuk memecahkan masalah belajar dan pembelajaran melalui kompetensi di bidang teknologi pendidikan.
6. Menggali landasan falsafah dan landasan historis teknologi pendidikan
7. Mengidentifikasi berbagai disiplin keilmuan yang berkontribusi dan dijadikan landasan perkembangan teknologi pendidikan.
8. Mendeskripsikan berbagai pendekatan dalam memperoleh kebenaran dengan perspektif teknologi pendidikan
9. Menganalisis kontribusi teknologi pendidikan dalam pembangunan sistem pendidikan
10. Mengevaluasi landasan nilai (values) dalam Teknologi Pendidikan
11. Menganalisis kode etik TP dan penerapannya
12. Menganalisis penerapan TP di berbagai bidang

Hallo Tpers,
Kutipan langsung pendapat Rogers tentang inovasi :”an idea, practice, or object that is perceived as new by individual or other unit of adoption”. (hlm. 11,1983 dan hlm.11,1995). Sedangkan Peter Drucker (Hesselbein, et al.,2002) mengatakan bahwa inovasi adalah “a change that creates a new dimension of performance”.
Dengan kamu mempelajari topik ini di harapkan anda dapat:
1. Menjelaskan Pengertian inovasi
2. Mendeskripsikan aspek inovasi
3. Mendeskripsikan Jenis dan ragam inovasi
Bagi Drucker inovasi adalah perubahan ide atau gagasan yang mendorong seseorang sebagai penggunanya, bekerja dan berkarya berbeda dan lebih baik dari sebelumnya; atau menghasilkan dimensi kinerja yang baru. Inovasi terjadi beriringan dengan timbulnya tantangan, karena setiap orang yang melakukan inovasi mereka dituntut untuk melakukan hal baru dan memerlukan penyesuaian diri.
kamu dapat mendalami inovasi-inovasi Teknologi pendidikan dari learning object dibawah ini
Setelah memahami materi diatas apakah kamu sudah memahami inovasi-inovasi TP? untuk mengevalusi ketercapaian pembelajaran. kamu dapat mengerjakan tes penguasaan dibawah ini