LMS-SPADA INDONESIA


DOSEN PENGAMPU:
Dr. Eveline Siregar, M.Pd
TIM PENGEMBANG:
Achmad Nur Fauzan
DESKRIPSI MATA KULIAH:
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memiliki basis ilmiah yang mendalam dan memperluas wawasan tentang Teknologi Pendidikan sebagai suatu disiplin keilmuan (landasan ontologi). Mengkaji hakikat, pendekatan, kawasan, penerapan, implikasi teknologi pendidikan sebagai suatu konstruk teoritik, bidang garapan serta bidang pengabdian dan penerapannya serta prospek Teknologi Pendidikan di berbagai bidang (landasan aksiologi). Teknologi Pendidikan dengan cara yang khas juga dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam berbagai kondisi dan situasi (landasan epistemologis). Dalam kuliah juga dibahas perubahan paradigma teknologi pendidikan yang dipengaruhi oleh perkembangan IPTEKSOS dan kebutuhan serta perubahan kondisi dan situasi. Seluruh pembahasan topik dikaitkan dengan isu-isu actual di bidang teknologi pendidikan dengan mengkaitkannya dengan temuan-temuan penelitian maupun hasil-hasil pertemuan ilmiah yang terkini.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
1. Mendeskripsikan konsep teknologi dan manfaatnya dalam kehidupan dan Pendidikan
2. Menggunakan istilah dan definisi yang benar dalam bidang teknologi pendidikan
3. Menganalisis komponen pada definisi Teknologi Pendidikan 2004 dan makna yang terdapat di dalamnya
4. Mendeskripsikan latar belakang tumbuh dan berkembangnya teknologi pendidikan
5. Memiliki kemampuan dasar untuk memecahkan masalah belajar dan pembelajaran melalui kompetensi di bidang teknologi pendidikan.
6. Menggali landasan falsafah dan landasan historis teknologi pendidikan
7. Mengidentifikasi berbagai disiplin keilmuan yang berkontribusi dan dijadikan landasan perkembangan teknologi pendidikan.
8. Mendeskripsikan berbagai pendekatan dalam memperoleh kebenaran dengan perspektif teknologi pendidikan
9. Menganalisis kontribusi teknologi pendidikan dalam pembangunan sistem pendidikan
10. Mengevaluasi landasan nilai (values) dalam Teknologi Pendidikan
11. Menganalisis kode etik TP dan penerapannya
12. Menganalisis penerapan TP di berbagai bidang
Pertemuan keempat kali ini adalah pertemuan online, dimana Capaian Pembelajaran Materi kuliah yang akan kalian tuntaskan adalah Menganalisis komponen pada definisi Teknologi Pendidikan 2004 dan makna yang terdapat di dalamnya yaitu, Facilitating learning, Improving performance, Creating, Using, Managing, Process, Resources
Mahasiswa Sekalian, Masih ingatkah kalian dengan defenisi Teknologi pendidikan 2004 ? Mengulang kembali defenisi tersebut silakan tonton video singkat di bawah ini yang membahas defenisi 2004
Mahasiswa Sekalian, Dalam Defenisi TP 2004 terdapat bebebrapa istilah seperti improving, performance, creating dst. perubahan defenisi 1994 ke 2004 banyak mengalami perubahan dan untuk penjelasan lebih lanjut mengenai komponen pada definisi Teknologi Pendidikan 2004 dapat anda pelajari melalu slide presntasi dibawah ini
Mahasiswa Sekalian, seperti yang kita ketahui dalam definisi Teknologi Pendidikan 2004 terdapat beberapa komponen yaitu, Facilitating learning, Improving performance, Creating, Using ,Managing, Process, Resources. untuk penjelasan lebih lanjut silakan membaca bahan bawah ini
Mahasiswa Sekalian, untuk lebih meperdalam pengetahuan dan pemahan kita tentang Teknologi pendidikan silakan tonton penjelasan langsung dari Dr. Michael Molenda melalui video di bawah ini
Definisi konsep teknologi pendidikan senantiasa berubah dan mengalami revisi, hingga pada definisi AECT 2004 sebagai pedoman definisi terbaru. Teknologi pendidikan dimaknai sebagai konsepsi yang lebih luas dibadingkan dengan teknologi pembelajaran, seperti makna pendidikan yang lebih luas dibandingkan dengan , pembelajaran. Namun hal tersebut dapat pula berbeda apabila dinilai dari kriteria yang berbeda. Pada dasarnya keduanya merupakan pendekatan menyeluruh untuk meningkatkan kemampuan (performance) dalam bidang pembelajaran maupun pelatihan (training).