LMS-SPADA INDONESIA


DOSEN PENGAMPU:
Dr. Eveline Siregar, M.Pd
TIM PENGEMBANG:
Achmad Nur Fauzan
DESKRIPSI MATA KULIAH:
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memiliki basis ilmiah yang mendalam dan memperluas wawasan tentang Teknologi Pendidikan sebagai suatu disiplin keilmuan (landasan ontologi). Mengkaji hakikat, pendekatan, kawasan, penerapan, implikasi teknologi pendidikan sebagai suatu konstruk teoritik, bidang garapan serta bidang pengabdian dan penerapannya serta prospek Teknologi Pendidikan di berbagai bidang (landasan aksiologi). Teknologi Pendidikan dengan cara yang khas juga dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam berbagai kondisi dan situasi (landasan epistemologis). Dalam kuliah juga dibahas perubahan paradigma teknologi pendidikan yang dipengaruhi oleh perkembangan IPTEKSOS dan kebutuhan serta perubahan kondisi dan situasi. Seluruh pembahasan topik dikaitkan dengan isu-isu actual di bidang teknologi pendidikan dengan mengkaitkannya dengan temuan-temuan penelitian maupun hasil-hasil pertemuan ilmiah yang terkini.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
1. Mendeskripsikan konsep teknologi dan manfaatnya dalam kehidupan dan Pendidikan
2. Menggunakan istilah dan definisi yang benar dalam bidang teknologi pendidikan
3. Menganalisis komponen pada definisi Teknologi Pendidikan 2004 dan makna yang terdapat di dalamnya
4. Mendeskripsikan latar belakang tumbuh dan berkembangnya teknologi pendidikan
5. Memiliki kemampuan dasar untuk memecahkan masalah belajar dan pembelajaran melalui kompetensi di bidang teknologi pendidikan.
6. Menggali landasan falsafah dan landasan historis teknologi pendidikan
7. Mengidentifikasi berbagai disiplin keilmuan yang berkontribusi dan dijadikan landasan perkembangan teknologi pendidikan.
8. Mendeskripsikan berbagai pendekatan dalam memperoleh kebenaran dengan perspektif teknologi pendidikan
9. Menganalisis kontribusi teknologi pendidikan dalam pembangunan sistem pendidikan
10. Mengevaluasi landasan nilai (values) dalam Teknologi Pendidikan
11. Menganalisis kode etik TP dan penerapannya
12. Menganalisis penerapan TP di berbagai bidang

Hallo Tpers,
Perkembangan Teknologi pendidikan kini tidak luput dari awal mula perkembangan sejarah teknologi pendidikan. Sejumlah defenisi yang mengkonsepkan teknologi pendidikan dari generasi ke generasi merupakan sebuah sejarah yang menggambarkan eksistensi keberadaan teknologi pendidikan.
Tujuan Pembelajaran
Dengan kamu mempelajari topik ini di harapkan anda dapat:
1. Menjelaskan sejarah munculnya teknologi pendidikan mulai dari masa early forerunners, forerunners (Saetler)
2. memahami perkembangan teknologi pendidikan mulai masa awal (AV instruction) sampai dengan konsep teknologi kinerja
Perkembangan konseptual teknologi pendidikan
Gerakan untuk mengembangkan teknologi pendidikan dimotori oleh James D. Finn (1915-1969). Finn berkontribusi besar dalam perkembangan Teknologi pendidikan. Adapun kontribusi Finn terhadap perkembangan teknologi pendidikan adalah Finn berjasa dalam mengusulkan bidang komunikasi Audio Visual menjadi teknolgi pembelajaran. kamu dapat mendalami perkembangan konseptual TP dari learning object dibawah ini
Setelah memahami materi diatas apakah kamu sudah memahami perkembang konseptual Teknologi Pendidikan? untuk mengevalusi ketercapaian pembelajaran. kamu dapat mengerjakan tes penguasaan dibawah ini

Hallo Tpers,
Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia boleh dikatakan mengikuti Amerika Serikat yaitu perkembangannya dimulai dari menggunakan alat peraga/media untuk menunjang kegiatan pengajaran. Perbedaannya adalah di Amerika Serikat menggunakan demokrasi liberal yang memungkinkan tumbuhnya pemikiran dan tindakan oleh masyarakatnya, sedangkan di Indonesia menggunakan demokrasi terpimpin yang mengharuskan restu pemerintah untuk mengembangkan pemikiran dan kegiatan.
Tujuan Pembelajaran
Dengan kamu mempelajari topik ini di harapkan anda dapat:
1. Menjelaskan masa-masa awal sejak tahun 1951
2. Menjelaskan pengembangan SDM dan keilmuan
3. Menjelaskan upaya Pelembagaan Penerapan Pembelajaran dan Media
4. Menjelaskan rintisan Program Studi Teknologi Pendidikan
5. Menjelaskan contoh-contoh penerapan TP
Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesi
Pada tahun 1951 diselenggarakan “ School Broadcasting” sebagai suatu usaha perintisan meliputi daerah Jakarta, Bandung, Bogor, dan Cirebon. Pada saat itu dibentuk Panitia Penyelenggara School Broadcasting yang diketua oleh Sadarjoen Siswomartojo (Kepala Djawatan Pendidikan Masyarakat Kementrian PKK). kamu dapat mendalami perkembangan Teknologi Pendidikan dari learning object dibawah ini
Teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran di Indonesia mulai hadir sejak era pertengahan 1970-an. Kehadirannya ditandai dengan pertumbuhan program studi ( prodi ) Teknologi Pendidikan baik untuk jenjang S-1 maupun di Program Pascasarjana tidak hanya di universitas eks IKIP, melainkan universitas lain, PTN maupun PTS. Tujuan awal penadirian prodi adalah untuk menyiapkan SDM yang kompeten, dan tangguh dalam upaya mendukung peningkatan mutu pendidikan di Indonesia melalui berbagai inovasi ( teknologi ) di berbagai jenjang pendidikan ( Miarso dalam Sambutan Ulang Tahun Pustekkom ke -30 Kemendiknas. Perlu kiranya diperhatikan bahwa uraian berikut tidak mencantumkan seluruh upaya penerapan teknologi pendidikan di Indonesia. Tulisan ini memberikan gambaran umum tentang bagaimana upaya teknologi pendidikan ikut berperan dalam dunia pendidikan di Indonesia.
Upaya pelembagaan penerapan prinsip pembelajaran dan media pada pusat teknologi komunikasi dan informasi pendidikan dalam lingkup kementerian pendidikan nasional yang dibentuk berdasarkan keppres No.27 Tahun 1978. Upaya dini yang dilakukan sewaktu mulai didirikannya, Pustekkom mengirimkan beberapa orang tenaga yang disebut Kelompok Duapuluh untuk mempelajari bidang baru ini ke beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Australia, dan Inggris. Anggota Kelompok Duapuluh berasal dari IKIP Surabaya, IKIP Semarang, IKIP Yogyakarta, IKIP Jakarta, dan IKIP Bandung. Mereka berangkat ke negara – negara tersebut tadi untuk mengikuti program gelar dan non gelar di beberapa universitas, di antaranya Syracuse University, Indiana University, dan University of Southern California sekitar tahun 1977 ( Sadiman dalam Sambutan Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Miarso, 2005 ).
Sejak berdiri hingga saat ini, Pustekkom telah banyak menghasilkan program pendidikan/pembelajaran yang membantu pemerintah Indonesia menemukan solusi dalam mengatasi masalah dunia pendidikan. Program SD Inpres, radio pendidikan, serta SMP Terbuka adalah program – program yang dianggap menonjol dalam rangka memperluas kesempatan belajar bagi yang tidak mampu.
Pada waktu yang hampir bersamaan, 1977/1978 IKIP Jakarta dan IKIP Malang merintis jurusan teknologi pendidikan perintisan jurusan teknologi pendidikan dimaksudkan untuk menyiapkan SDM dengan kapasitas memadai untuk peyelanggarakan inovasi dibidang pendidikan di Indonesia. Tak hanya itu saja, IKIP Jakarta, tahun 1976 juga mengusulkan pembukaan program pascasarjana untuk teknologi pendidikan melalui penyadiaan beasiswa TMPD. Program studi teknologi pendidikan saat ini telah berkembang pesat untuk jenjang S-1 mau pun S-2 dan S-3.
Setelah memahami materi diatas apakah kamu sudah memahami perkembang Teknologi Pendidikan di Indonesia? untuk mengevalusi ketercapaian pembelajaran. kamu dapat mengerjakan tes penguasaan dibawah ini