LMS-SPADA INDONESIA


DOSEN PENGAMPU:
Dr. Eveline Siregar, M.Pd
TIM PENGEMBANG:
Achmad Nur Fauzan
DESKRIPSI MATA KULIAH:
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memiliki basis ilmiah yang mendalam dan memperluas wawasan tentang Teknologi Pendidikan sebagai suatu disiplin keilmuan (landasan ontologi). Mengkaji hakikat, pendekatan, kawasan, penerapan, implikasi teknologi pendidikan sebagai suatu konstruk teoritik, bidang garapan serta bidang pengabdian dan penerapannya serta prospek Teknologi Pendidikan di berbagai bidang (landasan aksiologi). Teknologi Pendidikan dengan cara yang khas juga dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam berbagai kondisi dan situasi (landasan epistemologis). Dalam kuliah juga dibahas perubahan paradigma teknologi pendidikan yang dipengaruhi oleh perkembangan IPTEKSOS dan kebutuhan serta perubahan kondisi dan situasi. Seluruh pembahasan topik dikaitkan dengan isu-isu actual di bidang teknologi pendidikan dengan mengkaitkannya dengan temuan-temuan penelitian maupun hasil-hasil pertemuan ilmiah yang terkini.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
1. Mendeskripsikan konsep teknologi dan manfaatnya dalam kehidupan dan Pendidikan
2. Menggunakan istilah dan definisi yang benar dalam bidang teknologi pendidikan
3. Menganalisis komponen pada definisi Teknologi Pendidikan 2004 dan makna yang terdapat di dalamnya
4. Mendeskripsikan latar belakang tumbuh dan berkembangnya teknologi pendidikan
5. Memiliki kemampuan dasar untuk memecahkan masalah belajar dan pembelajaran melalui kompetensi di bidang teknologi pendidikan.
6. Menggali landasan falsafah dan landasan historis teknologi pendidikan
7. Mengidentifikasi berbagai disiplin keilmuan yang berkontribusi dan dijadikan landasan perkembangan teknologi pendidikan.
8. Mendeskripsikan berbagai pendekatan dalam memperoleh kebenaran dengan perspektif teknologi pendidikan
9. Menganalisis kontribusi teknologi pendidikan dalam pembangunan sistem pendidikan
10. Mengevaluasi landasan nilai (values) dalam Teknologi Pendidikan
11. Menganalisis kode etik TP dan penerapannya
12. Menganalisis penerapan TP di berbagai bidang

Hallo Tpers,
Desain adalah proses untuk menentukan kondisi belajar. Tujuan desain ini ialah untuk menciptakan strategi dan produk pada tingkat makro, seperti program dan kurikulum, dan pada tingkat mikro, seperti pada pelajaran dan modul. Definisi ini sesuai dengan defisini dasain sekarang yang mengacu pada penentuan spesifikasi (Ellington dan Harris 1986, Reigeluth 1983, Richey 1986).
Tujuan Pembelajaran
Dengan kamu mempelajari topik ini di harapkan anda dapat:
1. Menjelaskan definisi kawasan desain
2. Menjelaskan asal usul kawasan desain
Kawasan desain dan pengembangan
Kawasan desain dalam teknologi pendidikan merupakan proses untuk menentukan kondisi belajar dengan menggunakan teknologi yang diterapkan dalam memecahkan masalah pendidikan atau pembelajaran. kamu dapat mendalami desain dan pengembangan dari learning object dibawah ini
Setelah memahami materi diatas apakah kamu sudah memahami kawasan desain dan pengembangan beserta asal usulnya? untuk mengevalusi ketercapaian pembelajaran. kamu dapat mengerjakan tes penguasaan dibawah ini

Hallo Tpers,
Kawasan mewujudkan apa yang dapat dilakukan oleh suatu disiplin ilmu agar disiplin tersebut mampu memberikan sumbangan langsung dalam bentuk rumusan praktik yang dapat dilakukan oleh para praktisi.
Tujuan Pembelajaran
Dengan kamu mempelajari topik ini di harapkan anda dapat:
1. Menjelaskan definisi kawasan pemanfaatan dan pengelolaan
2. Menjelaskan asal usul kawasan pemanfaatan dan pengelolaan
Kawasan pemanfaatan dan pengelolaan
Kawasan mewujudkan apa yang dapat dilakukan oleh suatu disiplin ilmu agar disiplin tersebut mampu memberikan sumbangan langsung dalam bentuk rumusan praktik yang dapat dilakukan oleh para praktisi.
Dan pemanfaatan sendiri merupakan turunan kata dari kata ’Manfaat’, yakni suatu penghadapan yang semata-mata menunjukan kegiatan menerima. Penghadapan tersebut pada umumnya mengarah pada perolehan atau pemakaian yang hal-hal yang berguna baik di pergunakan secara langsung maupun tidak langsung agar dapat bermanfaat. kamu dapat mendalami kawasan pemanfaatan dan pengelolaan dari learning object dibawah ini
Setelah memahami materi diatas apakah kamu sudah memahami kawasan pemanfaatan dan pengelolaan beserta asal usulnya? untuk mengevalusi ketercapaian pembelajaran. kamu dapat mengerjakan tes penguasaan dibawah ini

Hallo Tpers,
Kawasan mewujudkan apa yang dapat dilakukan oleh suatu disiplin ilmu agar disiplin tersebut mampu memberikan sumbangan langsung dalam bentuk rumusan praktik yang dapat dilakukan oleh para praktisi.
Tujuan Pembelajaran
Dengan kamu mempelajari topik ini di harapkan anda dapat:
1. Menjelaskan definisi kawasan penilaian dan penelitian
2. Menjelaskan asal usul kawasan penialian dan penelitian
Kawasan Penilaian dan Penelitian
Menurut Seels dan Richey (1994 : 59) penilaian ialah suatu proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar. Penilaian dimulai dengan analisis masalah.. Penilaian ialah proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar . Penilaian dimulai dengan analisis masalah . Ini merupakan langkah awal yang penting dalam pengembangan dan penilaian pembelajaran karena tujuan dan hambatan dijelaskan pada langkah ini. kamu dapat mendalami kawasan penilaian dan penelitian dari learning object dibawah ini
Setelah memahami materi diatas apakah kamu sudah memahami kawasan penilaian dan penelitian beserta asal usulnya? untuk mengevalusi ketercapaian pembelajaran. kamu dapat mengerjakan tes penguasaan dibawah ini
Mahasiwa Sekalian
Tugas pada materi ini dapat dilihat pada PPT yang ada di bawah ini dan dikumpulkan pada link Penugasan yang ada di bawah PPT