LMS-SPADA INDONESIA


DOSEN PENGAMPU:
Dr. Eveline Siregar, M.Pd
TIM PENGEMBANG:
Achmad Nur Fauzan
DESKRIPSI MATA KULIAH:
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memiliki basis ilmiah yang mendalam dan memperluas wawasan tentang Teknologi Pendidikan sebagai suatu disiplin keilmuan (landasan ontologi). Mengkaji hakikat, pendekatan, kawasan, penerapan, implikasi teknologi pendidikan sebagai suatu konstruk teoritik, bidang garapan serta bidang pengabdian dan penerapannya serta prospek Teknologi Pendidikan di berbagai bidang (landasan aksiologi). Teknologi Pendidikan dengan cara yang khas juga dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam berbagai kondisi dan situasi (landasan epistemologis). Dalam kuliah juga dibahas perubahan paradigma teknologi pendidikan yang dipengaruhi oleh perkembangan IPTEKSOS dan kebutuhan serta perubahan kondisi dan situasi. Seluruh pembahasan topik dikaitkan dengan isu-isu actual di bidang teknologi pendidikan dengan mengkaitkannya dengan temuan-temuan penelitian maupun hasil-hasil pertemuan ilmiah yang terkini.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
1. Mendeskripsikan konsep teknologi dan manfaatnya dalam kehidupan dan Pendidikan
2. Menggunakan istilah dan definisi yang benar dalam bidang teknologi pendidikan
3. Menganalisis komponen pada definisi Teknologi Pendidikan 2004 dan makna yang terdapat di dalamnya
4. Mendeskripsikan latar belakang tumbuh dan berkembangnya teknologi pendidikan
5. Memiliki kemampuan dasar untuk memecahkan masalah belajar dan pembelajaran melalui kompetensi di bidang teknologi pendidikan.
6. Menggali landasan falsafah dan landasan historis teknologi pendidikan
7. Mengidentifikasi berbagai disiplin keilmuan yang berkontribusi dan dijadikan landasan perkembangan teknologi pendidikan.
8. Mendeskripsikan berbagai pendekatan dalam memperoleh kebenaran dengan perspektif teknologi pendidikan
9. Menganalisis kontribusi teknologi pendidikan dalam pembangunan sistem pendidikan
10. Mengevaluasi landasan nilai (values) dalam Teknologi Pendidikan
11. Menganalisis kode etik TP dan penerapannya
12. Menganalisis penerapan TP di berbagai bidang

Hallo Tpers,
Teknologi komunikasi dan informasi telah berkembang dengan sangat pesat sehingga sudah merupakan gejala dunia. Teknologi itu sendiri sudah menjadi bagian kebudayaan Indonesia (Miarso, 2004). Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.
Dengan kamu mempelajari topik ini di harapkan anda dapat:
1. Menjelaskan Pengertian TIK
2. Menjelaskan jenis TIK, dan perkembangan TIK
3. Menjelaskan potensi TIK dalam pendidikan
Landasan teori teknologi komunikasi dan informasi
Teknologi komunikasi dan informasi mempunyai pengertian dari dua aspek, yaitu teknologi komunikasi dan teknologi informasi. Teknologi komunikasi mempunyai pengertian segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Teknologi informasi, mempunyai pengertian luas yang meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Karena itu, teknologi komunikasi dan informasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala aspek yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi antar media menggunakan teknologi tertentu.
kamu dapat mendalami landasan teori teknologi komunikasi dan informasi dari learning object dibawah ini
Setelah memahami materi diatas apakah kamu sudah memahami landasan teori teknologi komunikasi dan informasi? untuk mengevalusi ketercapaian pembelajaran. kamu dapat mengerjakan tes penguasaan dibawah ini

Hallo Tpers,
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.
Dengan kamu mempelajari topik ini di harapkan anda dapat:
1. Memahami definisi sistem
2. Menjelaskan perkembangan konsep sistem
3. Menjelaskan pengaruh konsep sistem terhadap TP
Landasan teori pendekatan sistem
Terdapat banyak pengertian sistem menurut para ahli. Sistem menurut Prof. Dr. Yusufhadi Miarso ( 2007 ) sistem adalah perpaduan antara sejumlah komponen yang masing-masing mempunyai fungsi sendiri, namun saling berkaitan untuk mencapai tujuan bersama dalam suatu lingkungan yang komplek, dengan ciri-ciri; adanya tujuan yang telah ditentukan, adanya komponen, adanya keterpaduan antara semua komponen, adanya keterbukaan, terjadinya tranformasi, adanya mekanisme kendali yang mengatur kekompakan fungi masing-masing komponen.
kamu dapat mendalami landasan teori pendekatan sistem dari learning object dibawah ini
Setelah memahami materi diatas apakah kamu sudah memahami landasan teori pendekatan sistem? untuk mengevalusi ketercapaian pembelajaran. kamu dapat mengerjakan tes penguasaan dibawah ini

Hallo Tpers,
Kehadiran berbagai organisasi dalam kehidupan masyarakat merupakan salah satu fenomena kehidupan modern untuk membantu dan mempermudah pemenuhan kebutuhan hidup manusia secara individu dan masyarakat. Apabila mendengar kataorganisasi maka kita akan mendengar kata manajemen. Organisasi merupakan sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan atau cita-cita yangdiinginkan oleh sekelompok orang tersebut. Di dalam pelaksanaan organisasi, tidak lengkap atau tidak teraturnya organisasi tersebut apabila tidak ada manajemennya.
Dengan kamu mempelajari topik ini di harapkan anda dapat:
1. Pengertian manajemen, fungsi manajemen, konsep manajemen dalam TP
2. Pengertian organisasi, konsep organisasi belajar, knowledge management.
Landasan teori organisasi dan manajemen
Organisasi dalam bahasa Yunani adalah ὄργανον, organon yang artinya alat. Jadi, organisasi adalah suatu alat / wadah untuk sekumpulan seseorang dalam mencapai tujuan bersama. Adapaun pengertian organisasi menurut ahli sebagai berikut.
kamu dapat mendalami landasan teori organisasi dan manajemen dari learning object dibawah ini
Setelah memahami materi diatas apakah kamu sudah memahami landasan teori organisasi dan manajemen? untuk mengevalusi ketercapaian pembelajaran. kamu dapat mengerjakan tes penguasaan dibawah ini