LMS-SPADA INDONESIA
Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah ini akan membahas tentang budaya populer Jepang dengan berbagai aspek permasalahan dan topik-topik kajian. Sejalan dengan visi misi prodi, topik-topik diskusi akan difokuskan pada industri kreatif Jepang yang populer di Indonesia dan dunia.
Target Capaian Pembelajaran
Mahasiswa diharapkan akan mampu memberikan eksplanasi terkait fenomena budaya populer Jepang, terutama yang ada di Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap hubungan baik Indonesia Jepang serta mampu memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan terkait budaya populer Jepang di Indonesia.
Bobot Mata Kuliah
2 SKS
Pengampu Mata Kuliah
Heri Widodo, M.A.
Pada sessi ini akan dibahas mengenai pengertian Budaya Populer dan permasalahan-permasalahan dalam studi kebudayapopuleran. Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep, pengertian dan permasalahan budaya populer. Indikator pencapaiannya adalah keaktifan mahasiswa dalam diskusi, penyelesaian kuiz & tugas dengan baik.
Materi Session #1. Pengertian Popular Culture (Budaya Populer)
Sebelum masuk ke dalam pembahasan tentang Japanese Popular Culture, simaklah pemaparan singkat tentang pengertian "popular culture (Budaya Populer)" berikut kemudian jawablah beberapa pertanyaan di bagian "Kuiz & Diskusi Popular Culture".
Setelah menyimak video singkat pemaparan pengertian "budaya populer", jawab dan diskusikanlah beberapa pertanyaan berikut.
Pada session ini akan dibahas tentang sSelera dalam kaitannya dengan Budaya Populer
Halooo...Selamat datang kembali di mata kuliah Budaya Populer 1. Pada session ini kita akan membahas tentang selera dalam kaitannya dengan budaya populer. Simaklah video singkat berikut kemudian jawablah beberapa pertanya berikutnya di dalam forum diskusi.
2.1. Selera dan Budaya Populer
mohon ma'af, sepertinya ada kesalahan sistem atau ada menu yang tercentang, saya tidak tahu, sehingga Forum Diskusi tidak bisa untuk ditanggapi mahasiswa. Oleh karena itu, setelah melihat pemaparan tentang Selera dari video, silahkan isi presensi saja.
Silahkan klik di sini untuk mengakses ruang diskusi dan jawablah beberapa pertanyaan yang terdapat di dalam forum
Okay....sekian dulu untuk pembahasan tentang "selera". Berharap Anda tidak segera melupakannya karena pemahaman tentang "selera" ini akan menjadi salah satu landasan dalam pembahasan Budaya Populer di session-session berikutnya.
Terimak kasih atas kehadiran dan partisipasinya dalam session ini. Semoga membawa kebermanfaatan dan keberkahan.
Session #3 ini akan membahas dan mendiskusikan bagaimana peranan media dalam budaya populer. Setelah mengikuti session ini diharapkan mahasiswa mampu mengidentifikasi artefak-artefak budaya populer di sekitarnya, mengidentifikasi media yang berkontribusi terhadap pembentukan dan penyebaran budaya populer, memahami proses pembentukan dan penyebaran budaya populer, serta bagaimana relasi kuasa yang terbentuk dan beroperasi di dalam budaya populer.
Halooo.....konnichiwa
Selamat datang kembali di kelas Budaya Populer 1. Minasan, ogenki desu ka.
Pada session ini kita akan coba untuk melihat lebih teliti lagi tentang bagaimana peranan dan kontribusi media terhadap budaya populer. Sebagai rujukan dalam session ini, saya menggunakan tulisan Bapak Dr. Farid Hamid U. M.Si. yang berjudul 'Media dan Budaya Populer'. Mengapa menggunakan tulisan ini sebagai rujukan? Saya berpendapat tulisan ini bernas sekali dan bagi yang berminat untuk menggali lebih dalam, tulisan ini bisa digunakan sebagai pengantar sebelum masuk ke dalam literatur-literatur yang lebih dalam. Bagi yang kurang berminat, tulisan ini bisa menjadi 'batas aman' bagi mahasiswa yang mempelajari budaya populer.
Okay, sebelum memasuki step-step berikutnya, silahkan Anda berdo'a menurut agama dan kepercayaan masing-masing disertai pelurusan niat dalam belajar. Semoga diberi kelancaran, kemanfaatn, dan barokahnya ilmu dan proses pembelajaran.
Heri Widodo
Silahkan akses dan simak tulisan berikut, kemudian jawablah beberapa pertanyaan di bagian tugas berikutnya
Silahkan akses dan simak tulisan berikut, kemudian jawablah beberapa pertanyaan di bagian tugas berikutnya
Silahkan akses dan simak tulisan berikut, kemudian jawablah beberapa pertanyaan di bagian tugas berikutnya
Silahkan akses dan simak tulisan berikut, kemudian jawablah beberapa pertanyaan di bagian tugas berikutnya
Jika ada ide, pendapat, usulan, permasalahan, atau pertanyaan, yang ingin Anda ungkapkan di kelas, silahkan membuat thread di forum ini.
Haaaaiiii.......Otsukaresamadeshita.
Terima kasih atas kehadiran dan partisipasi Anda dalam kelas ini. Semoga membawa kebermanfaatan & Keberkahan.
Sayounara
Heri Widodo
Konnichiwa, selamat datang kembali di kelas Japanese Pop Culture 1. Pada session ke-4 ini kita akan mendiskusikan seputar media dalam kaitannya dengan Budaya Populer. Setelah session ini saya berharap mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis media dan fungsinya dalam menopang budaya populer. Selain itu, saya berharap mahasiswa mampu membuat kajian kritis tentang media terkait dengan budaya populer sehingga mampu membangun konstruksi tindakan yang bijak terkait budaya populer.
Seperti biasa, sebelum kita memulai proses pembelajaran ini, mari kita berdo'a menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Semoga kita diberi kemudahan dalam memahami dan kebermanfaatan dalam keberkahan ilmu.
ttd
Heri Widodo
Pengkajian tentang budaya populer tidak akan bisa meninggalkan bagaimana media menjadi tulang punggung baginya. Oleh karena itu, perlu kiranya kita untuk kembali memahami apa itu media dan bagaimana media bekerja. Mari kita kembali menyimak hal-hal dasar tentang media. Silahkan menyimak video berikut.
Silahkan akses forum ini jika Anda mempunyai ide, gagasan, pemikiran atau pertanyaan seputar topik kita hari ini untuk di-share ke teman-temang satu kelas.
Konnichiwa....Selamat datang kembali di kelas Budaya Pop 1. Kali ini kita akan coba untuk mengulik tentang salah satu budaya pop Jepang, yaitu MANGA. Manga menjadi produk budaya pop Jepang yang impactnya mengjangkau ke berbagai bidang, dari ekonomi, seni, hingga internasionalisasi budaya Jepang. Setelah mengikuti materi ini, saya berharap mahasiswa memahami sejarah perkembangan manga, kontribusi manga terhadap pelestarian budaya Jepang dan internasionalisasi budaya Jepang, memahami impact manga dalam berbagai bidang, dan mampu memanfaatkan manga sebagaimana Jepang.
Sebelum memulai proses, silahkan Anda berdo'a menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
ttd
Heri Widodo
Simaklah materi audio ini untuk mengetahui bagaimana awal mula sejarah perkembangan Manga di Jepang.
Silahkan akses beberapa sumber bacaan berikut untuk menambah wawasan tentang Manga
Jawablah beberapa pertanyaan berikut terkait Manga
1. Susunlah kesimpulan tentang bagaimana sejarah perkembangan awal Manga.
2. Bagaimana kesan Anda terhadap Manga?
3. Kemukakan pendapat Anda, mengapa Manga bisa digemari di dunia internasional?
4. Menurut pendapat Anda, mengapa Manga digemari di Indonesia?
5. Menurut pendapat Anda, mengapa banyak seniman komik (mangaka) di Indonesia yang cenderung meniru karakter, style komik Jepang (Manga)?
6. Bagaimana pemikiranmu untuk memajukan dunia perkomikan Indonesia dengan identitas yang "Indonesia banget"?
(Kumpulkan jawaban Anda dalam format Teks Daring dan PDF file)
Konnichiwa...Selamat datang kembali di kelas Japanese Popular Culture. Pada pertemuan ke-6 ini kita akan mencoba untuk melihat lebih dalam tentang Anime. Ada banyak hal yang menarik terkait industri anime di Jepang. Setelah mengikuti kelas ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian, sejarah perkembangan anime Jepang. Selain itu, mahasiswa diharapkan juga memahami perkembangan anime di Indonesia, mampu mengidentifikasi permasalahan-permasalahan, serta memberikan ide solusi terkait anime di Indonesia.
6.1. Anime: Pengertian dan Perkembangan Awal Animasi Jepang.
Silahkan menyimak pemaparan singkat berikut terkait pengertian, perkembangan anime Jepang dari awal kemunculannya hingga sebelum tahun 1960an. Setelah menyimaknya, jawablah beberapa pertanyaan berikut di ruang forum diskusi dan sharing.
Silahkan akses forum ini untuk diskusi, tanya jawab, sharing terkait topik bahasan Anime Jepang dari awal perkembangan hingga tahun 1960-an
6.3. Anime: Perkembangan Anime Fase 2: tahun 1960an
Tahun 1960-an merupakan momentum penting dalam perkembangan anime Jepang dengan hadirnya televisi. Simaklah video berikut sebagai pemantik diskusi dan penelusuran Anda berikutnya.
6.4. Perkembangan Anime Jepang tahun 1970an
Anime mengalami perkembangan yang signifikan pada dekade 1970an. Anime dan animator besar yang bisa kita lihat sampai saat ini mulai debutnya di sekitar tahun 70an ini. Silahkan menyimak pemaparan singkat berikut.
SORRY, MATERINYA BELUM LENGKAP...kalau ada yang tertarik untuk menulis atau skripsinya terkait anime, silahkan kontak saya untuk beberapa literatur yang saya miliki.
Konnichiwa. Selamat datang kembali di kelas Japanese Popular Culture 1. Pada kesempatan kali ini akan kembali menyimak bagaimana sih awalnya perkembangan Anime di Indonesia. Dengan mengerti bagaimana sejarah awalnya, diharapkan mahasiswa bisa memahami kecenderungan pola-pola perkembangan anime di Indonesia dan diharapkan mampu berkintribusi dalam dunia industru animasi di Indonesia.
Sebelum memulai proses, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
ttd.
Heri Widodo
7.1. Awal Anime (Jepang) Masuk & Berkembang di Indonesia.
Sejalan dengan perkembangan animasi dunia, terutama Jepang, anime masuk ke Indonesia dengan secara bertahap hingga sekarang kita rasakan bagaimana dominasi anime di dunia animasi Indonesia. Video ini hanya merupakan trigger bagi yang berminat untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana perkembangan anime di Indonesia.
Silahkan akses forum ini untuk diskusi, sharing, tanya jawab, dan lain-lain
SIlahkan mengakses bagian SOAL UTS BUDAYA POP 1 untuk mengerjakan soal-soal UTS. Perhatikanlah hitungan waktu yang berjalan.
Silahkan berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing sebelum mengerjakan soal-soal yang diajukan.
Silahkan menjawab soal-soal berikut.
Silahkan akses forum ini jika ada pertanyaan, ide, atau sesuatu yang hendak disampaikan terkait pelaksanaan UTS.
BAGI YANG MENGALAMI ERROR KETIKA MENGERJAKAN SOAL-SOAL UTS, SILAHKAN MENCANTUMKAN NAMA DI DAFTAR NAMA DALAM FORUM
Konnichiwa. Selamat datang kembali di kelas Japanese Pop Culture 1. Pada session ini kita akan bersama-sama sedikit melihat bagaimana dunia cinema, perfilman Jepang. Japanese Cinema telah diakui oleh dunia perfilman global dengan beberapa film Jepang yang telah meraih penghargaan internasional. Film terakahir yang memperoleh penghargaan bergengsi Palme D'Ors pada tahun 2018 Shoplifters menjadi bukti kualitas dunai cinema Jepang. Setelah menyimak beberapa materi dalam perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana perkembangan dunia perfilman Jepang dan isu-isu sosial yang diangkat dalam film.
Sebelum memulai, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
ttd
Heri Widodo
Silahkan menyimak ulasan singkat berikut terkait perkembangan dunia perfilman Jepang.
SIlahkan mengakses file-file berikut untuk menggali lebih dalam terkait Japanese Cinema.
Silahkan menjawab beberapa pertanyaan berikut terkait dengan Japanese Cinema.
Konnichiwa, ogenki desu ka. Pada pertemuan kali ini kita masih akan mendiskusikan tentang film Jepang. Namun, kali ini kita akan menyimak dan mendiskusikan salah satu film pendek Jepang. Sebuah film terkadang bisa menjadi salah satu jendela untuk kita bisa mengetahui bagaimana budaya dan permasalahan tentang bangsa tersebut. Nah, pada pertemuan kali ini kita akan menggunakan film, yang merupakan bagian dari budaya populer jepang, untuk menyimak dan mendiskusikan tentang salah satu topik budaya Jepang.
Sebelum memulai, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
ttd
Heri Widodo
10.1. Materi Diskusi: Japanese Cinema
Simaklah film pendek berjudul 'Automation' [オートーメーション] berikut. Film ini merupakan salah satu film pendek yang mengangkat tema permasalahan Jepang mutakhir dan telah memperoleh beberapa penghargaan pada tahun 2017. Setelah menyimaknya, silahkan Anda jawab beberapa pertanyan yang terdapat dalam forum diskusi.
Silahkan akses forum ini dan jawab dan diskusikan beberapa topik pertanyaan dalam forum.
Konnichiwa. Selamat datang kembali di kelas Budaya Pop 1. Pada pertemuan kali ini kita akan menyima dan berdiskusi tentang tema yang akhir-akhir ini diangkat jadi diskusi ilmiah dan menjadi bahan menulis skripis, yaitu "boy's love". Setelah menyimak materi dan berdiskusi dalam topik ini, diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan beberapa istilah, korelasi antara topik bahasan dengan permasalahan sosial masyarakat Jepang, mengidentifikasi permasalahan, dan mampu mengajukan ide solusi terhadap permasalahan yang terkait dengan topik bahasan.
Sebelum memulai proses, mari berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
ttd
Heri Widodo
UNTUK YANG PENGGEMAR CINEMA JEPANG, IKUTI FESTIVAL FILM JEPANG
Silahkan membaca teks berikut kemudian jawablah beberapa pertanyaan terkait teks dan kemukakan pendapatmu di bagian "Tugas"
Jawablah beberapa pertanyaan dalam forum diskusi ini.
Konnichiwa. Selamat datang kembali di kelas Budaya Pop 1. Pada pertemuan kali ini kita akan sedikit menyimak dan mengamati Otaku di Indonesia sebagai salah satu fenomena sosial yang terkait dengan Budaya Pop Jepang di Indonesia. Setelah menyimak materi yang disajikan dalam session ini diharapkan mahasiswa mampu memahami, menjelaskan hal-hal terkait fenomena Otaku di Indonesia. Selain itu, dengan menyimak materi dan menyelesaikan beberapa aktivitas dalam perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu mengidentifikasi, merumuskan permasalahan, dan memberikan solusi atau kontribusi terhadap permasalahan terkait budaya populer di Indonesia.
Simaklah beberapa jurnal penelitian terkait Otaku berikut. Perhatikan topik bahasan permasalahan, pendekatan, sumber data, data, metode penelitian, teori yang digunakan untuk 'membedah' permasalahan dalam penelitian, dan bagaimana kesimpulan dalam masing-masing penelitian berikut.
Buatlah review terhadap kedua jurnal dalam materi di atas dengan menjelaskan setidaknya hal-hal berikut,
a. topik bahasan permasalahan, b. pendekatan, c. sumber data, d. data, e. metode penelitian, f. teori yang digunakan untuk 'membedah' permasalahan dalam penelitian, g. dan bagaimana kesimpulan dalam masing-masing penelitian.
(kirimkan review dalam bentuk Teks Daring dan PDF files)
Tujuan Aktivitas ini adalah mahasiswa memahami tentang OTAKU melalui sumber bacaan berupa jurnal sekaligus menajamkan intuisi mahasiswa dalam prinsip-prinsip research dan mindset akademis melalui mereview penelitian pihak lain.
Silahkan akses dan membuat thread dalam forum ini jika ada pertanyaan atau sesuatu yang hendak didiskusikan terkait topik bahasan OTAKU.
Konnichiwa. Selamat datang kembali di kelas Budaya Pop 1. Pada pertemuan kali ini kita akan menyimak seputar isu gender, representasi peempuan dalam budaya pop. Simaklah rekaman webinat tentang representasi perempuan dalam budaya pop yang dibahas oleh beberapa dosen dari beberapa universitas di Indonesia. Dengan menyimak materi ini diharapkan mahasiswa mengerti isu-isu dalam budaya pop jepang dan mengerti bagaimana mengkajinya secara akademis.
Sebelum memulai, mari kita berdo'a sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
ttd
Heri Widodo
Simaklah rekaman webinar berikut dan buatlah kesimpulan melalui lembar penugasan.
Silahkan akses forum diskusi berikut jika ada pertanyaan atau sesuatu yang perlu didiskusikan terkait topik bahasan ini.
Silahkan mengirim hasil menyimak webinar di bagian ini. File yang dikirimkan berupa Teks Daring dan PDF files.
Konnichiwa, selamat datang kembali di kelas Budaya Pop Jepang. Dalam pertemuan kali ini kita akan mengangkat isu yang sudah lama terjadi dalam masyarakat Jepang, yaitu IJIME. Ijime menjadi tema dalam karya budaya Pop Jepang, baik dalam bentuk film, anime, manga. Apakah yang pemicu ijime, bagaimana dampaknya dalam masyarakat menjadi kajian yang urgen untuk dilakukan. Dengan menyimak materi ini diharapkan mahasiswa mampu memahami masalah, merumuskan masalah, dan menyusun solusi untuk permasalahan tersebut. Selain itu, topik bahasan ini bisa digunakan untuk materi kajian dalam bentuk skripsi atau kajian ilmiah yang lainnya.
Sebelum memulai proses, mari kita berdo'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
ttd
Heri Widodo
Simaklah video materi video liputan tentang IJIME di Jepang berikut.
Akses dan pelajarilah bagaimana penelitian tentang Ijime dalam karya-karya populer budaya Jepang yang dilakukan oleh peneliti Indonesia berikut
SIlahkan akses forum ini dan jawab beberapa pertanyaan dalam forum. Jika Anda mempunyai pertanyaan atau sesuatu yang ingin didiskusikan dalam kelas, silahkan membuat thread dalam forum ini
Ohayou gozaimasu. Akemashite Omedetou Gozaimasu. Session #15 ini merupakan pertemuan terakhir perkuliahan Budaya Pop pada semester ini. Selama satu semester ini kita telah membahas beberapa media budaya pop Jepang dan isu-isu dalam dunia budaya pop Jepang. Tentu saja pembahasan ini belumlah cukup untuk memperoleh hasil yang mendalam dalam setiap topiknya. Perkuliahan ini dirancang sebagai pengantar untuk memasuki setiap topik pembahasan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendalami salah satu topik bahasan, silahkan melanjutkan pendalaman dengan memanfaatkan resources yang telah kita gunakan dalam kelas.
Terkait dengan UAS, silahkan disimak di Forum Diskusi, ya
Sebagain bahan review dan refleksi terkait pelaksanaan perkuliahan Budaya Pop 1 ini, silahkan menjawab beberapa pertanyaan berikut.
Silahkan akses forum ini untuk melihat pengumuman terkait UAS.
Ujian Akhir Semester Budaya Pop berupa penugasan membuat tulisan setara dengan proposal skripsi
Silahkan mengirimkan tulisan Anda di chapter ini sebagai bentuk dari Ujian Akhir Semester Budaya Pop 1
Silahkan mengakses dan membuat thread di forum ini jika ada sesuatu yang ditanyakan terkait pelaksanaan UAS Budaya Pop 1