LMS-SPADA INDONESIA
Mata kuliah Metode Penelitian merupakan salah satu mata kuliah dalam program studi pendidikan Biologi yang erat sekali kaitannya dalan penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Mata kuliah metode penelitian secara umum mengkaji tentang jenis-jenis penelitian, permasalahan penelitian, variabel penelitian, hipotesis penelitian, desain percobaan, teknik mengutip dan mengkaji pustaka, teknik menyusun proposal dan aplikasinya di lapangan.
prinsip-prinsip dalam menemukan masalah penelitian yang relevan dengan tugas akhir sekaligus merancang/menyusun proposal proposal berdasarkan jeis penelitian yang akan dikaji dalam tugas akhir baik terkait dengan penelitian murni ataupun penelitian kependidikan.
Afifuddin dan Beni Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamidi. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.
Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.
Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif Naturalistik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga
Bagaimana keadaan anda semua? semoga senantiasa sehat selalu. Pertemuan kali ini mengkaji tentang teknik pengumpulan data. Teknik pengumpulan data adalah cara yang digunakan peneliti dalam mendapatkan data di lapangan. Dalam penelitian sosial, ada beberapa teknik yang umum dilakukan, yaitu kuesioner, studi pustaka, wawancara, dan observasi.
Kuesioner atau angket adalah teknik pengumpulan data dengan cara
mengajukan pertanyaan untuk dijawab oleh responden, biasanya secara
tertulis. Studi pustaka mengumpulkan data yang relevan dari buku, artikel ilmiah,
berita, maupun sumber kredibel lainnya yang terkait dengan topik
penelitian. Wawancara digunakan untuk menggali informasi atau persepsi subjektif
dari informan terkait topik yang ingin diteliti. Peneliti sebelumnya
harus menyiapkan pertanyaan-pertanyaan wawancara terlebih dahulu. Serupa
dengan kuesioner, pertanyaan wawancara perlu diujikan kemampuannya
supaya peneliti dapat memperoleh data yang dibutuhkan. Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan lewat pengamatan
langsung. Peneliti melakukan pengamatan di tempat terhadap objek
penelitian untuk diamati menggunakan pancaindra. Peneliti diposisikan
sebagai pengamat atau orang luar. Dalam mengumpulkan data menggunakan
observasi, peneliti dapat menggunakan catatan maupun rekaman. Observasi
dapat bersifat partisipatoris, yaitu ketika peneliti turut bergabung dan
melakukan aktivitas bersama objek pengamatannya.
Silahkan pelajari baik-baik materi yang disajikan dalam pertemuan ini sebelum Anda berdiskusi.
Setelah Anda membaca materi yang telah diberikan, berdiskusilah berdasarkan materi dalam pertemuan 14.
Ikuti Aturan Diskusi:
1. Satu orang Mahasiswa wajib membuat satu topik diskusi. Jika sudah ada satu topik yang dibuat, mahasiswa lainnya wajib menanggapi topik tersebut dengan cara mereply.
2. Mahasiswa lainnya bisa juga menanggapi (mereply lagi) hasil tanggapan temannya sebelumnya. Saya sebagai dosen juga akan bergabung di dalam forum tersebut untuk memantau dan mengklarifikasi jika ada jawaban yang perlu diluruskan
3. Jika satu topik sdh selesai, silahkan buat topik lain lagi untuk didiskusikan, dan lakukan hal yang sama kembali seperti langkah 1 dan 2.
4. Hanya mahasiswa yang aktif berdiskusi yang akan dinilai.
5. Berdiskusilah dengan bahasa dan hasil pemikiran sendiri, bukan dengan mengcopy paste dari google.
5. Berdiskusilah dengan Bahasa yang baik dan sopan.