Global searching is not enabled.
Skip to main content

Weekly outline

    • SELAMAT DATANG

      DI MATA KULIAH  METODE PENELITIAN

      KELAS B

      DOSEN PENGAMPU: DR. YUSNAENI, S.Pd., M.Si


      VISI

      Menjadikan program studi pendidikan biologi sebagai lembaga penghasil guru biologi yang berkualitas, sehingga mampu bersaing pada tingkat regional, nasional maupun Internasional

      MISI


      1.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menyiapkan dan menghasilkan lulusan yang berakhlak, berbudi pekerti, mandiri, inovatif, berdisiplin dan bertanggung jawab, kooperatif dan menguasai Ipteks.
      2.    Menyelenggarakan penelitian bagi dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan alternatif pemecahan masalah pembelajaran MIPA.
      3.    Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, melalui peningkatan kualitas dan kuantitas peran serta dosen dan mahasiswa pendidikan biologi dalam kehidupan bermasyarakat.
      4.    Mengembangkan dan meningkatkan aktualisasi diri dan potensi mahasiswa pendidikan biologi.
      5.    Menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan berbagai lembaga dan stakeholders dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan biologi.
      6.    Memiliki kepekaan yang tinggi terhadap perkembangan regional, nasional dan global.
      7.    Memberikan kontribusi yang maksimal terhadap perkembangan pendidikan khususnya bidang biologi.


      TUJUAN

      1.    Menghasilkan calon guru biologi yang menguasai bidang ilmu biologi, trampil menguasai berbagai model pembelajaran biologi, baik di kelas, laboratorium dan di lapangan.
      2.    Menyiapkan lulusan untuk studi lanjut agar dapat menjadi guru yang berkualitas dan memiliki spesialisasi bidang ilmu.
      3.    Membekali lulusan dengan berbagai metode penelitian dalam bidang biologi dan bidang terapannya.
      4.    Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana penunjang pendidikan dan pengajaran.
      5.    Meningkatkan kualitas dosen.
      6.    Mewujudkan kerjasama/kemitraan yang saling menguntungkan.
      7.    Meningkatkan manajemen pendidikan.
      8.    Meningkatkan relevansi kurikulum

      Deskripsi Mata Kuliah

      Mata kuliah Metode Penelitian merupakan salah satu mata kuliah dalam program studi pendidikan Biologi yang erat sekali kaitannya dalan penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Mata kuliah metode penelitian secara umum mengkaji tentang jenis-jenis penelitian, permasalahan penelitian, variabel penelitian, hipotesis penelitian, desain percobaan, teknik mengutip dan mengkaji pustaka, teknik menyusun proposal dan aplikasinya di lapangan.

      Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

      Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat menganalisis 

      prinsip-prinsip dalam menemukan masalah penelitian yang relevan dengan tugas akhir sekaligus merancang/menyusun proposal proposal berdasarkan jeis penelitian yang akan dikaji dalam tugas akhir baik terkait dengan penelitian murni ataupun penelitian kependidikan.

      Referensi

      Afifuddin dan Beni Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia. 

       Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 

      Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 

      Hamidi. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press. 

      Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

      Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.

      Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia. 

      Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 

      Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta. 

      Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. 

      Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 

      Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 

      Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif Naturalistik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga

      Nasir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

      Petunjuk Belajar Bagi Mahasiswa

      Untuk menyelesaikan mata kuliah ini, disarankan agar anda mempelajari setiap materi secara berurutan dari materi pertama sampai dengan materi terakhir. Belajar dengan menggunakan e-learning ini dituntut kemandirian dan kejujuran anda terhadap diri sendiri. Jadi anda jangan tergesa-gesa menyelesaikan pelajaran tersebut. Jika anda belum menguasai pelajaran tersebut, ulangi kembali bagian-bagian yang belum anda kuasai sesuai dengan yang diharapkan.
      Selain membaca materi ini, anda diharapkan juga membaca buku-buku yang relevan seperti yang tercantum pada referensi setiap materi, karena dengan membaca buku-buku tersebut akan membantu anda dalam mengatasi kesulitan yang anda temukan dalam modul.
      Mudah-mudahan materi dalam e-learning ini dapat memenuhi harapan penyusun dan benar-benar bermanfaat bagi mahasiswa. Kekurangan, kesalahan tentu ada pada materi ini, maka kritik, saran teguran maupun petunjuk-petunjuk yang menuju ke arah perbaikan akan selalui diterima dengan tangan terbuka, untuk itu penyusun mengucapkan banyak terima kasih.
      Akhir kata, pergunakalanlah waktu anda dengan baik untuk belajar agar hasil maksimal dapat anda capai.
      Selamat Belajar.
  • Selamat Berjumpa dalam Pembelajaran e-learning

    Bagaimana keadaan anda semua? semoga senantiasa sehat selalu.  Pertemuan kali ini mengkaji tentang Desain Penelitian Eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian dimana peneliti dengan sengaja memberikan suatu perlakuan atau intervensi (variabel bebas) kepada subjek penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan tersebut terhadap variabel terikat (variabel yang diteliti). Faktor penelitian dalam eksperimen lazim disebut perlakuan (treatment), atau intervensi. Unit eksperimen, unit pengamatan, dan unit analisis dalam eksperimen dapat merupakan individu atau agregat individu (kelompok).

    Jenis penelitian eksperimen terbagi menjadi 3 yaitu desain pra-eksperimental yaitu rancangan penelitian eksperimen yang dirancang dengan hanya mempunyai sedikit saja ciri-ciri suatu desain percobaan, kedua yaitu desain eksperimental semu, yaitu desain penelitian percobaan yang mengandung sebagian besar ciri-ciri penelitian eksperimen, dan desain eksperimen murni (sebenarnya), yaitu desain percobaan yang mempunyai ciri-ciri lengkap yang diperlukan dalam suatu percobaan.

    Beberapa desain eksperimen semu antara lain one shot case study, satu kelompok pretest- posttest, dan Intact -Group Comparison. Desain eksperimental semu yang sering dipakai antara lain rangkaian berkala (time -series design) dan non equivalent control group design, sedangkan desain eksperimen murni yang banyak digunakan antara lain: randomized block design, Randomized complete block design, dan randomized control group pretest-posttest.

    Sub Capaian Pembelajaran

    Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa dapat membedakan desain rancangan penelitian dalam penelitian eksperimen. 

    Materi Pokok

    1. Pengertian Penelitian Eksperimen
    2. Ciri dan Prinsip Desain Eksperimen
    3. Kelebihan dan Kelemahan Desain Percobaan

    • Silahkan download dan baca baik-baik materi yang disajikan.

    • Setelah Anda membaca materi dan menyimak penjelasan Dosen yang telah diberikan secara virtual melalui Zoom Meet, berdiskusilah berdasarkan materi dalam pertemuan 11.

      Ikuti Aturan Diskusi:

      1. Satu orang Mahasiswa wajib membuat satu topik diskusi. Jika sudah ada satu topik yang dibuat, mahasiswa lainnya wajib menanggapi topik tersebut dengan cara mereply. 

      2. Mahasiswa lainnya bisa juga menanggapi (mereply lagi) hasil tanggapan temannya sebelumnya. Saya sebagai dosen juga akan bergabung di dalam forum tersebut untuk memantau dan mengklarifikasi jika ada jawaban yang perlu diluruskan

      3. Jika satu topik sdh selesai, silahkan buat topik lain lagi untuk didiskusikan, dan lakukan hal yang sama kembali seperti langkah 1 dan 2.

      4. Hanya mahasiswa yang aktif berdiskusi yang akan dinilai.

      5. Berdiskusilah dengan bahasa dan hasil pemikiran sendiri, bukan dengan mengcopy paste dari google.

      5. Berdiskusilah dengan Bahasa yang baik dan sopan.