LMS-SPADA INDONESIA
Mata kuliah Metode Penelitian merupakan salah satu mata kuliah dalam program studi pendidikan Biologi yang erat sekali kaitannya dalan penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Mata kuliah metode penelitian secara umum mengkaji tentang jenis-jenis penelitian, permasalahan penelitian, variabel penelitian, hipotesis penelitian, desain percobaan, teknik mengutip dan mengkaji pustaka, teknik menyusun proposal dan aplikasinya di lapangan.
prinsip-prinsip dalam menemukan masalah penelitian yang relevan dengan tugas akhir sekaligus merancang/menyusun proposal proposal berdasarkan jeis penelitian yang akan dikaji dalam tugas akhir baik terkait dengan penelitian murni ataupun penelitian kependidikan.
Afifuddin dan Beni Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamidi. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.
Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.
Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif Naturalistik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga
Bagaimana keadaan anda semua? semoga senantiasa sehat selalu. Pertemuan kali ini mengkaji tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah adalah bentuk kegiatan yang merupakan kegiatan pengembangan diri setiap pendidik yang dilaksanakan secara bersiklus. Tujuan PTK adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah (Muslich, hal. 10). Menurut Suyanto (1997), tujuan PTK adalah meningkatkan dan/atau memperbaiki praktik pembelajaran di sekolah, meningkatkan relevansi pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan
Sub Capaian Pembelajaran
Silahkan cermati aik-baik materi yang disajikan sebelum anda berdiskusi
Setelah Anda membaca materi dan menyimak penjelasan Dosen yang telah diberikan secara virtual melalui Zoom Meet, berdiskusilah berdasarkan materi dalam pertemuan 12.
Ikuti Aturan Diskusi:
1. Satu orang Mahasiswa wajib membuat satu topik diskusi. Jika sudah ada satu topik yang dibuat, mahasiswa lainnya wajib menanggapi topik tersebut dengan cara mereply.
2. Mahasiswa lainnya bisa juga menanggapi (mereply lagi) hasil tanggapan temannya sebelumnya. Saya sebagai dosen juga akan bergabung di dalam forum tersebut untuk memantau dan mengklarifikasi jika ada jawaban yang perlu diluruskan
3. Jika satu topik sdh selesai, silahkan buat topik lain lagi untuk didiskusikan, dan lakukan hal yang sama kembali seperti langkah 1 dan 2.
4. Hanya mahasiswa yang aktif berdiskusi yang akan dinilai.
5. Berdiskusilah dengan bahasa dan hasil pemikiran sendiri, bukan dengan mengcopy paste dari google.
5. Berdiskusilah dengan Bahasa yang baik dan sopan.