LMS-SPADA INDONESIA
Mata kuliah Metode Penelitian merupakan salah satu mata kuliah dalam program studi pendidikan Biologi yang erat sekali kaitannya dalan penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Mata kuliah metode penelitian secara umum mengkaji tentang jenis-jenis penelitian, permasalahan penelitian, variabel penelitian, hipotesis penelitian, desain percobaan, teknik mengutip dan mengkaji pustaka, teknik menyusun proposal dan aplikasinya di lapangan.
prinsip-prinsip dalam menemukan masalah penelitian yang relevan dengan tugas akhir sekaligus merancang/menyusun proposal proposal berdasarkan jeis penelitian yang akan dikaji dalam tugas akhir baik terkait dengan penelitian murni ataupun penelitian kependidikan.
Afifuddin dan Beni Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamidi. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.
Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.
Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif Naturalistik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga
Bagaimana keadaan anda semua? semoga senantiasa sehat selalu. Pertemuan kali ini mengkaji tentang Penelitian Korelasional. Penelitian korelasional adalah sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan di antara dua variabel atau lebih. Penelitian korelasional terbatas pada penafsiran hubungan antar variabel saja, bukan hubungan kausalitas.
Sebuah penelitian korelasional dapat menghasilkan tiga kemungkinan hasil: korelasi positif, korelasi negatif, dan tidak ada korelasi. Korelasi positif terjadi saat kedua variabel berhubungan dengan status yang sama. Jika variabel satu meningkat, maka variabel lainnya ikut meningkat, dan demikian pula jika menurun. Korelasi negatif adalah kebalikan dari korelasi positif. Jika salah satu variabel meningkat, maka variabel lainnya menurun, dan sebaliknya. Sementara, tidak ada korelasi berarti meningkat atau menurunnya suatu variabel tidak memberikan pengaruh apapun pada variabel lainnya.
Penelitian korelasional terbagi dalam berbagai macam, yaitu: 1) studi hubungan, dilakukan untuk meneliti hubungan di antara hasil pengukuran terhadap dua variabel berbeda dalam waktu yang sama. Dengan studi hubungan, peneliti akan mendapat gambaran atas tingkat hubungan dari sepasang variabel (bivariat). Studi hubungan cukup sederhana. Peneliti
hanya butuh mengumpulkan skor dari dua variabel berbeda yang ada dalam
kelompok subjek yang sama. Kemudian, dari skor tersebut dapat dihitung
koefisien korelasinya, 2) Studi prediksi, berfokus pada satu
atau lebih variabel dengan tujuan untuk menghasilkan prediksi tentang
kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang ataupun variabel
lain. Studi ini juga ingin
membuktikan bahwa salah satu variabel yang diteliti muncul lebih awal
dari yang lain, maka variabel yang ada diteliti dalam waktu yang
berurutan, 3) Korelasi multivariat, variabel yang diteliti dalam studi ini
berjumlah tiga atau lebih. Ini adalah studi yang digunakan untuk
memprediksi fenomena yang lebih kompleks.
Silahkan download dan baca baik-baik materi yang diberikan sebelum Anda berdiskusi
Setelah Anda membaca materi dan menyimak penjelasan Dosen yang telah diberikan secara virtual melalui Zoom Meet, berdiskusilah berdasarkan materi dalam pertemuan 14.
Ikuti Aturan Diskusi:
1. Satu orang Mahasiswa wajib membuat satu topik diskusi. Jika sudah ada satu topik yang dibuat, mahasiswa lainnya wajib menanggapi topik tersebut dengan cara mereply.
2. Mahasiswa lainnya bisa juga menanggapi (mereply lagi) hasil tanggapan temannya sebelumnya. Saya sebagai dosen juga akan bergabung di dalam forum tersebut untuk memantau dan mengklarifikasi jika ada jawaban yang perlu diluruskan
3. Jika satu topik sdh selesai, silahkan buat topik lain lagi untuk didiskusikan, dan lakukan hal yang sama kembali seperti langkah 1 dan 2.
4. Hanya mahasiswa yang aktif berdiskusi yang akan dinilai.
5. Berdiskusilah dengan bahasa dan hasil pemikiran sendiri, bukan dengan mengcopy paste dari google.
5. Berdiskusilah dengan Bahasa yang baik dan sopan.