LMS-SPADA INDONESIA
Mata kuliah Metode Penelitian merupakan salah satu mata kuliah dalam program studi pendidikan Biologi yang erat sekali kaitannya dalan penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Mata kuliah metode penelitian secara umum mengkaji tentang jenis-jenis penelitian, permasalahan penelitian, variabel penelitian, hipotesis penelitian, desain percobaan, teknik mengutip dan mengkaji pustaka, teknik menyusun proposal dan aplikasinya di lapangan.
prinsip-prinsip dalam menemukan masalah penelitian yang relevan dengan tugas akhir sekaligus merancang/menyusun proposal proposal berdasarkan jeis penelitian yang akan dikaji dalam tugas akhir baik terkait dengan penelitian murni ataupun penelitian kependidikan.
Afifuddin dan Beni Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamidi. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.
Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.
Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2006. Penelitian Kualitatif Naturalistik dalam Pendidikan. Yogyakarta: Usaha Keluarga
Bagaimana keadaan anda semua? semoga senantiasa sehat selalu.
Dalam Pertemuan Materi ini, akan dipelajari tentang hipotesis penelitian. Hipotesis atau anggapan dasar adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya melalui data yang dikumpulkan melalui penelitian.
Hipotesis ilmiah mencoba mengutarakan jawaban sementara terhadap masalah yang akan diteliti. Hipotesis menjadi teruji apabila semua gejala yang timbul tidak bertentangan dengan hipotesis tersebut. Dalam upaya pembuktian hipotesis, peneliti dapat saja dengan sengaja menimbulkan atau menciptakan suatu gejala. Kesengajaan ini disebut percobaan atau eksperimen. Hipotesis yang telah teruji kebenarannya disebut teori.
Pengertian hipotesis, fungsi hipotesis, perumusan hipotesis, ciri hipotesis yang baik, tipe kesalahan dalam hipotesis, dan hubungan hipotesis dengan teori
Silahkan download dan pelajari materi dalam media yang diberikan.