LMS-SPADA INDONESIA

Selamat bergabung di Kegiatan Belajar Keempat. Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari dan mendalami tentang "Model Pembelajaran Digital". Anda diharapkan mengikuti dengan seksama seluruh modul dan kegiatan belajar pada pembelajaran daring ini. Pada kegiatan belajar ini secara spesifik akan membahas Model Pembelajaran Digital, Model Blended Learning dan Aplikasi Pembelajaran Digital Abad 21.
Silahkan menyimak materi ini dengan seksama....


Melalui belajar mandiri dan penugasan, Anda diharapkan dapat menjelaskan Model Pembelajaran Digital, yang meliputi:

Di Era revolusi industri 4.0 ini dalam dunia pendidikan menuntut untuk harus mengintegrasikan penggunaan Teknologi baik secara fisik maupun tidak kedalam dunia pembelajaran. Dimana untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 diperlukan pendidikan yang dapat membentuk generasi kreatif, inovatif , serta kompetitif. Metode pembelajaran pendidikan Indonesia harus beralih menjadi proses-proses Teknologi atau bisa disebut digital. Pemelajar dituntut untuk menjadi generasi yang peka terhadap teknologi. Era modern ini, peningkatan kualitas pendidikan harus terus di perbaharui termasuk dalam model pembelajaran digital.
Pada uraian materi ini secara spesifik akan membahas Perkembangan Media Digital Secara Online, Model Blended Learning, Aplikasi Pembelajaran Digital Abad 21.
Silahkan menyimak materi ini dengan seksama....
Pengembangan pembelajaran digital memerlukaan perencanaan yang hati-hati dan studi kelayakan yang matang agar pengembangan ini mampu menjawab berbagai permasalahan dalam pembelajaran, pendidikan, dunia kerja, dan keilmuan. Terlebih dahulu dilakukan penentuan pembelajaran digital untuk melengkapi keberadaan kurikulum online kemudian menentukan bagaimana cara yang paling baik untuk mengembangkannya. Sekarang, untuk memperjelas pemahaman Anda tentang konsep ini, silahkan menyimak video di bawah ini.
Memasuki era digital ini, pengajar sebagai sumber belajar utama dirasa tidak cukup lagi, tetapi perlu dilengkapi sumber belajar lainnya. Sumber belajar pengajar harus terintegrasi dengan sumber belajar lain, yaitu sumber belajar cetak, audia, audio visual, dan komputer. Pembelajaran bukan hanya berbasis pada tatap muka, tetapi dikombinasikan dengan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat offline maupun online. Itulah yang disebut dengan Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PPBL). Sekarang, untuk memperjelas pemahaman Anda tentang konsep ini, silahkan membaca E-Book di bawah ini.
Teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran yang penting dalam kehidupan sekarang dan di masa yang akan datang, termasuk dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan telah memicu kecenderungan pergeseran dari pembelajaran konvensional secara tatap muka ke arah pembelajaran digital yang dapat diakses dengan menggunakan media, seperti komputer, tanpa dibatasi jarak, tempat, dan waktu oleh siapa pun yang memerlukannya. Sekarang, untuk memperjelas pemahaman Anda tentang konsep ini, silahkan menyimak video di bawah ini.

Selamat datang pada forum diskusi online Kegiatan Belajar 4. Postinglah pendapat Anda sebagai respon terhadap permasalahan yang diberikan oleh dosen/teman Anda. Apabila Anda memerlukan bantuan terkait teknis diskusi online ini, Anda dapat menghubungi dosen pengampu mata kuliah.

Kerjakanlah Lembar Kerja Mahasiswa berikut ini dengan mengikuti petunjuk yang telah diberikan.

Setelah mempelajari dan mendalami model pembelajaran digital, ukurlah ketercapaian pembelajaran Anda untuk Kegiatan Belajar 4 dengan mengerjakan soal-soal essay berikut dengan singkat dan jelas.