GENERAL
SELAMAT DATANG
KELAS EVALUASI HASIL DAN PROSES BELAJAR
KELAS B
DOSEN PENGAMPU: DR. YUSNAENI, S.Pd., M.Si
VISI
MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menyiapkan dan menghasilkan lulusan yang berakhlak, berbudi pekerti, mandiri, inovatif, berdisiplin dan bertanggung jawab, kooperatif dan menguasai Ipteks.
2. Menyelenggarakan penelitian bagi dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan alternatif pemecahan masalah pembelajaran MIPA.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, melalui peningkatan kualitas dan kuantitas peran serta dosen dan mahasiswa pendidikan biologi dalam kehidupan bermasyarakat.
4. Mengembangkan dan meningkatkan aktualisasi diri dan potensi mahasiswa pendidikan biologi.
5. Menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan berbagai lembaga dan stakeholders dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan biologi.
6. Memiliki kepekaan yang tinggi terhadap perkembangan regional, nasional dan global.
7. Memberikan kontribusi yang maksimal terhadap perkembangan pendidikan khususnya bidang biologi.
TUJUAN
2. Menyiapkan lulusan untuk studi lanjut agar dapat menjadi guru yang berkualitas dan memiliki spesialisasi bidang ilmu.
3. Membekali lulusan dengan berbagai metode penelitian dalam bidang biologi dan bidang terapannya.
4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana penunjang pendidikan dan pengajaran.
5. Meningkatkan kualitas dosen.
6. Mewujudkan kerjasama/kemitraan yang saling menguntungkan.
7. Meningkatkan manajemen pendidikan.
8. Meningkatkan relevansi kurikulum
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Evaluasi Hasil dan Proses Belajar merupakan salah satu mata kuliah keahlian dalam program studi pendidikan Biologi yang erat sekali dalam pengembangan kompetensi pedagogik calon guru. Mata kuliah Evaluasi secara umum mengkajiprinsip-prinsip evaluasi pembelajaran, menyusun/mendesain dan menganalisis instrumen evaluasi proses dan hasil belajar, serta mengaplikasikan dalam proses pembelajaran biologi sesuai dengan hakikat pembelajaran biologi di SMP dan SMA.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran, menyusun/mendesain instrumen evaluasi proses dan hasil belajar, serta mengaplikasikan dalam proses pembelajaran biologi sesuai dengan hakikat pembelajaran biologi di SMP dan SMA.
Referensi
Arikunto, S. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Balitbang Depdiknas. (2006). Panduan Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta: Depdiknas. Brookhart Susan M, Nitko J. Anthony. (2007). Educational Assesment of Student. Fifth edition. New Jersey: Meril Prentice Hall. Johson David, W & Johson, Roger T. (2002). Meaningful Assessment. Arlington Street Boston: Ally & Dacon A Pearson Education Company. Koufman, R. and Thomas, S. (1990). Evaluations Without Fear. New York: A Division of Franklin Watts. Poerwanti E. (2001). Evaluasi Pembelajaran, Modul Akta mengajar. UMM Press. Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis tes. Jakarta: Dit-Jen Dikti. Silverius, S. (2001). Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Gramedia Widya Sarana. Stiggins, R. J. (1994). Student Centered Classroom Assessment.New York: Maxwell Macmillan International. Sudiyono, A. (1996). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Syaifuddin, A. (2002). Test Prestasi. Yogyakarta.
Petunjuk Belajar Bagi Mahasiswa
Selain membaca materi ini, anda diharapkan juga membaca buku-buku yang relevan seperti yang tercantum pada referensi setiap materi, karena dengan membaca buku-buku tersebut akan membantu anda dalam mengatasi kesulitan yang anda temukan dalam modul.
Mudah-mudahan materi dalam e-learning ini dapat memenuhi harapan penyusun dan benar-benar bermanfaat bagi mahasiswa. Kekurangan, kesalahan tentu ada pada materi ini, maka kritik, saran teguran maupun petunjuk-petunjuk yang menuju ke arah perbaikan akan selalui diterima dengan tangan terbuka, untuk itu penyusun mengucapkan banyak terima kasih.
Akhir kata, pergunakalanlah waktu anda dengan baik untuk belajar agar hasil maksimal dapat anda capai.
Selamat Belajar.