Pencarian global tidak diaktifkan.
Lewati ke konten utama

Ringkasan topik

  • Halo semuanya peserta mata kuliah konsultasi komunikasi yang kami sayangi, selamat bergabung. Pada semester genap 2021/2022 ini kita akan bersama-sama belajar konsultasi komunikasi. Mari kita lihat identitas mata kuliah dan dosen mata kuliah ini. Semoga semangat terus belajarnya.

    • Dosen-dosen mata kuliah konsultasi komunikasi adalah akademisi yang menguasai komunikasi konsultatif baik secara teoretis maupun praktis. Berikut ini profil singkat kami:

      Dr. Ira Mirawati, M.Si, sejak tahun 2002 mendalami bidang konsentrasi pelatihan dan konsultansi komunikasi, selain berkarir sebagai dosen juga merupakan konsultan komunikasi strategis pada perusahaan swasta maupun lembaga pemerintah. Ibu ira dapat dihubungi melalui ira.mirawati@unpad.ac.id 

      Yuliani Dewi Risanti, M.B.A. sebelum berkarir sebagai dosen tetap Unpad, merupakan praktisi komunikasi pemasaran di perusahaan retail fashion ternama. Pengalamannya dapat menjadi masukan berharga tentang bagaimana konsultan dilihat dari sisi klien. Ibu Yuli dapat dikontak melalui Yuliani@unpad.ac.id

      Kismiyati El Karimah, M.Si, memiliki keahlian dibidang psikologi komunikasi terutama berkaitan dengan bagian menumbuhkan jiwa konsultan profesional. Ibu Kismiyati dapat dikontak melalui kismiyati.elkarimah@unpad.ac.id

      Agus Setiaman, M.I.Kom., memiliki keahlian di bidang komunikasi kelompok dan komunikasi politik. Beliau sangat memahami bagaimana teamwork atau kerja sama tim dalam dunia konsultansi. Bapak Agus dapat dikontak melalui agussetiaman@yahoo.co.id

      Frila Nurfadila, M.B.A., sebelum menjadi dosen beliau memiliki banyak pengalaman praktis dibidang konsultasi. Ibu Frila dapat dikontak melalui frila.nurfadila@unpad.ac.id

    • View Make forum posts: 1

      Halo semuanya, kita yang mengikuti mata kuliah ini berasal dari prodi yang berbeda-beda. Untuk dapat berkolaborasi dengan baik, mari kita memperkenalkan diri masing-masing. Perkenalan terdiri dari nama, asal prodi atau kampus dan apa bidang yang dikuasai atau disukai.

  • SESI 1 - DESKRIPSI MATA KULIAH

    Mata kuliah Konsultasi Komunikasi merupakan mata kuliah komunikasi yang bersifat terapan yang membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk mengenali dunia konsultasi komunikasi professional khususnya dalam konteks komunikasi organisasi. Ruang lingkup Mata kuliah meliputi pemahaman proses dan luaran konsultasi. Dengan cakupan topik konsep dan konsultasi komunikasi, konsep masalah komunikasi, beragam pendekatan dalam konsultasi komunikasi, proses konsultansi, Instrumen komunikasi untuk tujuan konsultasi, Strategi perencanaan komunikasi hingga membuat rekomendasi untuk penyelesaian masalah komunikasi. 

    Selain menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok, serta pembelajaran asinkronus di LiVE Unpad, mata kuliah ini juga disertai dengan praktik langsung kepada klien secara profesional.

    Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:

    Memahami dan menjelaskan konsep-konsep dasar Konsultasi Komunikasi, menganalisis proses konsultasi, mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan konsultasi komunikasi yang dimiliki untuk membantu penyelesaian masalah komunikasi dalam konteks Komunikasi Organisasi. 

    • Berikut ini adalah kompetensi yang akan kita capai melalui pembelajaran mata kuliah konsultasi komunikasi. Yuk, semangat yuk...

    • Halo Semuanya, apa kabar Anda hari ini? Semoga sehat walafiat dan selalu semangat ya.

      Terlampir adalah RPS atau rencana pembelajaran mata kuliah Konsultasi Komunikasi untuk satu semester kedepan. 

    • Selain melalui pembelajaran di kelas, mohon perkaya pengetahuan kalian dari membaca buku-buku mengenai konsultansi. Berikut ini adalah beberapa buku yang disarankan (silakan klik dicover buku untuk menuju file e-book):

             

  • SESI 1 - PERSPEKTIF, KONSEP, DAN RUANG LINGKUP

    Halo semuanya, setelah mengikuti sesi ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan konsep dasar, ruang lingkup, serta tujuan pembelajaran konsultasi komunikasi. Kegiatan pembelajaran pada sesi ini akan diisi dengan menonton video ajar dan membaca materi pada LiVE masing-masing serta diskusi di ruang zoom.

    Jadwal zoom adalah Kamis 1 November 2021 pukul 07.00 WIB. Bergabunglah dengan klik link zoom berikut ini:

  • SESI 2- PROSES KONSULTASI

    Halo semuanya, pada kesempatan ini kita mempelajari proses konsultasi mulai dari tahap entry hingga tahap terminasi. Materi yang dibahas meliputi

    • Kontak awal
    • Diagnosis masalah awal
    • Kerangka acuan
    • Strategi dan perencanaan tugas

    Kegiatan sesi ini terdiri dari menonton video ajar,  membaca materi kuliah, membaca buku management consulting chapter 2. Untuk kemudian didiskusikan di tatap muka virtual zoom.

    Pertemuan zoom dilaksanakan pada, Kamis 8 September 2021 pukul 07.00 melalui link berikut:

    • Bacalah materi berikut untuk mengetahui tahapan-tahapan dalam proses konsultasi.

  • SESI 3 - MERANCANG USAHA JASA KONSULTANSI

    Tahukah Anda, bahwa menjadi konsultan, membantu klien menyelesaikan permasalahannya, dan membangun usaha di bidang jasa tersebut dapat dilakukan sejak saat ini. Mahasiswa diharapkan dapat memulai dengan merancang usaha jasa konsultansi bersama teman kelompoknya. Bentuklah sebuah kelompok beranggotakan 5 orang, diskusikanlah rencana membuat sebuah jasa layanan konsultasi. Buatlah company profile dengan ketentuan sebagai berikut:

    1. Company profile minimal terdiri dari halaman cover, profil lembaga bisnis kalian mulai dari latar balakang hingga filosofinya, layanan yang disediakan, portofolio, rekan atau mitra, dan alamat kontak

    2. Buatlah company profile dalam desain semenarik mungkin untuk membuat klien berminat membaca lebih lanjut company profile kalian.

    3. Perhatikan video berikut untuk penjelasan mengenai company profile

    Untuk semakin memotivasi anda mempelajari konsultasi komunikasi, bacalah buku berikut ini. buku ini berisi panduan ringkas konsultan menawarkan pendekatan praktis untuk mendirikan bisnis konsultasi. Dengan fokus pada sisi bisnis konsultasi, Biech membawa Anda melalui proses langkah-demi-langkah tanpa rasa sakit, mengisi kekosongan untuk mendirikan perusahaan konsultan Anda. Bagian baru meliputi:
    Mengapa Karir Konsultan—Lima Alasan Mengapa Anda Bisa Menjadi Investasi yang Baik
    Berapa Banyak yang Akan Dibayar Klien?
    Daftar "Yang Harus Dilakukan" pertama Anda
    Apa yang harus disebut bisnis Anda?
    Membuat dan menulis Rencana Bisnis

  • SESI 4 - ANALYTICAL TOOLS UNTUK KONSULTASI KOMUNIKASI

    Halo semuanya, tujuan pembelajaran pada sesi ini adalah anda dapat menerapkan alat-alat analisis yang dapat digunakan dalam konsultasi komunikasi. Dengan menggunakan alat analisis ini, diharapkan dapat dilakukan analisis situasi yang komprehensif sehingga menuju kepada permasalahan yang utama dan dapat dicari solusinya. Alat-alat analisis yang dimaksud adalah SWOT, SOAR, PESTLE, dan Fishbone. 

    Kegiatan sesi ini terdiri dari menonton video ajar dan membaca materi kuliah. Untuk kemudian didiskusikan di tatap muka virtual zoom.

    Pertemuan zoom dilaksanakan pada, Kamis 22 September 2021 pukul 07.00 melalui link berikut:

  • SESI 5- MENJADI KONSULTAN KOMUNIKASI PROFESIONAL

    Halo Semuanya, menjadi konsultan komunikasi profesional adalah karir yang dapat dibangun mulai saat ini bahkan hingga nanti memasuki dunia pensiun. Bagaimana karir konsultan dan karakter apa yang harus dimiliki, akan kita kupas tuntas pada sesi 5 ini.

    Kegiatan sesi ini terdiri dari menonton video ajar dan membaca materi kuliah. Untuk kemudian didiskusikan di tatap muka virtual zoom.

    Pertemuan zoom dilaksanakan pada, Kamis 30 September 2021 pukul 07.00 melalui link berikut:

    • Silakan baca-baca materi berikut ini yang ada pada slide ini.

  • SESI 6 - INTERVIEWING SKILLS BAGI KONSULTAN

    Mengajukan pertanyaan adalah salah satu tool yang paling penting dalam proses konsultansi. Terlihat mudah dilakukan, tapi kenyataannnya tidak semudah itu untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.
     
    Tujuan pembelajaran sesi 6 ini adalah mahasiswa dapat menyusun pertanyaan-pertanyaan untuk diajukan pada klien sehingga proses wawancara berjalan lancar dan data yang dibutuhkan dapat dikumpulkan.

    Kegiatan sesi ini terdiri dari menonton video ajar dan membaca materi kuliah. Untuk kemudian didiskusikan di tatap muka virtual zoom.

    Pertemuan zoom dilaksanakan pada, Kamis 7 Oktober 2021 pukul 07.00 melalui link berikut:

    • Berikut ini yang bukan termasuk jenis pertanyaan dalam wawancara konsultan pada klien:

  • SESI 7- MENGEMBANGKAN PERILAKU EFFECTIVE LISTENING BAGI KONSULTAN

    Kita selama ini mengira bahwa orang yang komunikasinya baik hanyalah orang yang jago berbicara, padahal kemampuan komunikasi yang tidak kalah pentingnya adalah kemampuan menyimak atau mendengar secara efektif. Dengan mendengar efektif, kita akan dapat mengetahui real needs dari klien kita dan pada akhirnya memberikan solusi terbaik.
     
    Tujuan pembelajaran sesi 7 ini adalah mahasiswa dapat mempraktikkan perilaku mendengar efektif.

    Kegiatan sesi ini terdiri dari menonton video ajar dan membaca materi kuliah. Untuk kemudian didiskusikan di tatap muka virtual zoom.

    Pertemuan zoom dilaksanakan pada, Kamis 14 Oktober 2021 pukul 07.00 melalui link berikut:

    • Silakan baca dan pelajari materi mengenai effective listening skills ini.

  • SESI 8- UJIAN TENGAH SEMESTER

    • UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP

      TAHUN AJARAN 2021/2022

      Mata Kuliah : Konsultansi Komunikasi

      Hari/Tanggal : Selasa, 24 Mei 2022

      09.30 - 11.30

      Waktu Pengerjaan : 25 menit

      Dosen : Dr. Ira Mirawati, S.Sos., M.Si

      Agus Setiaman, M.Si

      Dra. Hj. Kismiyati El Karimah, M.Si

      Yuliani Dewi Risanti, M.B.A

      Frila Nurfadila, M.B.A

      PETUNJUK

      1. Bacalah setiap soal dengan cermat, pahami maksudnya dengan baik sebelum menjawab.
      2. Silahkan kerjakan dari soal yang paling Anda kuasai.
      3. Anda diperkenankan untuk membuka buku ataupun catatan lain yang Anda miliki.
      4. Periksa kembali jawaban yang telah Anda kerjakan, pastikan Anda telah menjawab semua pertanyaan. Apabila setiap pertanyaan yang diajukan sudah selesai dijawab silahkan klik "submit all and finish"
      5. Setiap kecurangan dalam proses ujian ini akan mendapat sanksi akademis dan administratif.

      -Selamat Mengerjakan-

  • SESI 9- 15 ONLINE COLLABORATION WORKSPACE

    Mulai sesi 9 ini, hingga sesi 15, setiap kelompok mengerjakan project dari tahap initial contact sampai pelaporan. Selain tugas-tugas dikumpulkan di LiVE kita juga akan menjalankan online collaboration di Padlet yang sudah ditempelkan di LiVE ini sehingga setiap mahasiswa bisa melihat progres kelompoknya maupun kelompok lain.

    • Assalamualaikum Wr. Wb.
      Untuk menunjang kegiatan perkuliahan Konsultasi Komunikasi dalam pengerjaan tugasnya menggunakan Padlet sebagai online collaboration working tools. Silahkan klik link terlampir. 


      Dalam Padlet tersebut sudah terdapat section dengan nama perusahaan jasa konsultasi komunikasi setiap kelompok. Adapun langkah pengisiannya yaitu:
      1. Tuliskan Nama dan NPM setiap anggota kelompok dipostingan pertama pada section masing-masing
      2. Upload Company Profile dilengkapi dengan deskripsi singkat dari layanan konsultasi komunikasi yang diberikan pada caption
      3. Setiap kelompok dapat memberikan feedback baik berupa comments maupun likes pada postingan kelompok lain
      4. Gunakan nama jelas pada setiap postingan (dilarang anonymous)

      Demikian untuk tahap pertama pengisian Padlet, untuk selanjutnya tools ini akan digunakan sebagai online collaboration working tools sehingga masing-masing kelompok dapat menggunakan sectionnya untuk upload progress report hingga laporan akhir.

      Happy collaborating!!

    • Dear all..

      Silahkan upload laporan kemajuan dari initial contact dan follow up yang telah dilakukan oleh setiap kelompok terhitung mulai dari tanggal 8 - 11 November 2021, dalam laporan terdapat resume dari aktivitas yang telah dilakukan sebelum periode tanggal tersebut serta aktivitas yang telah dan akan dilakukan pada periode pekan selanjutnya (11-18 November  2021) dengan mencantumkan tabel berisi tanggal, aktivitas, deskripsi aktivitas dan dokumentasi aktivitas (capture email/WA/Call Log/foto pada saat meeting online/offline, dll). Laporan diupload oleh perwakilan kelompok dalam bentuk pdf pada tanggal 18 November 2021 melalui Live Unpad dengan penamaan file nama kelompok_pg1 dan juga posting di shelf kelompoknya masing-masing yang ada di padlet 

      Selamat mengerjakan..

      Tim Dosen Konsultasi Komunikasi

      PENGAYAAN: MEMBACA BUKU

      Memasarkan Layanan Konsultasi kalian pasti memerlukan perjuangan. Sebagai pengayaan tentang bagaimana langkah-langkahnya bacalah buku ini yang merupakan panduan cara lengkap yang akan membantu kalian mengembangkan dan menerapkan rencana pemasaran dinamis yang akan membuat bisnis konsultasi kalian lebih terlihat oleh klien dan lebih kompetitif. Ditulis oleh Elaine Biech - salah satu pakar terkemuka di bidang konsultasi - buku ini akan membantu kalian memahami seluk beluk pemasaran dari sebuah perusahaan konsultan kecil, menemukan klien baru, bahkan membuat klien kalian untuk merujuk kalian ke klien lain.

    • Setelah melaporkan tahapan kontak yang dilakukan kepada klien, sekarang saatnya untuk melaporkan project apa yang disepakati untuk dikerjakan oleh kalian sebagai konsultan. Tuliskan di sini sebagai bahan penilaian, dan tuliskan di padlet sebagai bahan pemantauan bersama. Maksimal setiap kelompok sudah mendapatkan kejelasan project pada 25 November 2021

    • Pada sesi ke 12 setiap kelompok mengimplemantasikan atau mempraktikan layanan konsultasinya. Sambil mengerjakan project, kami juga menyediakan materi pengayaan mengenai client engagement untuk kalian pelajari secara asinkronus. Dengan mempelajari client engagement ini, diharapkan kalian dapat membangun hubungan yang harmonis bersama klien sehingga pengerjaan project dapat berjalan lancar.

      Gambar berikut menunjukkan tahapan client engagement dalam proses konsultasi komunikasi yang akan kalian lakukan:

    • Bagaimana? sampai tahap ini mempraktikkan konsultasi komunikasi, kendala apa saja yang kalian hadapi? silakan ceritakan di sini ya. setiap orang boleh bercerita dan ditanggapi oleh mahasiswa lainnya.

    • Pada sesi ke 13 setiap kelompok masih dalam tahapan mengimplemantasikan atau mempraktikan layanan konsultasinya. Sambil mengerjakan project, kami juga menyediakan materi pengayaan mengenai manajemen berkualitas dalam konsultasi untuk kalian pelajari secara asinkronus. Dengan mempelajari manajemen berkualitas ini, diharapkan kalian dapat mengelola proses konsultasi secara efektif dan berkualitas. 

      Secara garis besar, gambaran quality control dalam jasa konsultan adalah sebagai berikut:

      Untuk lebih lengkapnya, silakan baca ppt pada sesi ini.

    • Setelah kalian sepakat mengerjakan sebuah project berdasarkan kesepakatan dengan klien, apakah kalian merasa yakin dapat melakukan project tersebut. Apa langkah yang kalian lakukan untuk memastikan kualitas pekerjaan kalian memenuhi ekspektasi klien? apakah berlatih? membaca buku? atau apa? silakan tuliskan pada forum ini ya

    • Pada sesi ke 14 setiap kelompok masih dalam tahapan mengimplemantasikan atau mempraktikan layanan konsultasinya. Sambil mengerjakan project, kami juga menyediakan materi pengayaan mengenai menulis laporan konsultasi untuk kalian pelajari secara asinkronus. Dengan mempelajari menulis laporan konsultasi ini, diharapkan kalian dapat menulis laporan konsultasi secara efektif dan berkualitas.

      Untuk lebih memahami cara penulisan laporan ini, silakan tonton video berikut

    • Dear all,

      Silahkan upload laporan akhir serta presentasi oleh perwakilan kelompok disini, dengan penamaan file nama kelompok. Selain laporan dilaporkan di sini, karya-karya yang dikerjakan dalam project ditampilkan di padlet untuk dapat disaksikan dan diapresiasi oleh dosen dan teman-teman lainnya.

      Isi dari laporan adalah semua yang ada di proposal ditambah Bab Implementasi dan Bab Hasil Evaluasi. Deadline pengumpulan diundur ke Jumat, 24 Desember 2021 pukul 23.59.

      Sebagai pengganti presentasi agar bisa dilakukan secara asinkronus, maka buatlah sebuah video presentasi berdurasi 5 menit (tidak boleh lebih). format dan cara rekaman video dibebaskan asalkan mencakup semua informasi penting yang perlu dipresentasikan dan menarik untuk ditonton. Link video diposting dipadletnya masing-masing. File laporan juga diupload di padletnya masing-masing, Upload video dan file di padlet deadlinenya adalah 27 Desember 2021 pukul 23.59

  • SESI 16-PRESENTASI, EVALUASI, DAN APRESIASI

    Pada pertemuan terakhir ini kita akan menyelenggarakan presentasi untuk setiap kelompok memaparkan projectnya dari awal hingga akhir. Setiap kelompok diberi waktu presentasi 5 menit.

    Presentasi dilaksanakan pada 9 Januari di link zoom berikut:

    Dan, tanpa terasa, kita memasuki penghujung perkuliahan konsultasi komunikasi. Untuk perkembangan mata kuliah ini ke depannya, kami mohon saudara semua memberikan masukan bagi kami.  Isilah kuesioner berikut ini sesuai dengan pengalaman Anda pada perkuliahan konsultasi komunikasi ini. 

    Jawaban Anda insyaAllah akan menjadi pertimbangan kami untuk pengembangan mata kuliah ini ke depannya.

    Terima kasih, sehat selalu, dan sampai jumpa pada perkuliahan serta kesempatan lain.

     

    • Menurut kalian, apakah materi yang disampaikan sesuai dengan tujuan perkuliahan?

    • Apakah kalian dapat memahami penjelasan dosen mata kuliah ini?