Ringkasan topik
Topik 1
Materi
Pengantar perkuliahan : capaian pembelajaran, sistem komunitasi dosen dan mahasiswa
Rutinitas berpikir : Melihat, Berpikir, Bertanya, Meriset dan Berargumen
Metode menulis catatan aktif melalui mural
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu menjelaskan rutinitas berpikir kritis (Melihat, Berpikir, Bertanya, Meriset dan Berargumen)
- Mahasiswa mampu mencatat aktif bahan ajar
Tulis catatan aktif minggu 1 disini
Kerjakan kuis 1
Topik 2
Materi :
Lukisan seni abstrak di tahun 1911-1913
Capaian Pembelajaran :
- Mahasiswa mampu mengobservasi karya seni abstrak dengan seksama (melihat)
- Mahasiswa melatih imajinasi dalam berpikir kritis
- Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Bagaimana melihat lukisan abstrak? (part 1)
Bagaimana melihat lukisan abstrak? (part 2)
Tulis catatan aktif minggu 2 disini
Topik 3
Materi :
Lukisan seni abstrak di tahun 1911-1913
Capaian pembelajaran :
- Mahasiswa mampu bernalar secara logis makna dari simbol - simbol yang ada di karya seni abstrak yang diamati (Berpikir)
- Mahasiswa mampu membuat kalimat tanya yang analitis tentang karya seni abstrak yang diamati (Bertanya)
- Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Bagaimana memikirkan tentang karya seni ?
Bagaimana bertanya tentang karya seni ?
Tulis catatan aktif minggu 3 disini
Topik 4
Materi:
Lukisan seni abstrak di tahun 1911-1913
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa mampu menganalisis karya seni lebih mendalam melalui riset
- Mahasiswa mampu memberi argumentasi karya seni dengan bukti (Argumen)
- Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Bagaimana meriset tentang karya seni ?
Bagaimana membuat argumen tentang karya seni ?
Tulis catatan aktif minggu 4 disini
Topik 5
Materi :
Lukisan Gaya Romantisime di tahun 1857
Capaian Pembelajaran :
- Mahasiswa mampu mengobservasi karya seni gaya romanticisme dengan seksama (melihat)
- Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Bagaimana melihat lukisan beraliran Romantisisme ? (part 1)
Bagaimana melihat lukisan beraliran Romantisisme ? (part 2)
Tulis catatan aktif minggu 5 disini
Topik 6
Materi :
Lukisan Gaya Romantisime di tahun 1857Capaian Pembelajaran :
- Mahasiswa mampu bernalar secara logis makna dari karya seni aliran romantisisme yang diamati (Think)
- Mahasiswa mampu membuat kalimat tanya yang analitis tentang seni aliran romantisisme yang diamati (Bertanya)
- Mahasiswa mampu mencatat aktif bahan ajar
Bagaimana memikirkan tentang apa yang sudah dilihat ?
Bagaimana bertanya tentang karya seni ?
Tulis catatan aktif minggu 6 disini
Topik 7
Materi : Lukisan Gaya Romantisime di tahun 1857
Capaian Pembelarajaran:
- Mahasiswa mampu menganalisis seni aliran romantisisme lebih mendalam melalui riset
- Mahasiswa mampu memberi argumentasi seni aliran romantisisme dengan bukti (Argumen)
- Mahasiswa mampu mencatat aktif bahan ajar
Materi : Meriset karya seni aliran romantisisme
Capaian Pembelajaran :- Mahasiswa mampu menganalisis seni aliran romantisisme lebih mendalam melalui riset
- Mahasiswa mampu memberi argumentasi seni aliran romantisisme dengan bukti (Argumen)
- Mahasiswa mampu mencatat aktif bahan ajar
Bagaimana meriset tentang karya seni ?
Bagaimana membuat argumen tentang karya seni ?
Tulis catatan aktif minggu 7 disini
Topik 8 - UTS
Capaian pembelajaran:- Mahasiswa mampu membandingkan dua karya seni aliran romantisime
Lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro Karya Raden Saleh tahun 1857 (Kanan)
Lukisan
Soal UTS
Buatlah rekaman video presentasi maksimal 10 menit membandingkan 2 karya seni beraliran romantisisme yaitu Raden Saleh dan Nicholas Pieneman tentang penangkapan pangeran Diponegoro melalui urutan berpikir kritis : melihat, berpikir, bertanya, meriset dan berargumen.
Lakukan pembahasan dua karya secara bersamaan dengan konten sbb:
- Konten bahasan melihat : mengidentifikasi simbol2x yang sama dan yang berbeda dari dua karya
- Konten bahasan berpikir : menginterpretasi makna dari kedua karya dengan menghubungkan simbol2x yang dilihat
- Konten bahasan bertanya : bertanya untuk memperdalam interpretasi yang sudah dilakukan tentang kedua karya
- Konten bahasan meriset : menginvestigasi konteks dimana dan tahun dibuatnya kedua karya, serta latar belakang dari kedua pelukis
- Konten bahasan berargumen : membuat klaim tentang dua karya yang logis dan memberikan perspektif baru
Selamat mengerjakan !!!
Topik 9
Materi : Karya desain di tahun 1985
Capaian pembelajaran :
- Mahasiswa mampu mengobservasi karya desain dengan seksama (melihat)
- Mahasiswa mampu bernalar secara logis makna dari elemen - elemen yang ada di karya desain yang diamati (berpikir)
- Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Berpikir karya desain 1 :
Tulis catatan aktif minggu 9 disini
Topik 10
Materi: Karya desain di tahun 1985
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa mampu membuat kalimat tanya yang analitis tentang karya desain yang diamati (Bertanya)
- Mahasiswa mampu menganalisis karya desain lebih mendalam melalui riset
- Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Bagaimana meriset tentang suatu karya desain?
Tulis catatan aktif minggu 10 disini
Topik 12
Materi : Karya desain di tahun 1993
Capaian pembelajaran:
- Mahasiswa mampu mengobservasi karya desain dengan seksama (melihat)
- Mahasiswa mampu bernalar secara logis makna dari elemen - elemen yang ada di karya desain yang diamati (berpikir)
- Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Tulis catatan aktif minggu 12 disini
Topik 13
Materi : Karya desain di tahun 1993
Capaian pembelajaran:
- Mahasiswa mampu membuat kalimat tanya yang analitis tentang karya desain yang diamati (bertanya)
- Mahasiswa mampu menganalisis karya desain lebih mendalam melalui riset
- Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Bagaimana bertanya tentang karya desain yang lebih abstrak?
Tulis catatan aktif minggu 13 disini
Topik 15
Materi : Penutup
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa mampu menjelaskan intisari rutinitas berpikir : melihat, berpikir, bertanya, meriset, dan argumen
- Mahasiswa mampu membuat catatan aktif dari materi ajar
Tulis catatan aktif minggu 15 disini
Topik 16 - UAS
Capaian pembelajaran :
- Mahasiswa mampu melakukan rutinitas berpikir kritis secara mandiri (Melihat, Berpikir, Bertanya, Meriset dan Berargumen)
- Mahasiswa mampu membuat karya video presentasi mengkaji karya seni dan/atau desain yang dipresentasikan melalui struktur berpikir melihat, berpikir, bertanya, riset dan argumen
Soal UAS
Buatlah rekaman video presentasi maksimal 10 menit membahas karya seni atau desain yang kaya akan simbol pilihanmu sendri yang dipresentasikan dengan struktur berpikir kritis : melihat, berpikir, bertanya, riset dan argumen.
Konten bahasan melihat : mengidentifikasi simbol2x pada karya
Konten bahasan berpikir : menginterpretasi makna karya dengan menghubungkan simbol2x yang dilihat
Konten bahasan bertanya : bertanya untuk memperdalam interpretasi yang sudah dilakukan
Konten bahasan meriset : menginvestigasi konteks karya dimana dan tahun karya dibuat, serta latar belakang pelukis
Konten bahasan berargumen : membuat klaim tentang karya yang logis dan memberikan perspektif baru