LMS-SPADA INDONESIA
Pengetahuan sejarah desain grafis memberikan Anda kemampuan untuk menggunakan gaya, warna, gerakan, dan komunikasi yang benar dalam mengomunikasikan dengan jelas pesan yang anda tempatkan dalam setiap gagasan visual yang anda berikan kepada audiens Anda.
Sebagai desainer grafis, kita dituntut memiliki kemampuan dalam menguasai komunikasi yang jelas. Jika kita menggunakan gaya dan teknik desain yang salah maka pesan kita akan tidak dapat dikomunikasikan. Pertimbangkan pada poin ini… Misalnya, jika Anda menggunakan karya Alexander Rodchenko sebagai inspirasi untuk desain Anda yang mempromosikan kebebasan dan keragaman, maka Anda akan mengirimkan pesan yang sepenuhnya salah dengan gaya yang Anda gunakan. Jika sejarah desain grafis Alexander Rodchenko desain bekerja di Rusia selama pemerintahan komunis berat. Karyanya mempromosikan gerakan komunis dan dikenal sebagai Konstruktivisme. Ketika Anda memahami ini, Anda akan memastikan untuk selalu menggunakan inspirasi yang Anda peroleh dari sejarah desain grafis dengan benar. Ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan riwayat desain Anda secara akurat dan menjadi desainer grafis yang lebih cerdas dan terinformasi.
Obyeksi:
Sejarah singkat desain grafis adalah tentang membekali Anda dengan pengetahuan sejarah desain untuk memahami gaya dan gerakan yang membentuk desain grafis seperti yang kita kenal saat ini.
Pengetahuan sejarah desain grafis memberikan Anda kemampuan untuk menggunakan gaya, warna, gerakan, dan komunikasi yang benar dalam mengomunikasikan dengan jelas pesan yang anda tempatkan dalam setiap gagasan visual yang anda berikan kepada audiens Anda.
Sebagai desainer grafis, kita dituntut memiliki kemampuan dalam menguasai komunikasi yang jelas. Jika kita menggunakan gaya dan teknik desain yang salah maka pesan kita akan tidak dapat dikomunikasikan. Pertimbangkan pada poin ini… Misalnya, jika Anda menggunakan karya Alexander Rodchenko sebagai inspirasi untuk desain Anda yang mempromosikan kebebasan dan keragaman, maka Anda akan mengirimkan pesan yang sepenuhnya salah dengan gaya yang Anda gunakan. Jika sejarah desain grafis Alexander Rodchenko desain bekerja di Rusia selama pemerintahan komunis berat. Karyanya mempromosikan gerakan komunis dan dikenal sebagai Konstruktivisme. Ketika Anda memahami ini, Anda akan memastikan untuk selalu menggunakan inspirasi yang Anda peroleh dari sejarah desain grafis dengan benar. Ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan riwayat desain Anda secara akurat dan menjadi desainer grafis yang lebih cerdas dan terinformasi.
Silahkan menyimak materi di link berikut:
Materi Tontonan pertama: https://youtu.be/f-AbeV15Kpk
Materi Tontonan kedua: https://www.youtube.com/watch?v=OS8rZ8iwcJM
Setelah menyimak kedua materi video yang diberikan:
1. Buat resume berdasarkan pengetahuan dan pemahaman yang disampaikan pada materi tersebut.
2. Format: Video Presentasi
3. Durasi: 3 menit s.d. 5 menit
4. Waktu pengerjaan: seminggu
5. Pengumpulan Tugas: File Submissions: video files format
Obyeksi:
Judul: Asal-Usul Aksara
Notifikasi: Harap Materi ini tidak disebarluaskan. Hanya untuk kalangan sendiri, tanpa ijin dari dosen pengampu.
Tugas: Membuat Video Presentasi
Setelah menyimak materi-materi yang diberikan.
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas: https://youtu.be/nbNPlQDSxhc
Obyeksi:
Bahan Ajar Pertemuan ke-3: GRAFIS ERA RENAISSANS
Buku ini berisi pengetahuan mengenai ciri dan pembentuk karya-karya visual grafis pada era Renaissans. Dimana pada era ini perkembangan jenis dan gaya huruf berkembang dan berjaya. Menjadi ciri dan gaya tersendiri tokoh-tokoh penciptanya. Pada era ini mesin-mesin cetak mengalami perkembangan mewarnai abad pencerahan dimana ilmu pengetahuan dituliskan dan diindustrialisasi dengan baik. Notifikasi: Harap Materi ini tidak disebarluaskan. Hanya untuk kalangan sendiri, tanpa ijin dari dosen pengampu. Link Bahan Ajar: https://drive.google.com/file/d/1g0oLKKIfH3phqYsJu-UeFJc_ueO-rnWa/view?usp=drive_web&authuser=0
Setelah menyimak materi-materi yang diberikan.
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas:
Obyeksi:
Buku ini berisi pengetahuan mengenai ciri dan pembentuk karya-karya visual grafis pada era Revolusi Industri. Dimana pada era ini perkembangan jenis dan gaya huruf berkembang dan berjaya. Menjadi ciri dan gaya tersendiri tokoh-tokoh penciptanya. Pada era ini mesin-mesin cetak mengalami perkembangan mewarnai abad pencerahan dimana ilmu pengetahuan dituliskan dan diindustrialisasi dengan baik.
Notifikasi: Harap Materi ini tidak disebarluaskan. Hanya untuk kalangan sendiri, tanpa ijin dari dosen pengampu.
Link Bahan Ajar:
https://drive.google.com/file/d/16SfmYNmvkM9Ug1ti3gkzzaWVGIK-VZ5K/view?usp=drive_web&authuser=0
Setelah menyimak materi-materi yang diberikan.
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas:
Obyeksi:
Buku ini berisi pengetahuan mengenai ciri dan pembentuk karya-karya visual grafis pada era Art and Crafts Movement hinggaArt Nouveau. Dimana akibat pada era Revolusi industri telah meningkatan pabrikasi benda-benda secara massal yang dianggap merugikan nilai-nilai kekriyaan. Sehingga kegelisahaan-kegelisahan tersebut memicu lahirnya sebuah gerakan untuk kembali menempatkan nilai-nilai estetika dan artisitk pada kedudukan tinggi, maka:
• Gerakan arts and crafts movement adalah reaksi terhadap kebingungan dan kegelisahan sosial, moral dan artistik terhadap revolusi industri.
• Gerakan ini berusaha untuk mengatasi kehambaran dan kurangnya rasa kekriyaan yang jujur pada barang yang diproduksi secara massal, dengan cara mempertemukan nilai-nilai seni dan kriya.
• Hal ini melahirkan renaisans perancangan buku pada akhir 1800-an.
• Gerakan ini menyokong kejujuran terhadap material dan kekriyaan melalui bentuk-bentuk sederhana dari abad pertengahan, dekorasi romantis dan tradisional. Hal ini dipandang sebagai sebuah penawaran reformasi ekonomi dan sosial dan dilihat sebagai fundamental anti-industri.
Notifikasi: Harap Materi ini tidak disebarluaskan. Hanya untuk kalangan sendiri, tanpa ijin dari dosen pengampu.
Link Bahan Ajar: https://drive.google.com/file/u/0/d/1QDqa4QQMdQ2pE74zjUmTZBkNYtv7Mbfw/view?usp=drive_web
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas:
Obyeksi:
Materi ini memberikan gambaran terkait peralihan gaya desain dari era Art Craft movement hingga ke era art Nouveau berfokus pada menciptakan bentuk-bentuk baru dari pada mengandalkan model-model historis di era Victoria. Tuntutan gaya desain pada awal abadke dua puluh merupakan perpaduan gaya artistik dengan teknologi.
Dimana para desainer lintas disiplin ilmu: arsitektur, mode, grafis dan produk mencari cara-cara baru untuk mengekspresikan diri mereka. Menampilkan inspirasi baru lewat garis-garis lurus dan pengaturan ruang. Seniman seperti Frank Lloyd Wright, Charles Rennie Mackintosh, Margaret (Macdonald) Mackintosh, Josef Hoffmann, dan Peter Behrens membawa perubahan yang luar biasa dan pengaruh yang sangat penting bagi para desainer di masa kini.
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas:
Obyeksi:
Buku ini memberikan paparan kepada mahasiswa terkait:
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas:
Setelah melalui proses pengalaman dan pengamalan materi-materi dari pertemuan ke-1 hingga ke-7. Tentunya mahasiswa telah mengetahui dan memahami cakupan dan tujuan pembelajaran.
Syarat mengikuti UTS: telah menyelesaikan Tugas Aktivitas Perkuliahan dari Pertemuan ke-1 hingga ke-7.
Materi Ujian Tengah Semester, lihat pada bagian berikutnya.
Petunjuk UTS:
Satukan Video Presentasi Hasil Tugas Aktivitas Perkuliahan Pertemuan Ke-1 s.d. Pertemuan Ke-7 dalam satu video Panjang (sesuai akumulasi durasi ke tujuh video yang telah disetorkan).
Cantumkan credit title:
Rangkuman Materi Kuliah Sejarah Desain Grafis:
"Program Studi Desain Komunikasi Visual"
"Jurusan Seni Rupa dan Desain"
"Fakultas Seni dan Desain"
"Universitas Negeri Makassar"
Selamat menyelesaikan Tugas UTS
Obyeksi:
Metode: Reading (Belajar Mandiri)
Key: Mahasiswa memahami esensi langgam gaya pictorial-modernism.Materi ini memberikan pemaparan terkait prinsip kesederhanaan dalam sebuah karya grafis (simplicity) dimana era ini kemudian dikenal masa awal lahirnya desain-desain yang mengusung kesederhanaan dengan fokus pada prinsip pesan visual yang ingin dikomunikasikan pada era Pictorial Modernism.
Era lahirnya desain-desain poster dimana desainer poster di awal abad kedua puluh sangat menyadari kebutuhan untuk mempertahankan referensi bergambar. Tujuan utama mereka adalah untuk berkomunikasi dengan masyarakat umum, dan "mereka berjalan di atas tali antara keinginan untuk gambar ekspresif dan simbolis yang satu memiliki dan kepedulian terhadap organisasi visual total bidang gambar di sisi lain" (Meggs 276). Perpaduan ini menghasilkan desain poster yang menarik dengan tampilan yang modern.
Merupakan era kemunculan gaya desain baru. Kemunculan gaya poster Plakatstil di Jerman pada awal abad ke-20 dengan gaya visual grafisnya terdiri dari unsur-unsur reduktif, warna-warna yang datar, penggunaan huruf tebal, gambar sentral yang sederhana, dan warna yang khas dan menarik.
Merupakan era kemunculan gaya desain Plakatstil sebuah “gaya universal tanpa hubungan langsung dengan aliran atau gerakan artistik tertentu” yang dimotori oleh Beggarstaffs dan Lucian Bernhard yang memberikan fondasi gaya desain poster baru ini.
Link Materi:
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas:
Obyeksi:
Metode: Reading (Belajar Mandiri)
Key: Mahasiswa memahami esensi langgam gaya pictorial-modernism.Materi ini memaparkan kelahiran gaya-gaya desain modern langgam bentuk-bentuk New Languages of Form.
Selama tahun-tahun pascaperang, ketika Edward McKnight Kauff er dan A. M. Cassandre menerapkan bidang kubisme sintetis ke poster di Inggris dan Prancis, pendekatan tipografi formal untuk desain grafis muncul di Belanda dan Rusia, di mana seniman melihat dengan jelas implikasi kubisme. Seni visual dapat bergerak melampaui ambang citra gambar ke dalam penemuan bentuk murni. Ide-ide tentang bentuk dan penataan ruang dari lukisan dan patung baru dengan cepat diterapkan pada masalah desain. Akan tetapi, salah jika mengatakan bahwa desain modern adalah anak tiri dari seni rupa. Sebagaimana dibahas dalam bab 12, Frank Lloyd Wright, kelompok Glasgow, Pemisahan Wina, Adolf Loos, dan Peter Behrens semuanya bergerak cepat di depan lukisan modern dalam kesadaran mereka akan volume plastik dan bentuk geometris pada pergantian abad. Semangat inovasi hadir dalam seni dan desain, dan ide-ide baru berlimpah. Pada akhir Perang Dunia I, desainer grafis, arsitek, dan desainer produk dengan penuh semangat menantang gagasan yang berlaku tentang bentuk dan fungsi.
Pemaparan langgam bentuk baru gaya desain, seperti: Constructivism Ed Lissitzky Alexander Rodchenko De Stijl Piet Mondrian Théo Van Doesburg, dsb.
Metode: Reading (Belajar Mandiri)
Key: Mahasiswa memahami hakikat langgam bentuk new language of form.
Link Materi:
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas:
Obyeksi:
Metode: Reading (Belajar Mandiri)
Key: Mahasiswa memahami esensi langgam gaya Bauhaus and NewTypograph.BauhausandNewTypograph:
Metode: Reading (Belajar Mandiri)
Key: Mahasiswa memahami esensi langgam gaya era Bauhaus dan hakikat hakikat era new typograph.
Materi Link:
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas:
Obyeksi:
Metode: Reading (Belajar Mandiri)
Materi ini berisi paparan:
Gerakan Modern di Amerika:
THE NEW YORK SCHOOL:
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas:
Obyeksi:
Metode: Reading (Belajar Mandiri)
Pada pertemuan ke-13 ini terdiri atas duamateri yang diajarkan, yakni:
Selama tahun 1970-an, relevansi Modernisme ditantang.
Muncul desainer yang tidak takut untuk merujuk gerakan sejarah dalam karya desain mereka.
Era desain ini menjadi awal era desain grafis berbantuan komputer. Bekerja dengan bentuk-bentuk historis akan diubah selamanya oleh teknologi komunikasi visual terbesar sejak jenis dan mesin cetak Gutenberg yang dapat dipindahkan.
Desain grafis “postmodern” dibawakan oleh:
• Desainer Swiss yang memisahkan diri dari Gaya Internasional Tradisional.
• Tipografi Gelombang Baru (Wolfgang Weingart)
• “Tampilan” tahun 1980-an dari Memphis Group di Milan
• “Grup” San Francisco (The Michaels)
dan yang paling utama...
• Kedatangan MacIntosh di akhir tahun 80-an!
Link Materi:
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas:
Obyeksi:
Metode: Reading (Belajar Mandiri)
Materi ini mengajarkan kepada mahasiswa:
“Desain yang baik adalah bisnis yang baik” sebagaimana seruan dari industri desain grafis di tahun 1950-an yangdigaungkan oleh para desainer untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada korporasi-korporasi. Sehingga banyak pemilik/pemimpin perusahaan mulai memahami kebutuhan untuk mengembangkan citra atau identitas (merek) perusahaan untuk membantu berhubungan dengan khalayak yang beragam.
Sesungguhnya kesadaran penggunaan sitem tanda atau logo hak milik telah digunakan selama berabad-abad oleh Persekutuan dan pedagang/dealer untuk mengidentifikasi barang-barang mereka. Namun kesadaran akan pentingnya membangun sistem identitas di tahun 50-an jauh melampaui merek dagang dan simbol. Perusahaan diberi "identitas" visual yang memantapkan diri mereka secara emosional dengan audiens mereka.
Link Materi:
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas:
Obyeksi:
Metode: Reading (Belajar Mandiri)
Buatlah Video Presentasi singkat yang bersumber dari materi Bahan Ajar dan sumber rujukan lainnya.
Arahan Teknis:
Contoh Hasil Tugas:
Setelah melalui proses pengalaman dan pengamalan materi-materi dari pertemuan ke-1 hingga ke-7. Tentunya mahasiswa telah mengetahui dan memahami cakupan dan tujuan pembelajaran.
Syarat mengikuti UAS: telah menyelesaikan: (1) UTS; (2) Tugas Aktivitas Perkuliahan dari Pertemuan ke-9 hingga ke-15.
Materi Ujian Akhir Semester, lihat pada bagian berikutnya.
Petunjuk UAS:
Satukan Video Presentasi Hasil Tugas Aktivitas Perkuliahan Pertemuan Ke-9 s.d. Pertemuan Ke-15 dalam satu video Panjang (sesuai akumulasi durasi ke tujuh video yang telah disetorkan).
Cantumkan credit title:
Rangkuman Materi Kuliah Sejarah Desain Grafis:
"Program Studi Desain Komunikasi Visual"
"Jurusan Seni Rupa dan Desain"
"Fakultas Seni dan Desain"
"Universitas Negeri Makassar"
Selamat menyelesaikan Tugas UAS