LMS-SPADA INDONESIA



Selamat datang dan mengikuti Learning Management System Universitas Binawan yang merupakan KAMPUS INTERNASIONAL - DIGITAL - BERAKHLAK. Universitas Binawan akan berusaha menghasilkan lulusan yang berdaya saing Internasional, dalam lingkungan kegiatan Digital yang mengutamakan Teknologi Informasi dan menjunjung tinggi Akhlak Mulia yang dapat dilihat dari segenap insan Kampus yang Jujur, Disiplin, Professional, dan Bersih.
Selamat Belajar

Dosen Pengampu, Puspitasari Nurul D.P, S.Tr.Sos, Sp.P.S.P.D

Gilang Susalit, S. ST., MPS. Sp
(Silahkan hubungi saya jika terdapat kendala atau konsultasi terkait mata kuliah pada hari kerja Senin-Jumat pukul 09.00 -17.00 WIB melalui WhatsApp/Phone 089698914202 atau E-mail puspitasari.nurul@binawan.ac.id)

Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Wajib dengan bobot 2 SKS yang terbagi menjadi 14 Topik. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang terpilih dalam pelaksanaan hibah program pembelajaran daring kolaboratif antara Universitas Binawan Jakarta dengan STIKS Tamanlarea Makassar.Perkuliahan ini memberlakukannya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan student center learning atau pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Dalam pembelajaran ini juga diberlakukannya pembelajaran lapangan (field teaching) melalui penugasan lapangan. Pendekatan ini digunakan agar mahasiswa mampu untuk aktif mencari, menganalisis secara faktual, membahas, mempresentasikan dan memperoleh capaian yang diharapkan.
Mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran akan diberikan pengetahuan, keterampilan, dan nilai yang mendasari setting Pekerjaan Sosial di Rumah Sakit
Jadwal Mata Kuliah, hari Kamis, Pukul 13.00 s.d 14.40 WIB
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dalam mata kuliah ini adalah :
|
CPMK 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dan konteks terkait Praktik Pekerjaan Sosial di Rumah Sakit. |
|
CPMK 2 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan pengetahuan terkait Praktik Pekerjaan Sosial di Rumah Sakit. |
|
CPMK 3 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan terkait Praktik Pekerjaan Sosial di Rumah Sakit. |
|
CPMK 4 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan nilai terkait Praktik Pekerjaan Sosial di Rumah Sakit. |
|
CPMK 5 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis serta studi kasus terkait Praktik Pekerjaan Sosial di Rumah Sakit. |
|
S6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
|
P5 |
Menguasai Prinsip Etika Profesi dan Kode Etik Ilmu Kesejahteraan Sosial Indonesia |
|
P7 |
Menguasai metode pekerjaan sosial untuk menangani masalah kesejahteraan sosial secara praksis |
|
KK4 |
Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi terkini untuk melakukan identifikasi dan intervensi masalah kesejahteraan sosial. |
|
KU6 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
Hubungan CPL dan CPMK Program Studi
|
CPMK |
CPL |
|
||||
|
S6 |
P5 |
P7 |
KK4 |
KU6 |
||
|
1 |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
|
2 |
|
|
√ |
|
|
|
|
3 |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
|
|
4 |
|
√ |
|
|
|
|
|
5 |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
|
Penentuan Huruf Mutu (Komponen Penilaian)
Setiap ujian/evaluasi akan direpresentasikan dalam nilai riil (0 – 100). Dalam menentukan nilai akhir akan digunakan pembobotan sebagai berikut:
CPMK 1 : 15 %
CPMK 2 : 20 %
CPMK 3 : 15 %
CPMK 4 : 50 %
Skala penilaian (huruf mutu) akan digunakan dua kemungkinan yaitu
|
TINGKAT PENGUASAAN (%) |
HURUF |
ANGKA |
KETERANGAN |
|
80 – 100 |
A |
4,00 |
Sangat Baik |
|
70 – 79,99 |
B |
3,00 |
Baik |
|
60 – 69,99 |
C |
2,00 |
Cukup |
|
55 – 59,99 |
D |
1,00 |
Kurang |
|
0 – 54,99 |
E |
0 |
Tidak Lulus |
Metode sebaran peluang dari sekelompok nilai (nilai kelas)
Pemilihan metode yang akan digunakan akan memperlihatkan kondisi nilai riil yang ada.
Bahan Bacaan
Barker, Robert L. 1987. The Social Work Dictionary. New York: NASW Press
Bracht, Neil F. 1978. Social Work In Health Care : A Guide to Professional Practice. New York : The Haworth Press.
Dubois & Miley, 1992, Social Work : An Empowering Proffession, Boston: Allyn & Bacon.
Friedlander, Walter A. 1977. Concepts and Methods of Social Work. New Delhi : Prentice-Hal of India Private Limited.
Joan Beder. Hospital Social Work The Interface Of Medicine and Caring. New York : Routledge Taylor and Francis Group.
NASW Center For Workforce Studies and Social Work Practice. 2011. Social Workers in Hospitals and Medical Centers: Occupational Profile
Nuryana, Mu’man. 2000. Pekerjaan Sosial Medik di Rumah Sakit. Bandung : STKS Press.
Siporin, Max (1975). Introduction to Sosial Work Practice. New York: MacMillan.
Skidmore, Thackeray, & Farley. 1994. Introduction to Social Work. UK: Prentice Hall.
Whitaker, T. , Weismiller, T., Clark, E., & Wilson, M. (2006). Assuring the Sufficiency of a Front Line Workforce: A National Study of Licensed Social Workers. Special Report: Social Work Services in Health Care Settings. Washington DC. National Association of Social Workers.
Zastrow, Charles. 1982. Introduction To Social Welfare Institutions : Social Problems, Services, and Currens Issues. Third Edition. Homewood: The Dorsey Press.
Reference Pendukung
Artikel Jurnal Ilmiah yang sesuai dengan topik dalam mata kuliah
Silahkan kemukakan harapan anda
Grup ini dibuat untuk memudahkan alur komunikasi dan informasi antara dosen dan mahasiswa. Silahkan klik link tersebut untuk bergabung ke dalam grup mata kuliah
Silahkan dipelajari Tata Tertib dan Ketentuan Perkuliahan berikut ini, demi terselenggarakannya kegiatan perkuliahan dengan lancar
Silahkan kemukakan pendapat anda. Hasil kesepakatan ini akan dijadikan acuan dalam kegiatan pembelajaran sampai akhir perkuliahan
Silahkan dipelajari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berikut ini sebagai acuan penyelenggaraan perkuliahan
Silahkan pelajari PPT Pengawalan Mata Kuliah berikut yang terdiri dari :
1. Sumber/Referensi Perkuliahan
2. Overview Pekerjaan Sosial di Rumah SakitSilahkan pelajari materi berikut ini
Silahkan tonton ulang hasil rekaman zoom pada topik ini sebagai pemahaman kembali materi yang telah dipaparkan
Silahkan pelajari materi berikut ini
Silahkan pelajari materi berikut ini
Silahkan tonton video berikut ini
Silahkan kemukakan pendapat anda
Silahkan tonton ulang hasil rekaman zoom pada topik ini sebagai pemahaman kembali materi yang telah dipaparkan
Silahkan tonton video pembelajaran pada topik berikut ini sebagai lanjutan materi yang telah dipaparkan sebelumnya
Silahkan pelajari PPT dalam topik berikut ini
Silahkan tonton video pembelajaran pada topik berikut ini
Diskusi aktif antara dosen dan mahasiswa
Silahkan ajukan pertanyaan maupun pemahaman dalam pembelajaran pada topik ini. Acitivity ini akan terceklis jika mahasiswa telah post forum atau menanggi forum yang telah dibuat oleh rekannya
Silahkan pelajari PPT dalam topik berikut ini
Silahkan kaji materi berikut ini
Silahkan kaji materi berikut ini
Silahkan tonton ulang hasil rekaman zoom pada topik ini sebagai pemahaman kembali materi yang telah dipaparkan
Silahkan pelajari PPT dalam topik berikut ini
Silahkan pelajari materi berikut ini
Silahkan tonton ulang hasil rekaman zoom pada topik ini sebagai pemahaman kembali materi yang telah dipaparkan
Silahkan baca soal berikut ini dengan saksama dan dikerjakan sesuai dengan instruksinya.
Silahkan Upload Tugas 2 disini dalam bentuk pdf, maksimal 02 November 2022 Pukul 23.59 WIB
Silahkan pelajari PPT dalam topik berikut ini
Silahkan pelajari PPT dalam topik berikut ini
Silahkan pelajari PPT dalam topik berikut ini
Silahkan pelajari PPT dalam topik berikut ini
Silahkan pelajari PPT dalam topik berikut ini
Silahkan pelajari materi berikut ini
Silahkan tonton ulang hasil rekaman zoom pada topik ini sebagai pemahaman kembali materi yang telah dipaparkan
Silahkan tonton ulang hasil rekaman zoom pada topik ini sebagai pemahaman kembali materi yang telah dipaparkan
Diskusi aktif antara dosen dan mahasiswa
Silahkan pelajari PPT dalam topik berikut ini
Silahkan tonton ulang hasil rekaman zoom pada topik ini sebagai pemahaman kembali materi yang telah dipaparkan
Silahkan baca soal berikut ini dengan saksama dan dikerjakan sesuai dengan instruksinya.
Silahkan unggah jawaban ujian disini, maksimal 17 November 2022 Pukul 13.00 - 14.40 WIB WIB
Silahkan tonton video pembelajaran berikut ini
Diskusi aktif antara dosen dan mahasiswa
Silahkan tonton video pembelajaran berikut ini
Diskusi aktif antara dosen dan mahasiswa