Topic outline
1. Pendahuluan
Assalamualaikum wr.wb
Perkenalkan nama saya Dr. Salma Samputri, M.pd.
selaku pengampu mata kuliah pengantar pendidikan Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian dengan memberi bekal kepada mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk melaksanakan tugas dengan wawasan pendidikan yang benar. Sajian mata kuliah ini meliputi teori pendidikan dan aspek-aspeknya.
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Selamat Datang Di MK Pengantar Pendidikan Ibu berharap Anak-anak ku semua dalam Keadaan Sehat, Aamiin..aamiin YRA ^_^
Pada Pertemuan Pertama ini kita akan membahas mengenai Kontrak Perkuliahan kita selama 1 semester kedepan, diatas ibu lampirkan Kontrak Perkuliahan dan RPS MK Pengantar Pendidikan, Silahkan kalian baca dengan seksama dan bila ada masukan/saran silahkan isi dalam forum chat dibawa ini ^_^
Salam Sehat dan Semangat Belajar yah Semuaa :*
- Jangan Lupa RPS ini juga dibaca ya ^_^
2. Hakikat Manusia dan Pengembangannya
Mahasiswa mampu mendeskripsikan hakikat manusia dan pengembangannya menurut Umar Tirtaraharja dan S.L Lasulo.
Pustaka : Umar Tirtaraharja dan S. L. Lasulo. 1995. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta (B1)
Silahkan Mahasiswa mengakses forum berikut untuk berdiskusi!
- Aktivitas Pembelajaran
https://youtu.be/HfRBEdZmtm8
Penerapan - Reflexi - Penguatan
Tugas Akhir
- Anak-anakku mahasiswa, sebagaimana dikatakan Edgar dale bahwa belajar yang paling menetap lebih lama adalah apabila belajar sambil melakukan. Marilah kita berlatih bersama untuk mengerjakan tugas pembelajaran sebagai berikut;
3. Mind Mapping bisa dibuat secara manual, atau dibuat dengan aplikasi (serch di google cara membuat mind mapping)
4. Pengumpulan tugas, 1 hari sebelum pertemuan selanjutnya
5. Tutorial Mind Mapping
https://youtu.be/sCDh-pcEXfo
3. Pohon Ilmu Pendidikan
Mampu Mendeskripsikan Pohon Ilmu Pendidikan
Pustaka : Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 1. Ilmu Pendidikan Teoretis. Bandung: Imtima PT Imperial Bhakti Utama
- Aktivitas Pembelajaran
Penerapan - Reflexi - Penguatan
Tugas Akhir
Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut di rumah dalam bentuk paper!!
Melalui kegiatan belajar-mengajar, para siswa akhirnya menguasai konsep tentang toleransi dan bersikap toleran terhadap orang lain yang berbeda keyakinan agama dengannya. Ini adalah contoh bahwa siswa (manusia) dapat didik. Jelaskan lima asas yang menjadi landasan antropologisnya!
Petunjuk Jawaban Latihan Untuk menjawab persoalan di atas, Anda perlu mengingat kembali konsep-konsep hakikat manusia dan menganalisisnya dengan menggunakan model implikasi (jika-maka) terhadap kemungkinan pendidikan.
Note: Unggahan paling lambat H-1 sebelum pertemuan selanjutnya
4. Hakikat, Tujuan dan Unsur Pokok Pendidikan
Mahasiswa mampu menganalisis hakikat, tujuan dan unsur-unsur Pendidikan menurut Umar Tirtahardja dalam buku pengantar Pendidikan.
Pengertian dan unsur-unsur pendidikan
- Pengertian pendidikan
- Unsur-unsur Pendidikan
- Pendidikan sebagai sistem
- Aktivitas Pembelajaran
Kegiatan ini merupakan aktivitas pembelajaran mandiri, jadi ibu harap agar anda membaca materi ini dengan seksama sampai tuntas, Rekaman waktu aktivitas membaca online anda terekam pada sistem LMS
Penerapan - Reflexi - Penguatan
Tugas Akhir
5. Landasan Pendidikan
Mahasiswa mampu menelaah landasan pendidikan.
Landasan pendidikan:
- Landasan filosofis (esensialis, perenialisme, pragmatisme, progresifisme, rekonstruksionisme, behaviorisme)
- Landasan sosiologis
- Landasan cultural
- Landasan psikologis
- Landasan ilmiah dan teknologi
- Landasan hukum dan konstitusional
- Aktivitas Pembelajaran
Penerapan - Reflexi - Penguatan
6. Asas-Asas Pendidikan
Mahasiswa mampu menelaah asas-asas pendidikan.
Asas-asas pokok pendidikan Indonesia:
- Asas tut wuri handayani
- Asas belajar sepanjang waktu
- Asas kemandirian dalam belajar.
Aktivitas Pembelajaran
Penerapan - Reflexi - Penguatan
7. Aliran-Aliran Pendidikan
Mahasiswa mampu mengklasifikasikan aliran-aliran pendidikan.
Aliran-aliran pendidikan:
- Empirisme
- Nativisme
- Konvergensi
- Naturalisme
Aktivitas Pembelajaran
Penerapan - Reflexi - Penguatan
Evaluasi Tengah Semester
UJIAN TENGAH SEMESTER
PERTEMUAN 9; LINGKUNGAN PENDIDIKAN
Aktivitas Pembelajaran
Assalamualaikum wr.wb selamat pagi dan salam sehat untuk kita semua, alhamdulillah kita sudah masuk pada bagian kedua perkuliahan pada semester ini, nah pada pertemuan 9 ini kalian diharapkan membaca secara mandiri dan mendiskusikan dengan teman-teman terkait materi perkuliahan, kehadihan kalian ibu nilai dari jejak keaktifan kalian pada forum diskusi (yang tidak ada aktif berdiskusi artinya tidak hadir pada perkuliahan)
Nah selanjutnya pada pertemuan 10-15 teman-teman diharuskan membuat kelompok yang diakomodir oleh ketua tingkat ya, tolong dibagi menjadi 6 kelompok, kemudian masing-masing kelompok bertanggung jawab atas topik yang dibagikan mulai dari pertemuan 10 sampai 15 (menjawab semua pertanyaan yang masuk)
PERTEMUAN 10; KONSEP PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT
Aktivitas Pembelajaran
PERTEMUAN 11; SEJARAH PENDIDIKAN DI INDONESIA
Aktivitas Pembelajaran
https://youtu.be/7-48V95OGWM
https://youtu.be/O-TNG2FQaw4
PERTEMUAN 12; PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL
Aktivitas Pembelajaran
https://youtu.be/RtTvpDzKK94
PERTEMUAN 13; PERMASALAHAN PENDIDIKAN DAN PEMECAHANNYA
Aktivitas Pembelajaran
Saksikan video ini sebelum melangkah pada forum diskusi
PERTEMUAN 14; GAGASAN & INOVASI PENDIDIKAN PART 1
Aktivitas Pembelajaran
PERTEMUAN 15; GAGASAN & INOVASI PENDIDIKAN PART 2
Aktivitas Pembelajaran
PERTEMUAN 16; UJIAN AKHIR SEMESTER
Pilih salah satu topik dari materi yang telah dipelajari di aplikasi syam-ok (MK Pengantar Pendidikan) kemuadian buatkan peta konsep (peta pikiran), bisa dibuat secara manual maupun melalui aplikasi, batas waktu pengumpulan tgl 10 Desember jam 4 sore