Ringkasan topik

  • Geometri Bidang dan Ruang

    Dosen Pengampu

      Nama : MERIA ULTRA GUSTETI, M. Pd
    Email: meria.ug@adzkia.ac.id

    Mata Kuliah   :   Geometri Bidang dan Ruang
    Kode   :   MAT009
    Program Studi   :   S1 Pendidikan Matematika
    Perguruan Tinggi   :   Universitas Adzkia

    Deskripsi Matakuliah :
    Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa terhadap pemahaman mendalam mengenai konsep Geometri Bidang dan Ruang. Mata kuliah ini membahas undefined terms dalam geometri; geometri bidang yang meliputi garis-garis dan bidang-bidang yang sejajar, segitiga kongruen dan sebangun, lingkaran, lukisan dan tempat kedudukan, dan luas bangun datar; serta geometri ruang yang meliputi luas dan volume bangun ruang. Selanjutnya, juga membahas lukisan dalam ruang, titik tembus garis dan bidang, sudut, dan jarak dalam ruang.

    Di dalam LMS Spada ini, setiap pertemuan dilengkapi dengan berbagai materi dan aktivitas yang dirancang untuk mendukung proses pembelajaran. Komponen-komponen yang tersedia adalah sebagai berikut:

    1. Infografis – Materi visual untuk memudahkan pemahaman konsep inti.
    2. E-Modul – Bahan bacaan digital yang mendalami topik pertemuan.
    3. Video Pembelajaran – Video yang disertai dengan pertanyaan yang harus teman-teman jawab untuk memastikan pemahaman materi.
    4. Kuis – Latihan singkat untuk menguji pemahaman setelah mempelajari materi.
    5. Forum Diskusi – Wadah untuk berdiskusi dengan dosen dan teman-teman terkait topik yang dibahas.

     

    Silahkan saksikan video pembukaan berikut ini!


  • Portofolio Mahasiswa

    cover portofoio

    bobotnilai

    Welcom To Trello Board

    Portofolio mahasiswa dikelola melalui Trello. Di sini, setiap mahasiswa diharapkan melaporkan aktivitasnya setiap pertemuan secara rutin. Pastikan untuk memperbarui laporan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

    Embedded Trello Board



    • Pertemuan Ke 1 : Undefined Term & Angle

      Assalamualaikum ww...Selamat datang di perkuliahan Geometri. Ibu sangat senang bisa bersama rekan-rekan mahasiswa di perjalanan yang menakjubkan ini. Ibu akan menjadi membimbing ananda dalam mengeksplorasi dunia bentuk, ruang, dan pola.

      Geometri bukan hanya tentang bentuk dan ukuran, tetapi juga tentang bagaimana kita memahami dan menggambarkan dunia di sekitar kita. Dari arsitektur megah hingga desain modern, dari pola di alam hingga teknologi canggih, geometri ada di mana-mana.

      Di setiap pertemuan, kita akan mempelajari konsep-konsep dasar dan lanjutan geometri. Kita akan memecahkan masalah, melakukan eksperimen, dan bahkan membuat proyek yang menarik. Tujuannya adalah bukan hanya memahami teori, tetapi juga mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

      Saya yakin, dengan semangat dan dedikasi, kita semua bisa menjadi ahli dalam geometri. Jadi, siapkan dirimu untuk perjalanan intelektual yang menantang dan menyenangkan ini. Mari kita mulai kelas pertama kita dengan penuh antusias.

      Semangat senyum

      1. Menjelaskan istilah yang tidak terdefinisi (titik, garis, dan bidang) serta jenis-jenis sudut dan ukurannya
      2. Mengidentifikasi sudut-sudut yang terbentuk ketika dua garis dipotong oleh sebuah garis transversal 

      Pada sesi ini, kita akan membahas dasar-dasar geometri, yaitu istilah yang tidak terdefinisi seperti titik, garis, dan bidang. Selain itu, kita juga akan belajar tentang jenis-jenis sudut dan ukurannya, serta bagaimana mengidentifikasi sudut-sudut yang terbentuk ketika dua garis dipotong oleh sebuah garis transversal.

      Ini adalah fondasi penting dalam geometri yang akan membantu ananda memahami konsep-konsep lebih lanjut. Ibu berharap ananda sudah siap untuk memulai pembelajaran ini dengan semangat.

      Mari kita mulai perjalanan geometri kita!

    • Pertemuan ke 2 : Dalil dan teorema garis-garis sejajar serta sifat-sifat garis sejajar dalam poligon.

      Membuktikan dan menggunakan dalil-dalil serta teorema-teorema tentang garis-garis sejajar dan sifat-sifatnya dalam poligon 

      Assalamualaikum ww,

      Selamat datang kembali di pertemuan kedua kita di LMS! Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas topik yang sangat menarik dan penting, yaitu dalil-dalil serta teorema-teorema tentang garis-garis sejajar dan sifat-sifatnya dalam poligon.

      Coba bayangkan ketika ananda melihat sebuah bangunan atau desain arsitektur yang memiliki garis-garis lurus dan simetris—seringkali prinsip geometri ini diterapkan di kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari. Nah, di pertemuan ini kita akan mengeksplorasi bagaimana teorema tentang garis-garis sejajar bisa membantu kita memahami berbagai bentuk poligon dan aplikasinya.

      Ibu berharap ananda sudah mempelajari materi yang telah Ibu unggah di SPADA sebelum pertemuan ini, karena kita akan langsung melanjutkan dengan latihan dan pembuktian teorema. Ibu juga mengajak ananda untuk berpartisipasi aktif dengan mengerjakan latihan yang sudah Ibu siapkan dan berdiskusi di forum kelas. Yuk, kita buktikan bersama bagaimana teorema ini bekerja!

      Siapkah ananda? Ayo kita mulai belajar dengan semangat!

      Silahkan baca E-Modul berikut !

    • Pertemuan ke 3 : Kekongruenan dan kesebangunan segitiga serta garis-garis istimewa pada segitiga.

      1. Menggunakan sifat-sifat kekongruenan dan kesebangunan segitiga
      2. Membuktikan teorema tentang garis-garis istimewa pada segitiga dalam menyelesaikan masalah geometris 

      Assalamualaikum ww, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan ketiga! Hari ini kita akan melanjutkan perjalanan belajar dengan topik yang sangat menarik, yaitu menggunakan sifat-sifat kekongruenan dan kesebangunan segitiga, serta membuktikan teorema-teorema tentang garis-garis istimewa pada segitiga.

      Materi kali ini akan sangat bermanfaat bagi ananda dalam menyelesaikan berbagai masalah geometris, terutama yang berkaitan dengan segitiga. Ibu berharap ananda sudah mempelajari materi yang telah disediakan di SPADA, karena kita akan langsung menerapkannya dalam latihan dan diskusi.

      Partisipasi aktif ananda sangat diharapkan dalam setiap latihan dan diskusi yang sudah disiapkan. Yuk, kita belajar bersama untuk memahami teorema-teorema ini dengan baik!

      Siap untuk melangkah lebih jauh? Ayo kita mulai!

      Silahkan baca E-Modul berikut ini !

    • Pertemuan ke 4 : Luas dan keliling bentuk-bentuk geometri datar.

      Menemukan dan menghitung luas serta keliling berbagai bentuk geometri datar seperti segiempat, segitiga, segi banyak beraturan, dan lingkaran dengan tepat 

      Assalamualaikum ww, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan keempat kita di LMS! Pada pertemuan kali ini, kita akan fokus pada menemukan dan menghitung luas serta keliling berbagai bentuk geometri datar, seperti segiempat, segitiga, segi banyak beraturan, dan lingkaran dengan tepat.

      Ibu berharap ananda sudah mempelajari materi di SPADA, karena kita akan langsung berlatih menghitung luas dan keliling dari bentuk-bentuk tersebut. Kemampuan ini sangat penting, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam memahami konsep-konsep geometri yang lebih kompleks.

      Mari aktif dalam diskusi dan latihan yang sudah Ibu siapkan. Siapkah ananda untuk mengasah kemampuan berhitung dan memecahkan masalah geometri? Ayo kita mulai belajar dengan semangat!


      Silahkan Baca E-Modul Berikut !

    • Pertemuan ke 5 : Teorema garis singgung, jari-jari lingkaran, busur, dan sudut pusat lingkaran.

      Menggunakan teorema tentang hubungan garis singgung, jari-jari lingkaran, busur, dan sudut pusat lingkaran dalam menyelesaikan masalah geometris 

      Assalamualaikum ww, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan kelima kita di LMS! Pada pertemuan ini, kita akan membahas teorema-teorema tentang hubungan garis singgung, jari-jari lingkaran, busur, dan sudut pusat lingkaran, serta bagaimana menerapkannya untuk menyelesaikan masalah-masalah geometris.

      Ibu berharap ananda sudah mempelajari materi di SPADA, karena pemahaman tentang konsep-konsep ini akan membantu ananda dalam menganalisis dan memecahkan berbagai persoalan geometri yang melibatkan lingkaran. Ibu juga sudah menyiapkan latihan untuk memantapkan pemahaman ananda.

      Jadi, mari aktif berdiskusi dan mengerjakan soal-soal yang ada. Siap untuk tantangan berikutnya? Ayo kita mulai!

      Silahkan baca E-Modul berikut ! 

    • Pertemuan ke 6 : Teorema tali busur pada lingkaran.

      Menggunakan teorema tentang tali busur pada lingkaran dan mengintegrasikan konsep tersebut dalam solusi yang lebih kompleks 

      Assalamualaikum, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan keenam kita di LMS! Pada kesempatan ini, kita akan membahas teorema tentang tali busur pada lingkaran dan bagaimana mengintegrasikan konsep ini dalam penyelesaian masalah geometri yang lebih kompleks.

      Ibu berharap ananda sudah mempelajari materi di SPADA, karena kita akan langsung menerapkannya dalam latihan soal yang lebih menantang. Pemahaman tentang tali busur akan membantu ananda menguasai geometri lingkaran secara lebih mendalam.

      Mari kita mulai dengan semangat, aktif dalam diskusi, dan siapkan diri untuk memecahkan berbagai masalah geometris dengan konsep yang lebih kompleks ini. Ayo kita belajar bersama!

    • Pertemuan ke 7 : Lukisan geometri datar dan ruang, serta konsep tempat kedudukan.

      Melukis dasar geometri datar dan ruang, serta menggunakan konsep tempat kedudukan dalam penyelesaian masalah geometri 

      Assalamualaikum ww, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan ketujuh! Kali ini, kita akan mempelajari melukis dasar geometri datar dan ruang, serta menggunakan konsep tempat kedudukan dalam penyelesaian masalah geometri. Untuk membuat pembelajaran lebih interaktif, kita akan menggunakan GeoGebra dan fitur GeoGebra Augmented Reality. Silahkan kunjungi web Geogebra di link https://www.geogebra.org/classic. Untuk pengenalan dasar Geogebra bisa diakses di link https://youtu.be/oLS7XS8ejsA

      Dengan bantuan teknologi ini, ananda akan bisa memvisualisasikan dan melukis bentuk-bentuk geometris dalam ruang secara lebih nyata. Ibu berharap ananda sudah mempelajari materi di SPADA dan siap untuk mencoba aplikasi ini dalam menyelesaikan soal-soal yang lebih menantang.

      Mari kita aktif terlibat dalam latihan dan eksplorasi GeoGebra. Siapkah ananda untuk memanfaatkan teknologi dalam belajar geometri? Ayo kita mulai!

    • Pertemuan ke 8 : Ujian Tengah Semester

      Menggunakan konsep Geometri Bidang dalam penyelesaian masalah  

      Assalamualaikum ww, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan kedelapan kita yang akan menjadi UTS! Pada ujian kali ini, kita akan menguji pemahaman ananda tentang konsep Geometri Bidang dalam penyelesaian masalah.

      Pastikan ananda sudah mempersiapkan diri dengan baik, karena soal-soal yang disajikan akan mengukur sejauh mana ananda bisa menerapkan konsep-konsep geometri yang telah kita pelajari dalam pertemuan sebelumnya. Ibu percaya ananda bisa mengerjakan UTS ini dengan maksimal.

      Semoga lancar dan tetap semangat! Ayo kita mulai ujian dengan tenang dan fokus.

      Tugas Proyek 

      Judul: Pembuktian Teorema Geometri

      Tujuan:

      • Melatih kemampuan mahasiswa dalam memahami dan membuktikan teorema geometri bidang secara mandiri.
      • Mengembangkan keterampilan analitis dan logika mahasiswa dalam penyelesaian masalah geometri.

      Instruksi:

      1. Pilih salah satu teorema yang menarik bagi Ananda dari daftar di bawah atau pilih teorema lain yang relevan dengan Geometri Bidang (sebelumnya harus disetujui oleh dosen):

        • Teorema Pythagoras
        • Teorema Segitiga Sama Kaki
        • Teorema Sudut Berlawanan pada Lingkaran
        • Teorema Garis Sejajar dan Sudut dalam Segitiga
        • Teorema Talus (Thales)
        • Teorema Ceva
        • Teorema Menelaus
      2. Tulis laporan proyek yang mencakup hal-hal berikut:

        • Pendahuluan: Jelaskan latar belakang dan pentingnya teorema yang dipilih.
        • Pernyataan Teorema: Tuliskan pernyataan teorema secara formal dan jelas.
        • Pembuktian Teorema: Lakukan pembuktian secara detail dengan menggunakan pendekatan logis. Ananda boleh menggunakan metode aljabar, geometri, atau metode lain yang relevan.
        • Contoh Aplikasi: Berikan minimal satu contoh soal yang relevan dengan teorema tersebut, lalu selesaikan dan jelaskan bagaimana teorema tersebut diaplikasikan dalam soal.
        • Kesimpulan: Ringkas hasil pembuktian dan refleksi pribadi tentang proses memahami dan membuktikan teorema tersebut.
      3. Presentasi: Setiap mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil proyek mereka. Ananda diharapkan dapat menjelaskan pembuktian yang telah Ananda kerjakan dan menjawab pertanyaan dari dosen maupun teman-teman.

      Kriteria Penilaian:

      • Keakuratan Pembuktian (40%): Pembuktian harus lengkap, tepat, dan logis.
      • Kejelasan Penjelasan (30%): Laporan dan presentasi harus disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami.
      • Originalitas dan Kreativitas (20%): Pendekatan yang kreatif dalam pembuktian dan penyelesaian soal akan mendapatkan poin tambahan.
      • Presentasi (10%): Kemampuan menjelaskan teorema dan menjawab pertanyaan saat presentasi.

       

    • Pertemuan ke 9 : Irisan bidang dengan bangun ruang dan titik tembus garis pada bangun ruang.

      Melukis irisan bidang dengan bangun ruang serta menentukan titik tembus garis pada bangun ruang dengan teknik yang benar 

      Assalamualaikum ww, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan kesembilan kita! Pada sesi ini, kita akan mempelajari melukis irisan bidang dengan bangun ruang serta menentukan titik tembus garis pada bangun ruang dengan teknik yang benar. Untuk membantu visualisasi dan pemahaman, kita akan menggunakan GeoGebra Augmented Reality.

      Dengan bantuan teknologi ini, ananda akan dapat melihat dan memanipulasi bangun ruang dalam bentuk 3D secara lebih nyata, sehingga memudahkan untuk memahami bagaimana irisan dan titik tembus terjadi. Ibu berharap ananda sudah mempelajari materi di SPADA dan siap mempraktikkan konsep-konsep ini.

      Mari kita gunakan GeoGebra AR dengan maksimal dan aktif berdiskusi selama latihan. Siap untuk eksplorasi geometri ruang dengan teknologi? Yuk, kita mulai!

      Silahkan Baca E-Modul Praktikum berikut !

    • Pertemuan ke 10 : Sudut dalam bangun ruang

      Menentukan sudut dalam bangun ruang, seperti antara dua garis atau antara garis dan bidang dengan menggunakan metode yang benar 

      Assalamualaikum ww, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan kesepuluh kita! Pada sesi ini, kita akan mempelajari cara menentukan sudut dalam bangun ruang, baik itu sudut antara dua garis maupun antara garis dan bidang, dengan menggunakan metode yang tepat. Agar pembelajaran lebih menarik dan interaktif, kita akan menggunakan GeoGebra Augmented Reality.

      Dengan memanfaatkan GeoGebra AR, ananda akan bisa melihat secara visual bagaimana sudut-sudut tersebut terbentuk dalam ruang tiga dimensi, sehingga memudahkan pemahaman dan perhitungan. Ibu berharap ananda sudah siap untuk mencoba latihan dan eksplorasi konsep ini secara langsung.

      Mari kita manfaatkan teknologi ini sebaik mungkin dan temukan cara baru dalam memahami geometri ruang. Siap untuk berlatih dan mengasah kemampuan? Yuk, kita mulai!

    • Pertemuan ke 11 : Jarak dalam bangun ruang.

      Menentukan jarak dari titik ke garis, titik ke bidang, serta antara dua garis dan antara dua bidang pada bangun ruang dengan akurasi tinggi

      Assalamualaikum ww, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan kesebelas kita! Kali ini, kita akan fokus pada menentukan jarak dari titik ke garis, titik ke bidang, serta antara dua garis dan dua bidang pada bangun ruang dengan tingkat akurasi yang tinggi. Untuk memperkuat pemahaman dan memastikan akurasi, kita akan membandingkan hasil perhitungan manual kita dengan visualisasi menggunakan GeoGebra Augmented Reality.

      Dengan bantuan GeoGebra AR, ananda akan bisa melihat secara nyata bagaimana jarak-jarak tersebut diukur dalam ruang tiga dimensi, sehingga memudahkan dalam memahami konsep ini. Ibu berharap ananda sudah siap untuk latihan dan membandingkan hasil perhitungan dengan teknologi AR ini.

      Mari kita berlatih bersama, temukan perbedaan, dan tingkatkan kemampuan ananda dalam menyelesaikan masalah geometri ruang. Siap untuk tantangan berikutnya? Yuk, kita mulai!


    • Pertemuan ke 12 : Luas dan volume prisma atau limas.

      Menghitung luas dan volume prisma atau limas dengan tepat serta menerapkan konsep tersebut dalam penyelesaian masalah 

      Assalamualaikum ww, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan kedua belas kita! Pada sesi ini, kita akan mempelajari cara menghitung luas dan volume prisma atau limas dengan tepat, serta bagaimana menerapkan konsep tersebut dalam penyelesaian masalah. Untuk memperkuat pemahaman dan memastikan akurasi, kita akan membandingkan hasil perhitungan manual kita dengan visualisasi menggunakan GeoGebra Augmented Reality.

      Dengan bantuan GeoGebra AR, ananda dapat melihat visualisasi bangun ruang secara lebih nyata, sehingga akan lebih mudah memahami cara menghitung luas dan volume dengan benar. Ibu berharap ananda sudah siap untuk berlatih dan melakukan perbandingan hasil perhitungan ini dengan teknologi AR.

      Siap untuk mengeksplorasi konsep ini dengan bantuan teknologi? Mari kita mulai dan belajar bersama!

      Silahkan Baca E-Modul berikut !

      Silahkan Download Aplikasi Augmented Reality dengan menekan gambar yang sesuai.

      imgKubusArimgBalokAr 

      imgLimasArimgPrismaAR

    • Pertemuan ke 13 : Luas dan volume tabung, kerucut, dan bola.

      Menghitung luas dan volume tabung, kerucut, dan bola dengan tepat serta menggunakannya dalam konteks aplikasi nyata 

      Assalamualaikum ww, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan ketiga belas kita! Kali ini, kita akan mempelajari cara menghitung luas dan volume tabung, kerucut, serta bola dengan tepat, dan bagaimana menerapkan konsep-konsep tersebut dalam konteks aplikasi nyata.

      Ibu berharap ananda sudah siap untuk menghitung dan menerapkan konsep-konsep ini dalam berbagai masalah praktis. Kita juga akan menggunakan GeoGebra AR untuk membantu memvisualisasikan bentuk-bentuk tersebut dan memastikan akurasi perhitungan.

      Mari kita mulai dengan semangat, dan jangan ragu untuk berdiskusi serta berlatih bersama!

      Silahkan download aplikasi Augmented Reality dengan menekan gambar yang sesuai !

      imgTabungAR

      imgKerucutAR imgBolaAR

    • Pertemuan ke 14 : Penyelesaian masalah luas dan volume bangun ruang secara komprehensif.

      Memecahkan masalah yang berhubungan dengan luas dan volume bangun ruang secara komprehensif dan mengintegrasikan hasil tersebut dalam konteks praktis 

      Assalamualaikum ww, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan keempat belas kita! Pada sesi ini, kita akan memecahkan masalah yang berhubungan dengan luas dan volume bangun ruang secara komprehensif, serta mengintegrasikan hasil-hasil tersebut dalam konteks praktis.

      Ibu berharap ananda siap untuk menerapkan semua konsep yang telah kita pelajari sejauh ini dalam menyelesaikan masalah nyata. Dengan pemahaman yang mendalam, kita akan mampu mengaitkan hasil perhitungan luas dan volume dengan aplikasi dunia nyata.

      Mari kita fokus, berdiskusi, dan bekerja sama untuk menyelesaikan masalah ini secara menyeluruh. Siap untuk tantangan selanjutnya? Ayo kita mulai!

    • Pertemuan ke 15 : Integrasi konsep geometri datar dan ruang.

      Merangkum dan menerapkan semua konsep geometri datar dan ruang dalam penyelesaian masalah kompleks 

      Assalamualaikum ww, Ananda,

      Selamat datang di pertemuan kelima belas kita! Pada sesi ini, kita akan merangkum dan menerapkan semua konsep geometri datar dan ruang yang telah kita pelajari, untuk menyelesaikan masalah-masalah yang lebih kompleks.

      Ini adalah kesempatan bagi ananda untuk mengintegrasikan pemahaman dari seluruh materi yang telah dipelajari, baik dalam menghitung luas, volume, sudut, maupun dalam menyelesaikan berbagai persoalan geometris. Ibu berharap ananda siap menghadapi tantangan ini dan mampu memecahkan masalah dengan pendekatan yang lebih menyeluruh.

      Mari kita hadapi bersama dan terus semangat dalam belajar! Ayo kita mulai!

    • Pertemuan ke 16 : Ujian Akhir Semester

      Menerapkan konsep Geometri dalam penyelesaian masalah nyata.

      Salam semangat, Mahasiswa yang terhormat!

      Selamat datang di UAS mata kuliah Geometri Bidang dan Ruang. Kali ini, Ananda akan menerapkan konsep Geometri untuk menyelesaikan masalah nyata. Selain itu, kita akan bekerja pada Tugas Proyek Pembelajaran yang menantang dan inspiratif.

      Deskripsi Tugas: Ananda akan bekerja dalam kelompok untuk mengembangkan sebuah video pembelajaran yang menyajikan konsep geometri, baik bidang maupun ruang, dengan aplikasi nyata yang relevan dan menarik. Video ini diharapkan mampu mengedukasi sekaligus menginspirasi.

      Langkah-Langkah Tugas:

      1. Penelitian dan Investigasi: Lakukan penelitian mendalam mengenai konsep geometri yang Ananda pilih. Gali lebih jauh tentang bagaimana konsep tersebut bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata.

      2. Pengembangan Konsep: Buat konsep video yang tidak hanya informatif, tetapi juga menarik, dengan menggabungkan penjelasan teori dan aplikasi praktisnya.

      3. Produksi dan Inovasi: Manfaatkan GeoGebra dan GeoGebra AR untuk menciptakan visualisasi yang menarik. Tambahkan elemen interaktif seperti kuis atau simulasi, animasi gerakan tangan menulis, serta inovasi lainnya yang membuat video lebih dinamis.

      4. Presentasi dan Evaluasi: Ananda akan mempresentasikan video di forum dan menerima umpan balik dari teman-teman serta dosen. Siapkan diri untuk sesi tanya jawab yang mendalam.

      5. Revisi: Berdasarkan umpan balik, lakukan revisi pada video agar hasil akhirnya lebih sempurna.

      Mari kita berkreasi dan belajar bersama dengan penuh semangat. Ayo mulai proyek ini dengan antusiasme dan dedikasi penuh!