LMS-SPADA INDONESIA

![]() |
Nama : HIKMAH RUSDI Email: hyrusme07@umma.ac.id |
|
![]() |
Nama : NURHIDAYAH |
|
![]() |
Nama : SRI WAHYUNI |
|
| Mata Kuliah | : | Teknologi Digitalisasi Pendidikan |
| Kode | : | 12KPU712 |
| Program Studi | : | S1 Pendidikan Biologi |
| Perguruan Tinggi | : | Universitas Muslim Maros |

Halo teman-teman Mahasiswa......Pertemuan hari ini, kita akan membahas kontrak perkulihaan. Kontrak perkuliahan ini berfungsi sebagai panduan lengkap mengenai aturan, tugas, dan evaluasi selama semester berlangsung. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa seluruh mahasiswa memiliki pemahaman yang sama mengenai tanggung jawab masing-masing dan harapan yang ada.
Dengan adanya kontrak ini, diharapkan tercipta lingkungan belajar yang kondusif, di mana mahasiswa dapat berpartisipasi secara aktif dan mendapatkan pengalaman akademik yang optimal. Anda diminta untuk membaca dan memahami seluruh isi kontrak perkuliahan ini. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menanyakannya kepada dosen.
Terima kasih, dan semoga semester ini menjadi waktu yang produktif dan bermakna bagi kita semua.
Hormat Kami,
Dosen


Teman-teman mahasiswa dibaca dulu yuk informasi berikut ini......untuk mengetahui mengapa sih kita perlu mempelajari Teknologi Digitalisasi Pendidikan...?


Setelah kalian membaca kontrak kuliah dan pengantar pada mata kuliah ini, bagaimana menurut kalian terkait pelaksanaan mata kuliah TIK Pembelajaran ini?
Silakan tuliskan pada kolom Forum ini ya!!

Silahkan mengisi Daftar Hadir pada Pertemuan Hari ini. Jangan lupa yah Teman-teman Mahasiswa

Halo semuanya teman-teman mahasiswa, selamat datang kembali di pertemuan kedua perkuliahan kita. Saya senang melihat antusiasme dan semangat kalian di pertemuan sebelumnya. Hari ini, kita akan membahas topik yang sangat relevan dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini, yaitu Konsep Pembelajaran Digital.
Pembelajaran digital telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pendidikan modern. Tidak hanya sebagai alat bantu pengajaran, tetapi juga sebagai platform yang membuka peluang baru dalam cara kita belajar dan mengajar. Kita akan mengeksplorasi bagaimana teknologi telah mengubah lanskap pendidikan, mulai dari platform e-learning, penggunaan media sosial dalam pembelajaran, hingga adaptasi AI dalam dunia pendidikan.
Pertanyaannya adalah, bagaimana kita bisa memaksimalkan potensi dari pembelajaran digital ini? Apa kelebihan dan tantangan yang kita hadapi di era serba digital ini?
Dalam sesi hari ini, kita akan:
Pengalaman Anda dalam menggunakan teknologi akan menjadi masukan yang sangat berharga. Selain itu, jangan lupa bahwa pembelajaran digital bukan hanya soal teknologi, tapi juga tentang bagaimana kita merancang pengalaman belajar yang lebih inklusif dan efisien.
Saya sangat menantikan ide-ide kreatif dan pemikiran kritis dari kalian semua. Mari kita buat pertemuan hari ini interaktif dan penuh wawasan!
Selamat belajar dan sampai jumpa dalam diskusi!
Hormat Kami,
Dosen

Teman-teman mahasiswa.......untuk menambah pengetahuan teman-teman mahasiswa pada pertemuan hari ini. Silahkan mempelajari dengan baik dan serius materi yang telah tersediah. Selamat belajar yah...............Semangat teman-teman mahasiswa
![]() |
Modul 1: Konsep Pembelajaran Digital | |
|
|
||
|
|

Untuk mengukur kemampuan anda. Silahkan mengerjakan Quiz berikut. Quiz ini berisi 5 Nomor pilihan ganda yang harus diselesaikan dalam waktu 5 Menit. Anda memiliki 3 Kali kesempatan dan skor yang di ambil adalah skor tertinggi

Silahkan mengisi Daftar Hadir pada Pertemuan Hari ini. Jangan lupa yah Teman-teman Mahasiswa

Buatlah poster yang kreatif, informatif, dan menarik perhatian, Dengan topik: Konsep Dasar Pembelajaran Digital. Poster ini harus mampu menyampaikan informasi secara visual dan ringkas.

Halo semuanya temen-teman Mahasiswa. Selamat datang kembali di pertemuan Ketiga kita. Setelah di pertemuan sebelumnya kita membahas Konsep Pembelajaran Digital, kali ini kita akan menggali lebih dalam tentang Peran Teknologi Digital dalam Proses Belajar.
Pernahkah kalian berpikir bagaimana teknologi digital bukan hanya memudahkan akses informasi, tetapi juga merubah cara kita belajar? Dari penggunaan video pembelajaran, platform e-learning, hingga alat bantu kolaborasi online, teknologi telah menjadi elemen penting dalam mendukung proses belajar, baik formal maupun informal.
Hari ini, kita akan membahas beberapa poin penting:
Saya mendorong kalian semua untuk berbagi pengalaman pribadi tentang penggunaan teknologi dalam belajar, serta ide-ide inovatif yang mungkin bisa diterapkan di masa depan. Mari jadikan diskusi ini sebagai tempat untuk memperkaya wawasan kita tentang bagaimana teknologi bisa menjadi mitra dalam perjalanan belajar kita.
Selamat mengikuti pertemuan ini dan semoga diskusi kita hari ini penuh wawasan dan inspirasi!
Hormat Kami,
Dosen

Teman-Teman Mahasiswa......Silahkan pelajari materi ini

Setelah mempelajari materi pada hari ini, kita akan memulai diskusi yang santai tapi bermakna. Tujuannya adalah untuk berbagi ide, mendengar perspektif yang berbeda, dan memperluas pemahaman kita tentang topik yang akan kita bahas. Tidak ada jawaban yang salah, jadi jangan ragu untuk menyampaikan pendapat atau pertanyaan.
Mari saling mendengarkan dengan terbuka dan hormati pandangan masing-masing. Semoga diskusi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Ayo kita mulai!

Silahkan mengisi Daftar Hadir pada Pertemuan Hari ini. Jangan lupa yah Teman-teman Mahasiswa

Halo semua teman-teman Mahasiswa. Selamat datang kembali di pertemuan hari ini. Bagaimana kabarnya? Semoga kalian semua masih antusias dan siap untuk tantangan baru dalam pembelajaran ini. Setelah membahas peran teknologi digital secara umum dalam pendidikan, hari ini kita akan lebih fokus pada Komputer dan Pembelajaran Digital, khususnya bagaimana komputer digunakan dalam konteks pengajaran dan pembelajaran.
Seperti yang kita tahu, komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat akses informasi, tetapi juga sebagai platform utama untuk menciptakan materi pembelajaran, simulasi, dan media interaktif yang membuat proses belajar lebih menarik dan efektif. Hari ini, kita akan mempraktikkan keterampilan dasar dalam menggunakan komputer untuk pendidikan dengan sebuah proyek praktis.
Tugas Utama: Pada pertemuan ini, kalian akan ditugaskan untuk membuat produk digital sederhana yang dapat digunakan dalam konteks pengajaran atau pembelajaran. Produk ini bisa berupa:
Produk yang kalian buat bertujuan untuk mengukur dan mengembangkan keterampilan dasar komputer, seperti menggunakan perangkat lunak pengolah kata, pengeditan video, presentasi, atau desain grafis, semuanya dalam konteks pendidikan. Tugas ini bukan hanya soal kreativitas, tetapi juga bagaimana kalian bisa merancang alat yang efektif dan bermanfaat bagi proses belajar-mengajar.
Saya ingin kalian menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan kreativitas dan pemahaman dalam penggunaan komputer sebagai alat pengajaran yang efektif. Tugas ini juga akan membantu kalian mengenal berbagai aplikasi yang dapat memperkaya metode pembelajaran di masa depan.
Mari kita mulai pertemuan ini dengan semangat, dan saya tidak sabar melihat produk-produk inovatif yang akan kalian hasilkan. Selamat belajar, dan semoga kalian menikmati proses ini!
Hormat Kami,
Dosen

Teman-teman mahasiswa.......pada pertemuan hari ini, Silahkan pelajari dengan baik materi yang telah tersediah agar mendambah pengetahuan teman-teman mahasiswa serta membantu dalam membuat produk media pembelajaran. Selamat belajar yah...............Semangat teman-teman mahasiswa
![]() |
Modul 2- Komputer dan Pembelajaran Digital |

Teman-Teman Mahasiswa......Perhatikan langkah-langkah berikut ketika melakukan Analisis Kebutuhan untuk Pembuatan Produk:
1. Pengumpulan Infromasi
2. Identifikasi Kesenjangan
3. Analsis Hasil Kesenjangan
4. Identifikasi Hambatan
5. Identifikasi Karakter Peserta Didik
6. Identifikasi Tujuan
7. Menentukan Permasalahan

Silahkan mengisi Daftar Hadir pada Pertemuan Hari ini. Jangan lupa yah Teman-teman Mahasiswa


Halo teman-teman mahasiswa, bagaimana kabarnya hari ini?
Pada Pertemuan kali ini, Teman-teman mahasiswa mampu membuat flowchat dan Desain media digital yang akan dihasilkan sebagai produk pada mata kuliah ini sesuai Analisis Kebutuhan yang dibuat pada pertemuan sebelumnya. Sebelumnya......Teman-teman Mahasiswa dapat memperhatikan langkah-langkah dalam pembuatan Flowchart

Silahkan Pelajari Materi di Bawah ini:

Setelah teman-teman mahasiswa membuat flowchat dan Desain media digital. Hasil karya teman-teman mahasiswa dapat di kumpulkan dengan memperhatikan petunjuk kerja dalam mengerjakan tugas ini.Terimakasih
Petunjuk:
1. Membuat identitas mahasiswa di hasil kerja (Nama, Nim, Prodi, dan Universitas)
2. Hasil kerja di upload ke Google Drive
3. Buat Folder masing-masing dengan memberi nama dan nim (Nama_NIM)

Silahkan mengisi Daftar Hadir pada Pertemuan Hari ini. Jangan lupa yah Teman-teman Mahasiswa

Pada pertemuan hari ini.....Teman-teman mahasiswa diharapkan membuat Jurnal Refleksi. Tujuan pembuatan jurnal refleksi ini untuk mengetahui sejauh mana keefektifan pelaksanaan pembelajaran hari ini. Jangan lupa buat jurnal yah teman-teman mahasiswa


Terima kasih banyak atas kerja keras dan dedikasinya dalam menyelesaikan tugas ini. Sekarang saatnya kita mengumpulkan hasil produk yang telah kalian buat. Mohon pastikan setiap produk sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati. Ini adalah langkah penting agar kita bisa menilai kemajuan dan kualitas pekerjaan bersama.
Jika ada yang mengalami kendala atau butuh penjelasan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi saya. Mari kita pastikan semua berjalan lancar dan tepat waktu.
Terima kasih, dan saya tunggu hasilnya!

Hari ini kita akan melakukan perkuliahan secara Video Conference. Di Pertemuan ini kelompok akan di berikan kesempatan untuk memaparkan Hasil Kerjanya kurang lebih 5-10 menit dan memberikan kesempatan kepada kelompok lainnya untuk memberkan masukan ataupun saran untuk perbaikan dan pengembangan produk.
Untuk bergabung
Google Meet:

Ingat yah teman-teman mahasiswa......Jangan lupa untuk merespon daftar hadir hari ini.

Halo semua teman-teman Mahasiswa. Bagaimana Kabarnya hari ini? Selamat datang di pertemuan ketujuh perkuliahan kita. Pada pertemuan ini, kita akan membahas topik yang sangat penting dan relevan dengan kehidupan kita sehari-hari, yaitu Internet sebagai Sumber Belajar.
Internet telah membuka gerbang pengetahuan yang sangat luas, memungkinkan siapa saja untuk belajar kapan pun dan di mana pun. Mulai dari akses ke artikel akademik, kursus online, video tutorial, hingga forum diskusi global—internet telah menjadi salah satu sumber pembelajaran paling efektif dan mudah diakses saat ini. Namun, dengan banyaknya informasi yang tersedia, kita juga harus kritis dalam memilih dan memanfaatkan sumber-sumber ini secara bijak.
Pada pertemuan ini, kita akan membahas:
Sebagai bagian dari tugas pertemuan ini, saya ingin kalian memilih satu topik atau bidang yang kalian minati dan melakukan pencarian mendalam menggunakan internet sebagai sumber utama. Kalian akan diminta untuk menyusun ringkasan dari sumber-sumber yang kalian temukan dan mengumpulkan temuan kalian di forum tugas. Fokusnya adalah bagaimana kalian menggunakan internet secara efektif untuk mendukung pemahaman kalian terhadap topik tersebut.
Saya berharap pertemuan ini akan membuka wawasan kalian tentang bagaimana internet bisa menjadi mitra yang kuat dalam proses belajar kalian, jika kita menggunakannya secara cerdas dan strategis. Mari kita mulai diskusi ini dengan semangat, dan saya berharap partisipasi aktif dari kalian semua!
Selamat belajar, dan semoga kita semua mendapatkan wawasan baru dari pertemuan hari ini!
Hormat Kami,
Dosen


Pertanyaan yang kita renungkan bersama hari ini adalah: Apakah kita memanfaatkan internet sebaik mungkin sebagai alat belajar, atau apakah kita hanya menggunakannya secara pasif untuk hiburan semata?





Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat siang, salam sejahtera, salam sehat selalu. Bagaimana kabarnya adik Mahasiswa hari ini? Semoga semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat. Pada pertemuan kali ini, kita akan belajar tentang "Model Pembelajaran Digital". Untuk mendukung materi tersebut, tim dosen telah menyiapkan bahan tayang. Silakan Adik-adik Mahasiswa tonton sampai habis. Jika masih ada hal yang kurang jelas, silakan diskusikan pada forum yang telah disiapkan oleh tim. Selain itu, anda juga wajib mengerjakan tugas mandiri yang kami sediakan. Terima Kasih.


Halo teman-teman mahasiswa,.........Silahkan membaca soalnya baik-baik sebelum mengerjakan yah

Halo teman-teman mahasiswa.......Jangan lupa mengisi daftar hadir yah


Silahkan gunakan forum ini jika ada hal yang ingin ditanyakan atau pendapat adik-adik mahasiswa
