Tugas Pertemuan 9-10
Tugas: Menyusun Alat Ukur Sikap pada Pembelajaran Geografi Berbasis Case Method
Tujuan
Mahasiswa mampu menyusun alat ukur sikap yang valid dan reliabel, sesuai dengan penerapan model pembelajaran Case Method dalam mata pelajaran Geografi.
Deskripsi Tugas
-
Baca dan pahami kasus berikut: Kasus yang diberikan berhubungan dengan dampak perubahan iklim terhadap kehidupan masyarakat di daerah pesisir. Dalam kasus tersebut, terdapat berbagai informasi mengenai:
- Fenomena kenaikan permukaan air laut.
- Dampak terhadap aktivitas sosial ekonomi masyarakat pesisir.
- Tindakan mitigasi dan adaptasi yang telah dilakukan masyarakat.
-
Tentukan indikator sikap siswa yang akan diukur. Indikator dapat diambil berdasarkan sikap terhadap:
- Kesadaran lingkungan.
- Kepedulian terhadap dampak perubahan iklim.
- Kesiapan untuk berkontribusi dalam mitigasi dan adaptasi.
-
Susun kisi-kisi alat ukur sikap berdasarkan indikator yang telah ditentukan. Kisi-kisi harus mencakup:
- Indikator sikap.
- Butir pernyataan (positif dan negatif).
- Aspek skala sikap (menggunakan Skala Likert: Sangat Setuju - Setuju - Tidak Setuju - Sangat Tidak Setuju).
-
Buat 10 butir pernyataan sikap yang relevan dengan kasus.
- Minimal 5 pernyataan positif dan 5 pernyataan negatif.
- Pastikan bahasa yang digunakan mudah dipahami siswa.
-
Uji validitas dan reliabilitas (simulasi):
- Jelaskan langkah-langkah yang Anda lakukan untuk memastikan validitas dan reliabilitas alat ukur.
-
Susun laporan tugas dalam format berikut:
- Pendahuluan: Jelaskan tujuan menyusun alat ukur sikap berbasis kasus dalam pembelajaran Geografi.
- Indikator Sikap: Tampilkan indikator yang telah Anda tetapkan.
- Kisi-Kisi: Tampilkan tabel kisi-kisi alat ukur sikap.
- Butir Pernyataan: Daftar lengkap pernyataan sikap yang Anda buat.
- Kesimpulan: Refleksi terhadap pentingnya alat ukur sikap dalam pembelajaran berbasis kasus.
Kriteria Penilaian
- Ketepatan indikator sikap yang dipilih (20%).
- Relevansi dan kualitas butir pernyataan dengan kasus (30%).
- Kelengkapan kisi-kisi dan tabel (20%).
- Langkah uji validitas dan reliabilitas yang dijelaskan (15%).
- Kerapihan dan sistematika laporan (15%).
Pengumpulan
- Format pengumpulan: PDF
- Deadline: Tanggal 1 Desember
- Cara pengumpulan: Unggah ke platform Learning Management System (LMS)