Wiriya Pugala - 11237650001
- Menurut Kalian Bagaimana apa sih "proses komunikasi bisnis" dan mengapa hal ini penting dalam lingkungan kerja saat ini dan nantinya?
Hal tersebut sangat penting dalam lingkungan kerja baik saat ini maupun yang akan datang karena suatu instansi/perusahaan atau bisnis itu sendiri harus bertahan dan terus berlangsung berkelanjutan. Untuk itu, informasi/data yang disampaikan harus valid, tepat dan jelas, demi menghindari kesalahpahaman dalam menafsirkannya.
Menurut saya, proses komunikasi bisnis adalah suatu kegiatan penyampaian informasi/data yang valid dan jelas dari seseorang atau suatu instansi/perusahaan kepada seseorang atau pihak lain yang berhubungan dengan proses bisnis suatu instansi/perusahaan. - Kira-Kira Apa saja masalah yang sering muncul dalam komunikasi bisnis di era digital saat ini, dan bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut?
Masalah dalam komunikasi bisnis yang mungkin sering muncul di era digitial adalah semakin mudah orang mengakses media informasi dan semakin banyak informasi yang muncul, membuat para pengguna media informasi mungkin menjadi salah paham akan informasi yang diterimanya, bisa jadi informasi yang dipilih itu tidak benar, dan dengan mudah orang menyebar informasi tersebut menyebabkan kesalahpahaman informasi menjadi meluas.
Sesorang harus memilah, mengelola dan juga membuktikan suatu informasi sebelum diterima dan juga disebarkan kepada pihak lain, agar tidak terjadi kesalahpahaman bagi pihak lainnya yang mungkin dapat merugikan orang atau pihak lain.
- Bagaimana perkembangan teknologi telah mengubah model komunikasi dalam bisnis? Apa saja tren terkini dalam komunikasi bisnis yang perlu diikuti?
Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat hampir semua orang dapat memperoleh informasi dengan berbagai cara, salah satu melalui media elektronik, terutama media sosial. Media sosial dapat diakses setiap orang dengan mudah kapan dan dimana saja. Komunikasi bisnis akan mudah dan juga cepat diterima jika disampaikan melalui media sosial.
Beberapa tren terkini yang mungkin bisa diikuti dalam komunikasi bisnis adalah:
a) penggunaan media sosial, baik secara mandiri maupun dengan bantuan konten creator terkenal;
b) penyiaran secara langsung atau penayangan berita atau konten melalui media youtube;
c) pengaplikasian yang bisa digunakan melalui gadget (Handphone/Tablet).