[Forum] Pengantar Proses Komunikasi Bisnis, Alur Kerja, Masalah, Model Komunikasi dan Tren

11237600019_Ayip Syarifudin

11237600019_Ayip Syarifudin

by AYIP SYARIFUDIN -
Number of replies: 0

1. Proses komunikasi bisnis merupakan proses pertukaran informasi, ide, dan pesan antara indvividu atau kelompok di dalam konteks bisnis. dengan tujuan memengaruhi opini, tindakan, dan mencapai hasil bisnis yang di inginkan. ada 6 tahapan di dalam proses komunikasi bisnis

  1. Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
  2. Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan.
  3. Pengirim menyampaikan pesan.
  4. Penerima menerima pesan
  5. Penerima menafsirkan pesan
  6. Penerima memberi tanggapan. 

2. Masalah yang muncul di era digital diantaranya :

  • Perbedaan pendapat dan sudut pandang
  • Lemahnya pemerintah dalam kebijakan IPTEK
  • Sarana dan prasarana belum memadai
  • Mengunggulkan budayanya sendiri
  • Kualitas sumber daya manusia yang rendah

Cara mengatasi tantangan masalah dalam komunikasi bisnis di era digital adalah Dengan membangun lingkungan sosial media yang baik, mempraktikan sikap toleransi dan saling menghargai, serta menggunakan teknologi dengan bijak, maka dapat membentuk masyarakat pengguna teknologi yang baik, berakhlak tinggi serta bijaksana.

3. Perkembangan teknologi telah mengubah model komujnikasi dalam bisnis secara signifikan. beberapa perubahan utama terjadi diantaranya : 

  • Komunikasi real-time : teknologi seperti email,pesan instan dan konferensi video telah memungkinkan komuniksi real-time antara individu atau tim yang berada di lokasi yang berbeda.
  • Komunikasi tablet : Dengan adanya smartphone dan tablet, komunikasi bisnis tidak lagi terbatas pada kantor atau komputer desktop.
  • Kolaborasi online : Platform kolaborasi online seperti Google Docs, Microsoft Teams, dan slack telah mengubah cara tim bekerja bersama.
  • komunikasi media sosial : media sosial telah menjadi alat yang kuat untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan membangun merek.
  • Komunikasi Otomatis : Teknologi seperti chatbot dan email.
  • Analisis Data : Perkembangan teknologi juga telah memungkinkan bisnis untuk menganalisis data komunikasi

Apa saja tren terkini di dalam komunikasi bisnis ? 

  • Komunikasi Video
  • Komunikasi mobile
  • Chatbot dan asisten Virtual
  • Personalisasi Dan Pengalaman Pelanggan
  • Komunikasi sosial dan influencer
  • Keamanan dan privasi
  • Komunikasi berbasis (AI) artinya penggunaan kecerdasan buatan