Kehidupan sehari-hari:
1. Konsep getaran dan gelombang suara dengan mengaitkannya dengan alat musik tradisional atau instrumen musik lokal pada seni tari tradisional dongkrek yang digunakan dalam kebudayaan setempat.
2. Konsep energi kinetik dan potensial dengan mengamati gerakan tari tradisional soya-soya yang memanfaatkan energi kinetik dan potensial dalam gerakannya.
Agama:
1. Konsep energi dan kekekalan energi dengan mengaitkannya dengan ayat-ayat yang menekankan pentingnya menjaga keseimbangan dan keadilan dalam menciptakan dan memelihara alam semesta. Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:
وَابْتَغِ فِيْمَآ اٰتٰىكَ اللّٰهُ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَاَحْسِنْ كَمَآ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِى الْاَرْضِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ
"Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan." (QS. Al-Qasas 28: Ayat 77)
2. Konsep gelombang dengan mengaitkannya dengan contoh-contoh gelombang yang disebutkan dalam Al-Quran, seperti gelombang laut atau gelombang suara.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:
وَهِيَ تَجْرِيْ بِهِمْ فِيْ مَوْجٍ كَالْجِبَالِۗ وَنَادٰى نُوْحُ ِۨابْنَهٗ وَكَانَ فِيْ مَعْزِلٍ يّٰبُنَيَّ ارْكَبْ مَّعَنَا وَلَا تَكُنْ مَّعَ الْكٰفِرِيْنَ
"Dan kapal itu berlayar membawa mereka ke dalam gelombang laksana gunung-gunung. Dan Nuh memanggil anaknya, ketika dia (anak itu) berada di tempat yang jauh terpencil, "Wahai anakku! Naiklah (ke kapal) bersama kami dan janganlah engkau bersama orang-orang kafir." (QS.Hud 11: Ayat 42)
Allah Subhanahu Wa Ta'ala befirman:
وَاقْصِدْ فِيْ مَشْيِكَ وَاغْضُضْ مِنْ صَوْتِكَۗ اِنَّ اَنْكَرَ الْاَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيْرِ ࣖ
"Dan sederhanakanlah dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai." (QS. Luqman 31: Ayat 19)
3. Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam eksperimen fisika seperti keadilan, kejujuran, keamanan dan kebersihan saat melakukan eksperimen.
4. Konsep waktu dan gerak dengan mengaitkannya dengan praktik ibadah seperti shalat dan puasa yang melibatkan perhitungan waktu dan gerakan tertentu.