Global searching is not enabled.
Skip to main content
Forum

Diskusi 10

transfaransi, akutanbilitas dalam monitoring penyelenggaraan pelayanan publik di birokrasi pemerintah

transfaransi, akutanbilitas dalam monitoring penyelenggaraan pelayanan publik di birokrasi pemerintah

by SALSABILA RAHMADINA - Number of replies: 0

Untuk menganalisis transparansi dan akuntabilitas dalam monitoring penyelenggaraan pelayanan publik di birokrasi pemerintah ada beberapa poin yang perlu dipertimbangkan :

1. keterbukaan informasi : transparansi dapat terwujud dengan memastikan bahwa informasi mengenai penyelenggaraan pelayanan publik termasuk prosedur, kriteria dan evaluasi kinerjanya tersedia dan mudah diakses oleh masyarakat secara luas.

2. Partisipasi publik : meningkatkan partisipasi publik dalam proses pengambilan keputusan dan monitoring dapat meningkatkan akutanbilitas

3. Mekanisme pengaduan : penting untuk memiliki mekanisme yang jelas bagi masyarakat untuk mengajukan pengaduan terkait pelayanan publik yang tidak memenuhi standar dan kualitas yang diharapan.

4. Evaluasi Kinerja : proses monitoring dan evaluasi secara rutin perlu dilakukan untuk menilai kinerja penyelenggaraan pelayanan publik.

5. Saksi dan Insentif : untuk meningkatkan akutanbilitas diperlukan mekanisme saksi dan insentif yang mempengaruhi perilaku penyelanggaraan layanan publik.

Dengan menerapkan langkah-langkah diatas dapat diharapkan terwujudnya transparansi dan akuntabilitas yang lebih baik dalam monitoring penyenggaraan pelayanan publik di birokrasi pemerintah,