Mari Diskusi

chrisyani valencia agung_rombel B_AKT 2022

chrisyani valencia agung_rombel B_AKT 2022

by CHRISYANI VALENCIA AGUNG -
Number of replies: 0

Selamat Pagi Bapak Wahyu dan teman teman sekalian.

Perkenalkan nama saya chrisyani valencia agung Dengan nim 223020212073 Rombel B Angkatan 22. Izin memberikan tanggapan saya.

  1. apa yang kalian rasakan, ketika menjadi siswa kemudian kurikulum berubah?

Bagi saya ketika masih bersekolah perubahan kurikulum membuat saya mungkin merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang cepat, terutama jika saya sudah terbiasa dengan metode pembelajaran sebelumnya. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan penurunan motivasi belajar. Dulu saat saya masih SD kelas 4 terjadi perubahan kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013. saat itu pembelajaran menjadi tidak produktif dan sulit dimengerti. Menurut saya pada saat itu selain kurikulum, saat itu guru juga masih bingung pada cara penerapan kurikulum tersebut.  Banyak guru yang belum memiliki pemahaman yang cukup tentang K13. Mereka merasa tidak siap untuk menerapkan kurikulum baru ini, terutama terkait dengan perubahan dalam pengajaran dan penilaian. Jadi yang saya rasakan saya merasa kebingungan dan saat itu dalam setahun pembelajaran saya ikuti  dengan mengikuti alur dan kurang motivasi dalam Pelajaran. Namun balik lagi ada pasti ada dampak positif dan negative dalam perubahan kurikulum.

  1. menurut kalian bagus ga sih pergantian kurikulum?

Menurut saya, perubahan kurikulum baik dan bagus, namun tetap memiliki dampak positif dan negatif bagi siswa.  Perubahan kurikulum diperlukan juga pergantian dikarenakan  kurikulum perlu menyesuaikan dengan perubahan zaman. Kurikulum baru sering kali dirancang untuk mencerminkan perkembangan sosial, teknologi, dan kebutuhan dunia kerja. Hal ini membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan. Kemudian pada pembelajaran kurikulum merdeka pendekatan pembelajaran juga menjadi lebih aktif. Jika dulu pembelajaran berpusat pada guru, pada kurikulum merdeka ini pembelajaran berpusat kepada siswa. Pada Pergantian kurikulum sering kali memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan berpusat pada siswa, seperti pembelajaran berbasis proyek dan pendekatan saintifik. Ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar sehingga pada kurikulum baru siswa menjadi mandiri dan dapat berfikir kritis. Kurikulum merdeka biasanya menekankan pentingnya keterampilan kritis, kolaborasi, kreativitas, dan komunikasi, yang sangat dibutuhkan di dunia modern.  Namun menurut saya ada juga dampak negatifnya seperti menyebabkan kebingungan di kalangan guru dan siswa. Adaptasi terhadap metode baru bisa memakan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Namun tetap saja Tujuan utama perubahan kurikulum adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kurikulum baru dirancang untuk menghadirkan metode pengajaran yang lebih inovatif, efektif, dan interaktif, sehingga siswa dapat belajar dengan cara yang lebih menarik dan bermakna.

  1. Kalau kuriklum berubah lagi, apa yang harus diperbaiki di kurikulum berkutnya? Menurut saya yang perlu dirubah adalah
    1.  materi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkatan kelas.
    2. Siswa yang evaluasinya tidak memenuhi dapat tinggal kelas. Karena yang saya ketahui sekarang, bisa atau tidaknya siswa dalam menangkap materi pembelajaran, akan dinaikkan kelas tanpa melihat siswa bisa atau tidak. Menurut saya hal ini sangat tidak baik untuk siswa dan proses pembelajarannya. Karena sekarang banyak siswa kelas tinggi(4-6) yang tidak bisa membaca karena saat dikelas rendah kemampuannya belum mencukupi namun dipaksa untuk naik kelas atau naik level selanjutnya. Hal ini menurut saya sangat merugikan baik untuk pihak sekolah ataupun siswa itu sendiri.
    3. Pelatihan guru, Penyediakan pelatihan yang memadai bagi guru untuk memahami dan menerapkan kurikulum baru. Ini termasuk penguasaan metode pembelajaran yang inovatif dan penggunaan teknologi dalam kelas.

Itu saja tanggapan saja dalam diskusi kali ini terimakasih bapak.