Contoh informasi yang mengejutkan (surprise) bisa seperti data yang menunjukkan penurunan penjualan besar-besaran meski udah banyak promosi. Itu bisa jadi kejutan karena biasanya promosi malah bikin penjualan naik, tapi kenyataannya enggak, mungkin ada faktor lain yang nggak kepikiran sebelumnya.
Nah, soal "hal yang sudah diketahui hendaknya jangan diberikan", maksudnya itu supaya kita nggak ngulang-ngulang informasi yang udah jelas diketahui orang lain. Misalnya, di rapat, kita nggak perlu jelasin lagi hal-hal yang semua orang udah tahu, biar gak terkesan mubazir. Tapi, ini tergantung juga sama siapa yang kita ajak ngobrol, karena yang satu mungkin tahu, yang lain bisa aja belum tahu. Jadi, lebih bijak memilih informasi yang dibagi biar lebih efektif.
Nah, soal "hal yang sudah diketahui hendaknya jangan diberikan", maksudnya itu supaya kita nggak ngulang-ngulang informasi yang udah jelas diketahui orang lain. Misalnya, di rapat, kita nggak perlu jelasin lagi hal-hal yang semua orang udah tahu, biar gak terkesan mubazir. Tapi, ini tergantung juga sama siapa yang kita ajak ngobrol, karena yang satu mungkin tahu, yang lain bisa aja belum tahu. Jadi, lebih bijak memilih informasi yang dibagi biar lebih efektif.