DISKUSI PERTEMUAN KE II

Konsep dasar sistem, informasi, manajemen

Konsep dasar sistem, informasi, manajemen

by UMRATUL WAIDA -
Number of replies: 0

Konsep dasar sistem memiliki dua pendekatan yaitu:

1. Sistem yang menekankan pada prosedur untuk melakukan kegiatan, contohnya sistem kerja

2. Sistem yang menekankan pada komponen/elemen untuk mencapai suatu tujuan.

Konsep dasar Informasi, yaitu:

Definisi Informasi : data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.

 

Kualitas Informasi tergantung dari 4 hal, yaitu :

1. Akurat (benar-benar bebas dan tidak menyesatkan)

2. Tepat Waktu (tidak boleh terlambat)

3. Relevan (memiliki manfaat untuk pengguna)

4. Lengkap (selengkap mungkin dan tidak setengah-setengah).

 

Macam-macam informasi yaitu: berdasarkan dimensi waktu (informasi masa lalu dan informasi masa kini) dan berdasarkan sasaran (informasi individual dan informasi komunitas).

 

Konsep dasar manajemen, yaitu:

Definisi Manajemen : cara mengatur, membimbing, dan memimpin semua orang yang menjadi bawahan agar usaha yang sedang dikerjakan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Fungsi Manajemen, yaitu :

1. Perencanaan

2. Pengorganisasian

3. Pengarahan

4. Pengawasan

5. Pengkoordinasi