Konsep dasar sistem memiliki dua pendekatan yaitu:
1. Sistem yang menekankan pada prosedur untuk melakukan kegiatan, contohnya sistem kerja
2. Sistem yang menekankan pada komponen/elemen untuk mencapai suatu tujuan.
Konsep dasar Informasi, yaitu:
Definisi Informasi : data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
Kualitas Informasi tergantung dari 4 hal, yaitu :
1. Akurat (benar-benar bebas dan tidak menyesatkan)
2. Tepat Waktu (tidak boleh terlambat)
3. Relevan (memiliki manfaat untuk pengguna)
4. Lengkap (selengkap mungkin dan tidak setengah-setengah).
Macam-macam informasi yaitu: berdasarkan dimensi waktu (informasi masa lalu dan informasi masa kini) dan berdasarkan sasaran (informasi individual dan informasi komunitas).
Konsep dasar manajemen, yaitu:
Definisi Manajemen : cara mengatur, membimbing, dan memimpin semua orang yang menjadi bawahan agar usaha yang sedang dikerjakan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Fungsi Manajemen, yaitu :
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan
4. Pengawasan
5. Pengkoordinasi