Forum 10

RANDY LIAW - 2021105202

Re: RANDY LIAW - 2021105202

by ISTI PURWI TYAS UTAMI -
Number of replies: 0
Berikut ini beberapa contoh alternatif media berbiaya rendah yang dapat digunakan untuk memberikan pengalaman langsung dan mendalam bagi audiens dalam penceritaan transmedia:
1. Pertunjukan/acara
Dengan menyelenggarakan pertunjukan skala kecil, flash mob, atau sesi penceritaan di mana para aktor memerankan karakter dan berinteraksi dengan audiens. Contohnya pertunjukan jalanan atau peragaan ulang langsung dari adegan penting dari cerita di ruang publik.
2. Escape Rooms
Dengan membuat escape rooms DIY berdasarkan cerita yang dibangun. Gunakanlah alat peraga sederhana, teka-teki cetak, dan petunjuk untuk pengalaman langsung yang mendalam. Contohnya cerita misteri dapat memiliki escape room yang berlatar di rumah hantu atau kantor detektif.
3. Artefak fisik dan alat peraga
Dengan membagikan barang-barang fisik yang terkait dengan cerita, seperti surat, peta, atau relik. Artefak ini dapat dikirim melalui pos atau dibagikan di acara-acara. Contohnya mengirimkan "berkas rahasia" yang berisi latar belakang karakter, petunjuk, dan pesan berkode kepada penggemar.
4. Lokakarya Interaktif
Dengan menyelenggarakan lokakarya tempat penggemar membuat barang-barang dalam cerita seperti kostum, karya seni, atau senjata dari dunia cerita. Contohnya, cerita fantasi mungkin menampilkan lokakarya tentang pembuatan tongkat sihir atau botol ramuan.
5. Seni Jalanan atau Instalasi
Dengan memasang mural, poster, atau instalasi kecil di area publik yang terkait dengan cerita. Sertakan kode QR untuk keterlibatan yang lebih dalam. Contohnya, cerita distopia dapat memiliki poster "propaganda pemberontakan" yang tersebar di seluruh kota.
6. Pameran pop-up
Menyiapkan pameran sementara kecil yang memamerkan alat peraga, kostum, atau momen cerita utama. Contohnya, membuat pameran untuk drama sejarah mungkin menampilkan artefak palsu dari era cerita.
7. Perburuan harta karun atau perburuan pemulung
Mengatur perburuan fisik tempat penggemar menemukan petunjuk tersembunyi atau memecahkan teka-teki yang mengarah ke langkah berikutnya dalam cerita. Contohnya, menempatkan petunjuk di lokasi-lokasi penting di kota, yang terkait dengan cerita tentang peninggalan kuno.
8. Pengalaman melalui surat
Mengirim surat, teka-teki, atau fragmen cerita yang dipersonalisasi kepada penggemar melalui surat fisik. Contohnya, cerita menegangkan dapat mengirimkan "dokumen rahasia" atau catatan tulisan tangan dari mata-mata fiktif.
9. Pengalaman audio imersif
Membagikan trek audio atau lanskap suara yang dapat didengarkan penggemar saat menjelajahi lokasi tertentu. Contohnya, mendesain fantasi urban dapat menyertakan panduan audio ke kota, yang dinarasikan oleh karakter.
10. Acara Bermain Peran Komunitas
Mengatur acara tempat para peserta berperan sebagai karakter dalam dunia cerita. Contohnya, fantasi abad pertengahan yang mungkin melibatkan "dewan kerajaan" tempat para peserta berdebat tentang isu-isu yang berhubungan dengan cerita.
11. Perlengkapan penggemar DIY
Menyediakan perlengkapan yang dapat diunduh dengan petunjuk untuk membuat barang-barang fisik yang berhubungan dengan cerita di rumah. Contohnya cerita horor mungkin menyertakan templat yang dapat dicetak untuk membuat model rumah hantu.
12. Tantangan atau tugas Publik
Membuat tantangan yang diselesaikan peserta di tempat umum, dengan memadukan aktivitas dunia nyata dengan cerita. Contohnya cerita menegangkan tentang mata-mata mungkin meminta penggemar untuk memecahkan kode petunjuk yang tersembunyi di tempat-tempat sehari-hari seperti kedai kopi.
13. Pengalaman bermain sederhana
Mengembangkan permainan papan berteknologi rendah atau yang dapat dicetak yang terkait dengan cerita. Contohnya, permainan kartu yang memungkinkan penggemar memainkan peran karakter dari narasi.
14. Teater jalanan atau acara gerilya
Mengadakan acara mini kejutan tempat para aktor memerankan adegan dari cerita di depan umum. Contohnya, sebuah cerita fiksi ilmiah dapat mementaskan simulasi pertemuan alien di sebuah taman.
15. Pertemuan komunitas skala kecil
Mengadakan pertemuan penggemar di mana para peserta terlibat dalam aktivitas yang berhubungan dengan cerita seperti kelompok membaca, membuat kerajinan, atau bermain peran kelompok. Contohnya, sebuah cerita fiksi sejarah dapat menyelenggarakan pesta teh dengan kostum dan diskusi karakter. Contohnya, untuk cerita detektif misalnya:
1. Perburuan Harta Karun: Atur perburuan harta karun dengan petunjuk yang meniru penyelidikan detektif.
2. Pertunjukan Langsung: Minta aktor memerankan tersangka di tempat lokal, yang memungkinkan para peserta untuk menanyai mereka.
3. Alat Peraga Melalui Surat: Kirimkan kepada peserta "berkas kasus" dengan foto, pernyataan saksi, dan bukti lainnya.

Ide-ide di atas berbiaya rendah dan sangat bergantung pada kreativitas dan keterlibatan audiens, sehingga mudah diakses sambil tetap memberikan pengalaman mendongeng transmedia yang mengesankan dan mendalam.
Semoga menjawab Randy.