FORUM DISKUSI

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by DWI AGUSTINA RAHAYU -
Number of replies: 18

Bagaimana Pendidikan Kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia agar tujuan Pendidikan Kewarganegaraan berhasil menurut Saudara, dan berikan contoh parameter keberhasilannya!

In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by SALAMATUL NUR AZIZAH -
Menurut saya pendidikan Kewarganegaraan yang ideal di Indonesia harus berbasis pada nilai-nilai Pancasila, mengintegrasikan pembelajaran aktif, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Contoh parameter keberhasilannya bisa dilihat dari tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan sosial, pemahaman mereka terhadap hak dan kewajiban, serta sikap toleransi dan kerja sama di antara mereka.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by BINTI ZAMROTUL FIRDANIYATI -
Menurut saya Pendidikan Kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia berfokus pada pembentukan karakter yang demokratis, kritis, dan memiliki rasa tanggung jawab sosial. Kurikulum PPKn harus mengedepankan pemahaman nilai-nilai Pancasila, hak asasi manusia, dan pentingnya toleransi dalam keberagaman. Pembelajaran harus bersifat partisipatif dan kontekstual, menggunakan metode diskusi, studi kasus, dan simulasi, agar siswa bisa memahami serta menerapkan nilai-nilai kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh parameter keberhasilan:
1. Meningkatnya kesadaran siswa akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.
2. Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan sosial dan demokrasi di sekolah atau komunitas.
3. Rendahnya kasus intoleransi dan meningkatnya sikap toleransi antarsiswa.
4. Kemampuan siswa berdiskusi secara kritis dan mengemukakan pendapat dengan menghormati perbedaan.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by SANIA BERLIANA RAMADANI -
Menurut saya, pendidikan kewarganegaraan yang ideal bagi bangsa Indonesia adalah pendidikan kewarganegaraan berperan sebagai pendidikan yang dapat membantu dan menuntun peserta didik dalam membentuk nilai, moral dan karakter kebangsaan yang kuat pada peserta didik dan juga membekali peserta didik agar terbiasa dan mau untuk berfikir secara kritis dan kreatif dengan berdasarkan pada Pancasila.

Selain itu, untuk mewujudkan suatu pendidikan kewarganegaraan yang ideal, peserta didik berperan aktif kepada siswa sehingga pembelajaran berfokus pada siswa, dan guru berperaan sebagai fasilitator. Ssehingga, dalam praktiknya, peserta didik tidak hanya belajar secara teoritis, namun juga diajari secara praktis agar siswa dapat memahami, mengetahui, dan dapat menerapkan secara langsung dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Contoh parameter keberhasilannya antara lain :
1. Peserta didik mampu mengungkapkan pandangan mereka mengenai isu-isu nasional dengan bersikap kritis.
2. Adanya sikap inisiatif yang muncul pada diri peserta didik untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang ada di lingkungan masyarakat.
3. Adanya sikap jujur, tanggung jawab, dan disiplin yang muncul dalam diri peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by DEFITA RAHMATDANI -
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang ideal bagi Indonesia sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, terutama dalam membentuk karakter dan kesadaran berbangsa. Berikut adalah beberapa elemen yang harus dimiliki dalam PKn agar dapat berhasil:
1. Kurikulum yang Relevan dan Kontekstual
Kurikulum PKn harus mencerminkan jati diri bangsa Indonesia dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Materi pembelajaran perlu diadaptasi dengan kondisi dan permasalahan aktual yang dihadapi masyarakat, sehingga siswa dapat memahami dan memecahkan masalah yang ada di sekitar mereka.
2. Metode Pengajaran yang Interaktif
Metode pengajaran harus melibatkan siswa secara aktif, menggunakan pendekatan yang menyenangkan dan mengasyikkan. Diskusi, simulasi, dan proyek kolaboratif dapat meningkatkan minat belajar siswa serta pemahaman mereka tentang kewarganegaraan.
3. Kualitas Guru
Guru yang berkualitas dan terlatih dalam bidang PKn sangat penting. Mereka harus mampu menyampaikan materi dengan baik, memotivasi siswa, dan menjadi teladan dalam perilaku kewarganegaraan yang baik.
4. Lingkungan Belajar yang Mendukung
Sekolah harus menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran PKn, termasuk fasilitas yang memadai dan dukungan dari masyarakat serta orang tua. Lingkungan yang positif akan mendorong siswa untuk lebih aktif berpartisipasi.
5. Evaluasi Berkelanjutan
Sistem evaluasi harus adil dan relevan, tidak hanya menilai aspek kognitif tetapi juga afektif dan psikomotorik siswa. Evaluasi ini penting untuk memberikan umpan balik bagi guru dan siswa mengenai pencapaian pembelajaran.

Contoh Parameter Keberhasilan
Beberapa parameter keberhasilan PKn dapat meliputi:
a.Tingkat Partisipasi Siswa: Meningkatnya partisipasi siswa dalam kegiatan sosial, politik, dan komunitas.
b.Pemahaman tentang Hak dan Kewajiban: Siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara melalui tes atau diskusi.
c.Sikap Toleransi dan Kerjasama: Meningkatnya sikap toleransi antar teman sekelas dari berbagai latar belakang budaya dan agama.
d.Pengurangan Kasus Pelanggaran Hukum: Penurunan jumlah pelanggaran hukum di kalangan remaja sebagai indikasi bahwa pendidikan kewarganegaraan berhasil membentuk karakter moral.
e.Keterlibatan dalam Pemilu: Meningkatnya jumlah pemilih muda dalam pemilu sebagai hasil dari pendidikan kewarganegaraan yang efektif.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by SALIMATUL MEYLASYAHRA -
Pendidikan Kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia harus mampu membentuk individu yang tidak hanya memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, tetapi juga aktif berpartisipasi dalam kehidupan sosial dan politik. Berikut adalah beberapa elemen yang perlu diperhatikan:
Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan Ideal
Membangun Karakter: Mengembangkan sikap moral dan etika yang kuat, berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
Peningkatan Keterampilan Kewarganegaraan: Mendorong kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif dalam menghadapi isu-isu kebangsaan.
Partisipasi Aktif: Mendorong keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan sosial dan politik untuk meningkatkan rasa tanggung jawab.
Contoh Parameter Keberhasilan
Tingkat Partisipasi: Meningkatnya jumlah mahasiswa yang terlibat dalam organisasi sosial dan politik.
Pemahaman Kewarganegaraan: Hasil survei yang menunjukkan peningkatan pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara.
Sikap Toleransi: Penurunan angka konflik sosial dan meningkatnya sikap saling menghormati di antara kelompok yang berbeda.
Dengan pendekatan yang komprehensif, Pendidikan Kewarganegaraan dapat berkontribusi secara signifikan dalam memperkuat integrasi nasional dan menciptakan masyarakat yang lebih harmonis.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by RIAN NURCAHYONO -
Pendidikan Kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia sebaiknya berbasis praktik, interaktif, dan kontekstual. Artinya, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga menerapkan nilai-nilai kewarganegaraan melalui kegiatan nyata seperti diskusi, proyek sosial, simulasi musyawarah, dan keterlibatan dalam komunitas. Pendidikan ini juga harus mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan dalam pembelajaran sehari-hari.

Contoh parameter keberhasilan meliputi:

Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan sosial dan komunitas.

Meningkatnya pemahaman siswa terhadap konsep Pancasila dan UUD 1945.

Berkembangnya sikap toleransi, empati, dan gotong royong di antara siswa.

Adanya kepedulian siswa terhadap isu-isu sosial dan lingkungan.

Keterlibatan siswa dalam diskusi atau musyawarah dengan sikap demokratis dan kritis.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by ANDINI PUTRIKA AYU -
Pendidikan Kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia adalah pendidikan yang dapat membentuk warga negara yang berkarakter, memiliki kesadaran kebangsaan, serta memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.pancasila harus menekankan pembentukan karakter melalui penanaman nilai-nilai seperti integritas, toleransi, kerja sama, dan tanggung jawab sosial. Pendidikan ini juga perlu melibatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan sosial untuk memberikan pengalaman langsung tentang pentingnya peran serta dalam masyarakat.contoh parameter nya adalah Integrasi Nilai Pancasila,Pembelajaran Berbasis Praktik dan Diskusi,Penguatan Literasi Kewarganegaraan Digital,Pengembangan Sikap Demokratis dan Partisipatif,Kolaborasi dengan Masyarakat dan Pemerintah Lokal,Jika parameter-parameter ini tercapai, maka Pendidikan Kewarganegaraan akan mampu mencetak generasi yang memiliki pemahaman mendalam tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta mampu berperan aktif dalam membangun masyarakat yang harmonis dan beradab.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by EVA KUSUMAWATI -
Pendidikan Kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia harus mencakup beberapa aspek berikut agar tujuannya dapat berhasil:
1. Kurikulum yang Relevan
2. Pendekatan Interaktif
3. Integrasi dengan Pendidikan Karakter
4. Keterlibatan Komunitas
5. Pengembangan Keterampilan Praktis

Contoh Parameter Keberhasilan:
Peningkatan Partisipasi Warga Negara, Perilaku Siswa, Kepuasan dan Keterlibatan Siswa, Pemahaman Konsep Kewarganegaraan, Partisipasi dalam Kegiatan Sekolah dan Masyarakat.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by ZULFA DARMA TRIS SETIANA -
Menurut saya, Pendidikan Kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia harus berfokus pada pendekatan yang interaktif, praktis, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by WISNU NANDA KUSUMA -
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) ideal di Indonesia harus membentuk generasi yang cerdas, kritis, dan berkarakter kebangsaan kuat. Pendekatan yang efektif meliputi:

1. Kontekstual: Relevan dengan kehidupan sehari-hari melalui studi kasus atau simulasi.


2. Partisipatif: Melibatkan siswa dalam diskusi dan debat untuk melatih berpikir kritis.


3. Integrasi Nilai Lokal-Nasional: Menanamkan nilai budaya lokal dan nasional, seperti toleransi dan gotong royong.


4. Aksi Nyata: Dorong siswa aktif di kegiatan sosial.



Parameter Keberhasilan:

Partisipasi siswa dalam kegiatan sosial.

Peningkatan sikap toleransi di sekolah.

Kemampuan berdiskusi kritis tentang isu sosial.

Nilai akademik yang menunjukkan pemahaman kebangsaan.

Dengan pendekatan ini, PKn bisa menciptakan generasi yang berwawasan kebangsaan dan memiliki kepedulian sosial tinggi.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by NOVAL TRIANGGA SAPUTRA -
Menurut saya Pendidikan Kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia seharusnya dirancang untuk membentuk warga negara yang aktif, kritis, dan memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi. Ini penting untuk membangun kesadaran berbangsa dan bernegara, memperkuat nilai-nilai Pancasila, serta mendorong partisipasi dalam kehidupan demokrasi.
Berikut adalah beberapa elemen yang ideal untuk mencapai tujuan pendidikan kewarganegaraan yang efektif dan agar berhasil:
1. Kurikulum yang Relevan dan Kontekstual
Kurikulum harus menyatukan materi PKn dengan situasi aktual di masyarakat, sehingga siswa dapat menyatukan teori dengan kenyataan di sekitarnya.
2. Metode Pembelajaran Aktif
Pendekatan pembelajaran interaktif, seperti diskusi kelompok, studi kasus, debat, dan simulasi peran, dapat membuat siswa lebih kritis dan terlibat.
Metode seperti ini mendorong siswa untuk berpikir kritis terhadap isu-isu publik dan lebih aktif dalam berpartisipasi dalam kegiatan sosial.
3. Pengembangan Sikap dan Karakter
Program pengembangan karakter ini dapat mencakup kegiatan pengabdian masyarakat, program relawan, atau proyek sosial yang melibatkan langsung siswa di lingkungan sekitar.
Contoh Parameter Keberhasilan:
1. Pemahaman tentang Nilai Demokrasi: Melalui tes atau survei, siswa menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang demokrasi dan peran warga negara dalam kehidupan demokratis.
2. Partisipasi dalam Kegiatan Sosial: Siswa secara aktif terlibat dalam kegiatan sosial atau organisasi yang berkaitan dengan kepentingan publik, seperti aksi lingkungan, kampanye kesadaran sosial, atau program kemanusiaan.
3. Kemampuan Berpikir Kritis dan Argumentasi: Siswa dapat secara kritis membahas isu-isu aktual dalam diskusi atau debat, menunjukkan kemampuan dalam menyampaikan pendapat dengan argumentasi yang logis dan beretika.
4. Integritas dan Tanggung Jawab Sosial: Siswa menunjukkan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, misalnya menghormati keberagaman, menolak tindakan intoleransi, dan menunjukkan rasa hormat pada perbedaan.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by RAMADHAN RAKHMADI IHZA -
Menurut saya pendidikan Kewarganegaraan yang ideal bagi bangsa Indonesia agar tujuan PKN berhasil adalah sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia dan ideologi pancasila. Pun, contoh parameter keberhasilan Pendidikan Kewarganegaraan adalah berkurangnya tindakan korupsi ataupun tindakan-tindakan lain yang melanggar hukum
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by DESKA JUWITA SARI -
Menurut pendapat saya, kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia agar tujuan Pendidikan Kewarganegaraan berhasil yaitu mampu menumbuhkan kesadaran bernegara, cinta tanah air, dan wawasan nusantara pada generasi muda. Contoh parameter keberhasilannya bisa dilihat dari tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan sosial, pemahaman mereka terhadap hak dan kewajiban, serta sikap toleransi dan kerja sama di antara mereka.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by LAILA SEPTIANA NINGRUM -
Menurut saya Pendidikan Kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia harus mencakup beberapa aspek penting agar tujuannya dapat tercapai, antara lain : Materi pendidikan harus mengedepankan nilai-nilai Pancasila dan mengajarkan cara mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran harus berfokus pada pembentukan karakter, seperti integritas, empati, dan toleransi, melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pendidikan karakter. Menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan partisipatif serta pemanfaatan teknologi dan media media pembelajaran yang mendukung.

Contoh Parameter Keberhasilan: Melihat jumlah siswa yang terlibat dalam kegiatan sosial dan komunitas. Meningkatnya partisipasi pemilih di kalangan pemuda dalam pemilu dan kegiatan politik. Meningkatnya pemahaman siswa tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara yabng sadar tentang hukum.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by ROISMA AULIYA ANNISA' -
sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia dan ideologi pancasila. contoh parameter keberhasilan Pendidikan Kewarganegaraan adalah berkurangnya tindakan korupsi ataupun tindakan-tindakan lain yang melanggar hukum
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by MUHAMMAD LUCKY ABDILAH -
Konteks Sosial dan Kebhinekaan,Pendekatan Aktif dan Kontekstual,Pengembangan Karakter dan Etika Bernegara,Kritis, Inklusif, dan Reflektif dalam Pemikiran Politik,Penanaman Rasa Nasionalisme dan Patriotisme,Kolaborasi dengan Lingkungan Sekitar dan Teknologi,Evaluasi dan Pembaruan Kurikulum Secara Berkala
"Kesimpulan Pendidikan Kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia tidak hanya menekankan pada pengetahuan teoretis, tetapi juga pembentukan karakter, pemahaman kontekstual, serta keterlibatan aktif dalam kehidupan sosial. Kesuksesan PKn dapat diukur melalui berbagai parameter yang mencakup perubahan sikap, peningkatan partisipasi sosial, pengembangan karakter, dan kesiapan siswa dalam menghadapi isu-isu kebangsaan dan global."
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by EVA KUSUMAWATI -
Pendidikan Kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia harus mencakup beberapa aspek berikut agar tujuannya dapat berhasil:
1. Kurikulum yang Relevan
2. Pendekatan Interaktif
3. Integrasi dengan Pendidikan Karakter
4. Keterlibatan Komunitas
5. Pengembangan Keterampilan Praktis

Contoh Parameter Keberhasilan:
Peningkatan Partisipasi Warga Negara, Perilaku Siswa, Kepuasan dan Keterlibatan Siswa, Pemahaman Konsep Kewarganegaraan, Partisipasi dalam Kegiatan Sekolah dan Masyarakat.
In reply to DWI AGUSTINA RAHAYU

Re: PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN YANG IDEAL

by TRI SETYOWATI -
pendidikan kewarganegaraan yang ideal bagi Indonesia harus dirancang untuk membentuk warga negara yang cerdas berkarakter dan bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, contoh parameter keberhasilan pendidikan kewarganegaraan yaitu sikap dan perilaku toleransi