7. Diskusi dan Refleksi

7. Diskusi dan Refleksi

7. Diskusi dan Refleksi

Jumlah balasan: 31

etelah membahas berbagai faktor yang dapat memengaruhi proses belajar, mari kita coba renungkan pengalaman kita masing-masing.

  • Apakah Anda lebih termotivasi oleh pujian, atau mungkin lebih terdorong oleh rasa ingin tahu? Bagaimana dengan gaya belajar Anda? Apakah Anda lebih mudah memahami konsep melalui visual, audio, atau kinestetik?
  • Apakah Anda merasa mendapatkan dukungan yang cukup dari keluarga? Apakah suasana belajar di sekolah Anda kondusif?
  • Apakah Anda lebih suka belajar sendiri, berkelompok, atau dengan bantuan tutor? Bagaimana Anda mengatur waktu belajar Anda?
  • Jika ya, faktor apa yang menurut Anda menjadi penyebab utama? Bagaimana Anda mengatasinya?
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh SEPTIYANI NURHASANAH -
- Saya lebih termotivasi dengan pujian karena pengakuan positif dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mendorong usaha lebih. Kemudian gaya belajar yang saya mudah pahami yaitu dengan visual
- Ya, saya mendapatkan dukungan dari keluarga yang memberikan dorongan, bimbingan, dan perhatian sehingga membantu meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar, dan Suasana belajar cukup kondusif karena lingkungan yang aman, nyaman, mendukung dan memiliki fasilitas baik dan dosen yang peduli akan menciptakan pengalaman belajar yang positif.
- saya lebih suka belajar sendiri dan tutor karena lebih fokus dan tidak ada yang mengganggu, cara mengatur belajar saya menggunakan teknik pomodoro yaitu belajar selama 25 menit diikuti dengan istirahat 5 menit
- faktor yang mempengaruhi saya belajar adalah gadget dan lingkungan yg tidak kondusif atau berisik, cara mengatasinya dengan mematikan ponsel hinggal selesai belajar, kemudian berpindah tempat ke lingkungan yang lebih kondusif tanpa adanya gangguan
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh WULAN MEILA -
- saya cenderung suka dengan pujian, karena berarti apa yang saya lakukan dan kerjakan tidak sia-sia dan supaya lebih semangat lagi kedepannya. Dalam gaya belajar saya lebih mudah memahami melalui konsep visual, karena lebih mudah mengingat informasi yang dilihat daripada yang di dengar, saya suka menggambar Dan lebih tertarik dengan warna, gambar/animasi, dan bentuk² lainnya.
- ya, saya mendapat dukungan yang cukup dari keluarga, saya selalu di berikan kata-kata semangat oleh keluarga. suasana belajar di sekolah cukup kondusif hanya saja saya kurang suka belajar di keramaian karena saya introvert.
- sebenarnya saya lebih suka belajar sendiri karena saya tidak terlalu suka keramaian, tatapi untuk belajar secara berkelompok pun tidak apa-apa, belajar dengan tutor juga saya suka, karena jika saya tidak paham saya dapat menanyakan langsung kepada tutornya
- saya mengatur waktu belajar saya jika saya ada waktu senggang(kosong)
- faktor utama yang mempengaruhi belajar yaitu faktor dukungan keluarga dan lingkungan yang ada di sekitar saya, untuk mengatasinya saya selalu mengingatkan ke diri sendiri, untuk apa saya melakukan hal ini? untuk apa saya kuliah? Intinya saya selalu berusaha untuk memotivasi diri sendiri.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh TIARA ROSTIKA -
- saya cenderung suka dengan pujian, karena berarti apa yang saya lakukan dan kerjakan tidak sia-sia . Dalam gaya belajar saya lebih mudah memahami melalui konsep visual, karena lebih mudah mengingat informasi yang dilihat daripada yang di dengar. 
- Iya, saya mendapat dukungan yang cukup dari keluarga, saya selalu di berikan kata-kata semangat oleh keluarga. suasana belajar di sekolah cukup kondusif. 
- saya lebih suka belajar sendiri karena saya tidak terlalu suka keramaian, tatapi untuk belajar secara berkelompok pun tidak apa-apa, belajar dengan tutor juga saya suka, karena jika saya tidak paham saya dapat menanyakan langsung kepada tutornya
- saya mengatur waktu belajar saya jika saya ada waktu senggang(kosong)
- faktor utama yang mempengaruhi belajar yaitu faktor dukungan keluarga dan lingkungan yang ada di sekitar saya, untuk mengatasinya saya selalu mengingatkan ke diri sendiri, untuk apa saya melakukan hal ini? untuk apa saya kuliah? Intinya saya selalu berusaha untuk memotivasi diri sendiri.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh DINI YUNIARTI -
Saya lebih termotivasi oleh rasa ingin tahu karena saya suka belajar hal baru dan merasa puas saat berhasil memahami sesuatu. Gaya belajar saya lebih ke visual dan kinestetik, jadi saya lebih mudah memahami melalui gambar, diagram, atau praktik langsung. - ya, saya mendapatkan dukungan dari keluarga cukup baik, meskipun saya kadang berharap mereka bisa lebih sering memberikan motivasi verbal. -Suasana belajar di sekolah cukup kondusif, meskipun ada gangguan kecil seperti kebisingan. Saya biasanya lebih suka belajar sendiri karena lebih fokus, tapi kadang belajar berkelompok membantu untuk diskusi.
Untuk mengatur waktu, saya membuat jadwal sederhana dan fokus pada tugas prioritas.
-Hambatan terbesar saya adalah kurangnya konsistensi, jadi saya mencoba mengatasinya dengan membuat target kecil dan memberi hadiah untuk diri sendiri setelah mencapainya.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh AMELIA AMELIA -
1. Motivasi
Menurut saya, saya lebih termotivasi oleh rasa ingin tahu. Ketika saya penasaran dengan sesuatu, saya merasa lebih terdorong untuk mempelajarinya secara mendalam dibandingkan hanya mendapatkan pujian. Namun, pujian juga bisa menjadi penyemangat tambahan.
2. Gaya Belajar
Saya merasa lebih mudah memahami konsep melalui visual, seperti diagram, gambar, atau video. Kadang-kadang, saya juga menggunakan metode kinestetik, terutama ketika mempraktikkan sesuatu atau belajar dengan membuat catatan.
3. Dukungan Keluarga
Saya merasa mendapatkan dukungan yang cukup dari keluarga. Mereka sering memberikan motivasi dan memahami kebutuhan saya dalam belajar, meskipun kadang ada keterbatasan dalam hal waktu atau perhatian karena kesibukan mereka.
4. Suasana Belajar di Sekolah
Menurut saya, suasana belajar di sekolah cukup kondusif, meskipun terkadang ada gangguan kecil seperti suasana kelas yang terlalu ramai. Dalam situasi seperti itu, saya berusaha lebih fokus pada pelajaran atau bertanya kepada guru jika ada hal yang belum dipahami.
5. Preferensi Belajar
Saya lebih suka belajar sendiri karena bisa fokus dan mengatur waktu sesuai kebutuhan. Namun, sesekali saya juga belajar berkelompok untuk berdiskusi dan saling bertukar pemahaman. Jika ada materi yang sulit, saya tidak ragu meminta bantuan tutor atau guru.
6. Manajemen Waktu
Saya mengatur waktu belajar dengan membuat jadwal harian. Saya biasanya belajar lebih efektif di pagi hari atau malam hari ketika suasana lebih tenang. Saya juga menyisihkan waktu untuk istirahat agar tidak terlalu lelah.
7. Kendala dalam Belajar dan Cara Mengatasinya
Kendala utama saya adalah kurangnya konsentrasi jika ada banyak gangguan, seperti suara bising atau kelelahan. Untuk mengatasinya, saya mencari tempat belajar yang tenang dan memastikan kondisi tubuh cukup istirahat sebelum mulai belajar. Jika merasa kesulitan memahami materi, saya mencari referensi tambahan atau bertanya kepada teman dan guru.
Sebagai balasan AMELIA AMELIA

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh KHOLIFAH SALSABYLA -
yang menyebabkan kebisingan adalah kegaduhan di dalam kelas, sekolah yang dekat dengan jalan raya, dan kebisingan dari luar contoh nya ada panggung
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh YAYAH NURHAYATI -
1. Saya lebih termotivasi oleh rasa ingin tahu karena mendorong saya untuk mencari tahu lebih banyak dan terus belajar. Gaya belajar saya cenderung visual, sehingga saya lebih mudah memahami konsep dengan diagram, gambar, atau video penjelasan.
2. Dukungan dari keluarga dan teman cukup baik, sehingga membantu saya tetap termotivasi. Suasana belajar di sekolah saya kondusif, meskipun terkadang ada gangguan kecil seperti kebisingan yang bisa memengaruhi konsentrasi.
3. Saya lebih suka belajar sendiri karena lebih fokus, tetapi terkadang belajar berkelompok membantu memahami materi dari sudut pandang lain. Saya mengatur waktu belajar dengan membuat jadwal harian dan membagi waktu antara belajar, istirahat, dan kegiatan lain.
4. Faktor penghalang utama adalah kebosanan saat belajar materi yang sulit atau kurang menarik. Saya mengatasinya dengan memberikan jeda waktu untuk istirahat, menggunakan metode belajar yang berbeda, atau mencari materi tambahan yang lebih interaktif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh EVI MULYANI -
1. saya lebih cenderung termotivasi dengan pijian karena diakuinya usaha saya dan dihargai saya semakin bersemangat untuk berusaha dan mencoba hal baru. Gaya belajar saya yaitu dengan melalui visual dan audio dengan ini semua mempermudah saya dalam menghafal materi.
2.tentu saya sangat mendapatkan dukungan dari keluarga saya, suasana belajar dikampus cukup kondusif
3.saya lebih suka belajar sendiri namun ketika ada yang di haruskan untuk belajar kelompok saya bisa menyesuaikan cara belajar saya, dan saya juga menggunakan bantuan belajar dengan tutor , untuk belajar saya tentu mempunyai waktu tertentu dengan membuat jadwal dari bangun tidur sampai tidur lagi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh CUCUN CAHYANTI -
-Dalam melakukan sesuatu, saya cenderung melakukan hal tersebut karena pujian yang saya terima. Namun tak jarang, rasa ingin tahu mendorong saya melakukan suatu hal. Gaya belajar yang saya pakai yaitu dengan mempraktikannya secara langsung, karena saya lebih mudah memahami jika langsung dipraktikan. Selain itu, saya bisa mempelajari sesuatu melalui visual dan audio.
-Saya mendapatkan cukup dukungan dari keluarga, ntah itu dukungan emosional maupun finansial, dan saya sangat mensyukuri hal itu. Adapun suasana belajar di sekolah saya cukup kondusif, karena peserta didiknya akan secara otomatis diam pada saat pelajaran dimulai, meskipun ada yang tidak fokus mendengarkan, namun tidak terlalu mengganggu yang lainnya.
-saya lebih bisa berekspresi ketika sendiri. Oleh karena itu, belajar sendiri membuat saya lebih berpikir kritis. Namun saya juga merasa akan lebih mudah memahami ketika belajar secara berkelompok. Karena ketika berkelompok, kita akan cenderung saling bertukar pikiran. Dalam hal waktu, saya selalu menggunakan waktu malam saya untuk belajar. Alasannya, karena pada malam hari saya merasa lebih rileks sehingga saya mampu menerima informasi baru.
-Faktor yang memeberikan pengaruh terhadap belajar itu dibedakan menjadi 2 bagian yaitu faktor internal dan eksternal. Menurut pendapat saya, faktor yang paling berpengaruh terhadap belajar yaitu faktor internal. Dimana hal tersebut berhubungan dengan diri kita. Karena ketika kita memiliki keinginan untuk belajar, sebesar apapun faktor luar mempengaruhi maka itu tidak akan menjadi masalah. Adapun hal yang membuat saya merasa terhambat ketika belajar yaitu distraksi dari gawai. Ketika belajar, saya akan menjauhkan gawai dari jangkauan saya terlebih dahulu. Sehingga saya perlu usaha lebih untuk dapat memainkan gawai.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh ULPA SITI NURAENI -
- Saya lebih termotivasi oleh pujian, karena dengan pujian saya lebih percaya diri untuk terus belajar dan mengembangkan potensi yang saya miliki. Kemudian untuk gaya belajar saya lebih mudah paham dengan gaya visual.
- Ya, saya mendapatkan dukungan dari keluarga dengan sangat baik sehingga dapat mendorong dan meningkatkan motivasi saya untuk terus belajar. Suasana belajar cukup kondusif karena lingkungan nya yang aman dan nyaman.
- Saya lebih suka belajar sendiri dan bantuan tutor karena bisa lebih fokus dan nyaman. Saya mengatur waktu belajar saya dengan menggunakan waktu luang.
- Faktor yang mempengaruhi belajar saya yaitu materi yang sulit dipahami. Cara mengatasinya dengan mencari tutor atau referensi penjelasan dari sumber lain yang dapat membantu saya memahami materi tersebut.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh NAILA MAHARANI -
•Saya lebih termotivasi oleh rasa ingin tahu daripada pujian. Ketika menemukan topik yang menarik, saya cenderung lebih terdorong untuk mempelajari lebih dalam. Namun, pujian juga memberikan dorongan tambahan untuk tetap konsisten.
•Gaya belajar saya lebih cenderung ke visual. Saya lebih mudah memahami konsep jika disertai dengan diagram, gambar, atau video. Selain itu, terkadang saya juga membutuhkan kombinasi audio, terutama untuk memperkuat pemahaman.
• Saya merasa dukungan keluarga cukup baik, baik secara emosional maupun fasilitas. Mereka memberikan dorongan dan fleksibilitas untuk belajar. Namun, suasana belajar di sekolah kadang tidak selalu kondusif, terutama jika lingkungan terlalu ramai atau banyak gangguan.
•Saya lebih suka belajar sendiri karena bisa lebih fokus dan bebas menentukan ritme. Namun, untuk materi yang sulit, saya kadang merasa lebih efektif belajar berkelompok atau dengan bantuan tutor, terutama untuk berdiskusi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh SISKA MAULIDA SANY -
-Saya orangnya lebih terdorong dengan rasa ingin tahu, karena saya akan merasa puas ketika menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan saya. Saya lebih mudah memahami konsep melalui audio.
-Iya cukup, kondusif.
-Saya lebih suka belajar sendiri karena saya bisa menyesuaikan dimana dan kapan saya mau dan juga agar lebih berkonsentrasi. Saya biasanya mengatur waktu belajar berdasarkan prioritas.
-Faktor utama yang mengganggu belajar saya adalah dari diri saya sendiri/malas tetapi saya akan memaksakan untuk mengerjakan tugas dengan memberi motivasi/kata-kata penyemangat pada diri saya.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh AYU EKA CAHYANI -
1. saya lebih cenderung termotivasi dengan pujian karena diakuinya usaha saya dihargai dan tidak sia-sia saya semakin bersemangat untuk berusaha dan mencoba hal baru. Gaya belajar saya yaitu dengan melalui visual dan audio dengan ini semua mempermudah saya dalam menghafal materi.
2.tentu saya sangat mendapatkan dukungan dari keluarga saya, suasana belajar dikampus cukup kondusif
3.saya lebih suka belajar sendiri namun ketika ada yang di haruskan untuk belajar kelompok saya bisa menyesuaikan cara belajar saya, dan saya juga menggunakan bantuan belajar dengan tutor , untuk belajar saya tentu mempunyai waktu tertentu dengan membuat jadwal
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh JIHAN NAPISA -
Saya lebih termotivasi oleh rasa ingin tahu, karena itu membantu saya memahami dan menguasai hal-hal baru. Gaya belajar saya lebih mengarah pada visual, karena saya bisa lebih mudah memahami konsep dengan melihat diagram, grafik, atau visualisasi lainnya.

Dukungan dari keluarga sangat penting bagi saya, karena mereka memberi motivasi dan dorongan untuk mencapai tujuan. Mengenai suasana belajar di sekolah, saya merasa bahwa lingkungan yang kondusif bisa meningkatkan kualitas belajar, terutama yang bebas dari gangguan.

Dalam hal belajar, saya lebih suka bekerja sendiri untuk fokus, meskipun belajar kelompok juga memiliki keuntungan karena bisa saling berbagi ide. Mengatur waktu belajar adalah hal yang penting, jadi saya biasanya membuat jadwal yang terstruktur untuk menghindari penundaan.

Jika menghadapi kesulitan, saya mencoba mencari solusi melalui berbagai sumber atau bertanya kepada orang lain yang lebih ahli. Saya juga berusaha untuk tetap konsisten dalam belajar meskipun ada gangguan, agar bisa mengatasi tantangan tersebut dengan baik.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh FATTIN NURHIKMAH -
Saya lebih termotivasi oleh pujian karena dapat meningkatkan rasa percaya diri saya ,gaya belajar yang mudah saya pahami yaitu melalui visual.

-Ya,saya mendapatkan dukungan yang cukup dari keluarga, lingkungan belajar di sekolah saya juga cukup kondusif.
-Saya lebih suka belajar sendiri dan dengan bantuan tutor juga. Saya mengatur waktu belajar saya jika ada waktu luang
-faktor yang memengaruhi belajar saya yaitu dengan adanya dukungan dari keluarga,faktor lingkungan sekitar juga.
Sebagai balasan FATTIN NURHIKMAH

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh RISNAWATI RISNAWATI -
- rasa ingin tahu
- tentu, saya mendapat dukungan yang cukup dari keluarga. suasana belajar di sekolah kondusif.
- saya lebih suka belajar sendiri sambil melihat tutor tetapi saya juga suka belajar secara berkelompok, saya belajar pada malam hari.
-faktor yang menjadi penyebab utama adalah kejenuhan, jika di kampus saya merasa jenuh saya mengubah posisi duduk,dll dan jika dirumah saya biasa nya sambil mendengarkan musik atau istirahat sebentar.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh RISMA AULIA -
saya lebih termotivasi oleh pujian karena bisa menjadi dorongan kuat untuk belajar dengan semangat menggapai cita-cita dan merasa lebih dihargai dan senang jika mendapat pujian
#Gaya belajar
- kadang saya lebih mudah memahami konsep visual tapi kadang juga audio jadi lebih mudah jika kedua gaya belajar tersebut di padukan seperti Mendengar penjelasan dosen dan video bergambar visual/ animasi sangat mendukung dan membantu saya memahami pelajaran
#dukungan keluarga
- saya mendapat support penuh oleh keluarga dalam belajar
#suasana belajar
-suasana belajar dikampus kondusif karena tempat nya yang nyaman dan teman-temannya yg supportif yang mendukung proses belajar saya
# tipe belajar
- saya lebih suka belajar sendiri karena lebih tenang dan fokus terhadap apa yang saya pelajari
#mengatur waktu belajar
- saya lebih suka belajar di malam hari karena suasana nya yg tenang mendukung menjadi lebih fokus untuk belajar
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh ASYFA NUR RACHMA -
- rasa ingin tahu
- tentu, saya mendapat dukungan yang cukup dari keluarga. suasana belajar di sekolah kondusif.
- saya lebih suka belajar sendiri sambil melihat tutor tetapi saya juga suka belajar secara berkelompok, saya belajar pada malam hari.
-faktor yang menjadi penyebab utama adalah kejenuhan, jika di kampus saya merasa jenuh saya mengubah posisi duduk,dll dan jika dirumah saya biasa nya sambil mendengarkan musik atau istirahat sebentar.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh RISMA TRI HARMAYANTI -
- Saya lebih termotivasi oleh rasa ingin tahu dan terdorong untuk mencari pengetahuan baru. Gaya belajar saya lebih visual, saya mudah memahami konsep dengan bantuan gambar atau diagram, meskipun saya juga bisa belajar melalui audio atau kinestetik.
- Ya, saya mendapatkan dukungan yang cukup dari keluarga dalam belajar. Suasana belajar di sekolah saya cukup kondusif. Lingkungan yang nyaman dan adanya dukungan dari guru dan teman-teman membuat saya dapat fokus dan lebih mudah memahami pelajaran.
- Saya lebih suka belajar sendiri karena dapat fokus dan mengatur kecepatan belajar sesuai kebutuhan. Namun, saya juga terbuka untuk belajar berkelompok atau dengan bantuan tutor jika membutuhkan perspektif tambahan. Saya mengatur waktu belajar dengan membuat jadwal harian dan memastikan ada waktu untuk istirahat agar tetap produktif. Saya juga lebih suka belajar dalam sesi singkat tapi konsisten.
- aktor utama yang memengaruhi adalah kurangnya fokus atau gangguan eksternal. Terkadang, kesulitan dalam mengatur waktu atau tekanan tugas juga bisa menjadi penyebab. Saya mengatasi ini dengan membuat jadwal yang jelas, menghilangkan gangguan, dan mengatur prioritas tugas agar lebih fokus dan efisien.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh FAUZAN ZAHRAN ADITIA -
Saya lebih termotivasi oleh rasa ingin tahu daripada pujian. Saya lebih mudah memahami konsep melalui visual, seperti gambar atau diagram. Saya merasa mendapatkan dukungan yang cukup dari keluarga, tetapi suasana belajar di sekolah terkadang kurang kondusif karena banyak distraksi. Saya lebih suka belajar sendiri karena bisa lebih fokus, meskipun belajar berkelompok kadang membantu. Saya berusaha mengatur waktu belajar dengan membuat jadwal, namun terkadang sulit konsisten. Penyebab utama adalah distraksi dan kelelahan, dan saya mengatasinya dengan istirahat dan membuat prioritas yang jelas.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh EVA LUTFIYAH NOPIYANTI -
• saya termotivasi dengan pujian karena itu memberikan sebuah validasi atas apa yang aku usahakan dan bisa menikatnya rasa percaya diri saya, dengan gaya belajar visual bisa lebih mudah dipahami, suasana kelas suasana sekolah dan suasana belajar juga cukup kondusif karena tempatnyaa adem nyaman
• mungkin dibeberapa pelajaran itu lebih suka berkelompok karna bisa memudahkan kita untuk mengerjakan, mengatur jam belajar saya di malam hari untuk menyatat ulang ppt modul dll karna pada malam hari waktu tenang untuk menulis materi dengan di iringi sama musik
• faktor menghambat nya belajar saya adalah terlalu sering menunda nunda dan terlalu cepat bosan, cara mengatasi nya saya akan selalu berusaha bagaimana caranya agar saya tidak selalu meunda nunda
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh DIYANA PUSPITA SARI -
Saya lebih terdorong oleh rasa ingin tahu. Gaya belajar saya visual, dan saya merasa mendapat dukungan keluarga yang cukup. Suasana belajar di sekolah kondusif. Saya lebih suka belajar sendiri dengan mengatur waktu fleksibel. Jika ada hambatan, saya mengatasinya dengan mencari solusi dan berdiskusi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: 7. Diskusi dan Refleksi

oleh TIA NOVITASARI -
1. Motivasi: Saya lebih termotivasi oleh rasa ingin tahu daripada pujian.
2. Gaya Belajar: Lebih mudah memahami dengan visual dan praktik langsung (kinestetik).
3. Dukungan: Dukungan keluarga cukup, tapi suasana belajar kadang kurang kondusif.
4. Cara Belajar: Lebih suka belajar sendiri, tapi diskusi kelompok juga membantu.
5. Tantangan: Sulit fokus karena distraksi; diatasi dengan menjadwalkan waktu belajar dan menghindari gangguan.