Yang dapat saya simpulkan dari video tersebut adalah BMC atau dikenal dengan bisnis model canvas ini merupakan salah satu cara merencanakan dan mengembangkan bisnis secara efektif. Dimana BMC ini terdiri dari 9 elemen yaitu:
1. Customer segment, pengusaha harus bisa mengetahui target pasarnya.
2. value proposition, pengusaha harus bisa memikirkan apa saja yang membuat produknya unik dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan
3. Channels, pengusaha harus memikirkan cara untuk menjangkau pelanggan baik secara online ataupun offline.
4. Customer Relationship, pengusaha harus bisa memikirkan hubungan apa yang harus terjalin dengan pelanggan, baik itu personal, otomatis, atau komunitas.
5. Revenue stream, pengusaha harus memikirkan cara darimana pendapatan didapatkan. Apakah dari penjualan, langganan, atau iklan.
6. Key Resource, pengusaha harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis.
7. Key Activities, pengusaha harus memikirkan aktivitas apa yang dilakukan agar bisnisnya berjalan.
8. Key Partnership, pengusaha harus bisa memikirkan dengan siapa harus bekerjasama, apakah itu dengan mitra, aliansi strategis, atau pemasok.
9. Cost Structure, pengusaha harus mengetahui biaya apa saja yang akan dikeluarkan dan bagaimana cara agar bisa mengelola biaya ini.
Dengan ke-9 elemen ini maka bisnis akan lebih terstruktur dan efektif sehingga bisa menarik investor