Mari Diskusi

Santi 223020212079 pgsd

Santi 223020212079 pgsd

by SANTI SANTI -
Number of replies: 0

1. Apa yang kalian rasakan, ketika menjadi siswa  kemudian kurikulum berubah?
Saya merasakan kebingungan karena tidak yakin dengan materi baru yang diajarkan dari kurikulum baru harus beradaptasi dan menyesuaikan, tetapi jika kurikulum baru memiliki topik yang menarik akan membuat saya sebagai siswa antusias akan kurikulum baru namun jika topik nya sulit saya akan merasa tertantang dan ada kesulitan untuk mehadapi kurikulum baru.

2. Menurut kalian bagus ga sih pergantian kurikulum?

Menurut saya sangat bagus karena menyesuaikan dengan perkembangan zaman menyesuaikan karakteristik siswa seiring berjalannya waktu. Ditambah di zaman sekarang teknologi semakin canggih dunia pendidikan pun perlu menyesuaikan dengan teknologi dan dapat dimanfaatkan.

3. Kalau kurikulum berubah lagi apa yang harus di perbaiki dan di sinkronisasi berikutnya?

Yang harus diperbaiki menurut saya ada dari segi pelatihan guru, agar lebih maksimal dalam mengimplementasikan kurikulum wajib bagi guru untuk lebih professional dalam mengajar, pelatihan guru dapat memberi kesempatan bagi guru untuk lebih menguasai kurikulum agar ketika menerapkannya lebih totalitas.

Selain itu yang perlu diperbaiki adalah sumber daya pembelajaran, ketika Kurikulum terus berubah tentu fasilitas yang disediakan oleh sekolah akan ada yang baru hal itu sangat perlu untum mendukung pembelajaran lebih baik.

Nah selain ada yang diperbaiki itu tadi ada yang perlu sinkronisasi juga berikutnya yaitu sinkronisasi antara Jenjang Pendidikan (SD, SMP, SMA/SMK)

Keterhubungan antara Jenjang, Kurikulum harus disusun sedemikian rupa sehingga ada kesinambungan antara satu jenjang pendidikan ke jenjang berikutnya. Misalnya, materi yang diajarkan di SD harus mempersiapkan siswa untuk pembelajaran lebih lanjut di SMP, dan begitu seterusnya hingga SMA/SMK. Hal ini penting untuk menghindari tumpang tindih atau kekurangan materi yang akan membingungkan siswa.

Selain itu Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan, Kompetensi yang diajarkan harus meningkat secara bertahap. Misalnya, di SD, fokus pada keterampilan dasar, sementara di SMP dan SMA lebih pada keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.