1. Yang saya rasakan ketika menjadi siswa dan mengalami perubahan kurikulum, perasaan yang bingung dan tidak pasti perubahan kurikulum sering kali membawa metode pembelajaran baru, format ujian berbeda, atau mata pelajaran tambahan. Hal ini bisa membuat bingung karena harus beradaptasi dengan pola belajar yang berbeda. Kemudian membuat saya tertekan karena membawa beban tugas yang lebih banyak atau sistem evaluasi yang baru, bisa merasa stres karena harus memenuhi ekspektasi baru yang belum mereka pahami sepenuhnya.
2. Pergantian kurikulum bisa menjadi hal yang baik atau menantang, tergantung pada bagaimana proses yang dilakukan dan apakah perubahan tersebut relevan dengan kebutuhan siswa, guru, dan masyarakat. Perubahan ini baik jika sesuai dengan perkembangan zaman, fleksibel dan mendukung pembelajaran aktif, dirancang dan diterapkan dengan Baik, meningkatkan kesejahteraan siswa. Kurang baik jika terlalu mendadak, tidak relevan, memberikan beban lebih berat, dan tidak konsisten.
3. Jika kurikulum akan berubah lagi, ada beberapa aspek yang sebaiknya diperbaiki agar sistem pendidikan menjadi lebih baik dan relevan.
1. fokus pada keterampilan hidup
2. beban belajar yang seimbang
3. fleksibilitas dalam pembelajaran
4. persiapan dan dukungan untuk Guru
5. relevansi dengan dunia kerja dan kehidupan nyata
6. akses yang merata
Jika aspek-aspek ini diperbaiki, kurikulum baru diharapkan dapat membawa dampak positif bagi siswa, guru, dan seluruh ekosistem pendidikan.