Kesan:
Fokus pada siswa: Asesmen ini benar-benar menempatkan siswa di pusat pembelajaran. Guru dapat lebih memahami kekuatan dan kelemahan setiap siswa.
Pembelajaran yang lebih personal: Hasil asesmen memungkinkan guru untuk menyusun pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa.
Pengembangan yang berkelanjutan: Asesmen ini bukan hanya evaluasi akhir, tetapi juga alat untuk memantau perkembangan siswa secara terus-menerus.
Pesan:
Pentingnya pelatihan guru: Guru perlu mendapatkan pelatihan yang memadai untuk merancang dan melaksanakan asesmen diagnostik yang efektif.
Kolaborasi yang kuat: Kerja sama antara guru, siswa, dan orang tua sangat penting untuk keberhasilan asesmen ini.
Fleksibilitas: Asesmen diagnostik harus bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan konteks pembelajaran yang berbeda-beda.
Pertanyaan:
* Bagaimana cara Anda menerapkan hasil asesmen diagnostik dalam pembelajaran sehari-hari?