Link: https://www.pertamina-ptc.com/assets/pdf/1.-Pedoman-Code-of-Conduct-Revisi-1.pdf
Kode Etik PT Pertamina Training & Consulting (PTC)
A. Oprasional memenuhi health, safety security, environment
1. Komitmen
berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan operasi secara aman, nyaman, dan berwawasan lingkungan dengan menerapkan standar tinggi terhadap aspek kesehatan kerja, keselamatan, keamanan, dan lindungan lingkungan untuk meminimalkan risiko dengan cara mencegah terjadinya kecelakaan, kebakaran, penyakit akibat kerja, pencemaran, dan gangguan keamanan, serta dampak lain akibat kegagalan operasi terhadap lingkungan di sekitar kegiatan usaha perusahaan
B. Sumber daya manusia
1. Integritas dalam berkarya
Menjalankan kegiatan usaha secara berintegritas, dan profesional, menghindari benturan kepentingan, tidak menoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan, dan berpedoman pada asas-asas tata kelola perusahaan yang baik
2. Sikap kerja profesional
komitmen perusahaan untuk meningkatkan daya saing dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan sikap kerja pimpinan, interaksi antar insan-pekerja
3. Kesempatan karier yang sama
Mempekerjakan seseorang, mengevaluasi, serta memberikan kompensasi, promosi, dan pemutusan hubungan kerja hanya dilakukan berdasarkan kualifikasi, kinerja, dan faktor-faktor lain yang berhubungan dengan pekerjaan. Serta menyediakan pelatihan dan pendidikan untuk pengembangan karier bagi semua pekerja yang didukung oleh standar, prosedur, dan ketentuan internal perusahaan.
4. Menghindari diskriminasi
Lingkungan kerja yang bebas dari diskriminasi. Perusahaan tidak akan membiarkan terjadinya diskriminasi terhadap seseorang karena etnis, ras, kebangsaan, agama, jenis kelamin, usia, keadaan cacat, atau alasan lainnya
C. Komitmen terhadap mitra kerja
1. Persaingan usaha yang sehat
Kegiatan bisnis Perusahaan dijalankan sesuai dengan undang-undang larangan praktik monopoli, waspada terhadap persaingan usaha tidak sehat, praktik bisnis yang adil, etis dan tidak menyebarkan informasi sensitif ke pihak lain, proses pengadaan barang/jasa yang transparan, insan Perusahaan harus mendapat informasi dengan ketentuan yang berlaku.
2. Hadiah jamuan makan dan hiburan
Waspada bila dipengaruhi dalam pengambilan keputusan. Diperbolehkan menerima fasilitas jika pihak tidak mengganggu hubungan dengan Perusahaan. Wajib memenuhi pedoman gratifikasi
3. Tindak pidana pencucian uang
Insan Perusahaan wajib waspada terhadap transaksi keuangan yang mencurigakan
4. Komitmen terhadap pelanggan
Berkomitmen untuk memastikan produk sesuai dengan Standard mutu yang ditetapkan, peduli dan aktif memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, melakukan riset dan inovasi untuk pengembangan produk
D. Perlindungan terhadap aset Perusahaan
1. Melindungi aset Perusahaan
Berkomitmen untuk menjaga seluruh aset perusahaan untuk digunakan sesuai dengan peruntukan dan manfaat yang telah ditetapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2. Kerahasiaan data & informasi
Berkomitmen untuk melindungi data dan informasi aset penting dari pihak luar perusahaan
3. Hak Kekayaan Intelektual
Berkomitmen untuk mengembangkan ide dan pengetahuan sebagai aset dan menghormati UU HKI
4. Saluran pelaporan penyimpangan
Berkomitmen untuk menjaga aset Perusahaan dan pintu pelaporan penyimpangan melalui sistem Whistle Blowing system yang anonim, rahasia dan independen