Forum Diskusi Pertemuan 13

Forum Diskusi Pertemuan 13

Number of replies: 4


Ikutilah forum diskusi untuk memperdalam pemahaman Anda!


Media cetak terus menurun dikonsumsi tiap tahunnya. Menurut Anda, apakah PR akan betul-betul berhenti menggunakan media cetak sebagai salah satu instrumen penyebaran informasi? Berikan alasan Anda!


In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan 13

by THERESIA ARIANI PUTRIASIH BUTAR BUTAR -
THERESIA ARIANI - 2022041143

Meskipun media cetak terus mengalami penurunan dalam konsumsi setiap tahunnya, saya rasa PR tidak akan benar-benar berhenti menggunakan media cetak dalam waktu dekat, meskipun peranannya mungkin akan semakin berkurang. Hal ini dilakukan untuk menjaga audiens yang tetap setia di segmen audiens tertentu, seperti kalangan profesional, senior, atau mereka yang tinggal di daerah dengan keterbatasan akses internet, yang masih mengandalkan media cetak. Selain itu, media cetak sering kali dipandang lebih kredibel oleh beberapa kalangan, karena reputasi jangka panjang dari banyak surat kabar dan majalah. Di beberapa negara atau wilayah yang belum sepenuhnya terhubung dengan internet, media cetak masih menjadi sumber utama informasi. Maka dari itu PR tidak akan benar-benar berhenti menggunakan media cetak sebagai instrumen penyampaian informasi
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan 13

by MAYRITZA AUREL -
Menurut saya, tidak. Walaupun jika ditanya lewat survei atau kuesioner dan jawabannya adalah masyarakat-masyarakat di perkotaan besar akan lebih membaca atau mengonsumsi konten PR lewat digital, tapi tidak dengan masyarakat yang ada di daerah-daerah di mana tidak semua terjangkau internet dan belum semua teredeukasi paparan media digital. Masyarakat Indonesia terlepas di manapun tempat tinggalnya pasti setidaknya pernah menjadi target PR atau produk /merek. Sehingga, untuk menjangkau masyarakat-masyarakat yang ada di daerah atau pedalaman, akan lebih efektif menggunakan media cetak.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan 13

by MAIA KHOIRUNNISA -
Meskipun konsumsi media cetak terus menurun setiap tahunnya, menurut saya PR tidak akan sepenuhnya meninggalkannya dalam waktu dekat. Hal ini karena masih ada wilayah dengan akses internet terbatas yang lebih memilih mendapatkan informasi melalui media cetak. Selain itu, media cetak dianggap lebih kredibel oleh sebagian orang, sehingga tetap menjadi pilihan PR dalam membangun citra dan kepercayaan. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan pergeseran preferensi audiens yang lebih mengarah ke media digital, penggunaan media cetak dalam PR kemungkinan akan terus berkurang, meskipun tidak akan hilang sepenuhnya dalam waktu dekat.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan 13

by CAROLINE MARGARETHA SIMANJUNTAK -
Caroline Margaretha - 2022041152

Meskipun konsumsi media cetak menurun, PR tidak akan sepenuhnya meninggalkannya dalam waktu dekat. Media cetak masih relevan untuk menjangkau audiens tertentu, seperti kalangan profesional, daerah dengan keterbatasan internet, atau mereka yang menganggap media cetak lebih kredibel. Selain itu, di wilayah yang belum terhubung dengan teknologi digital, media cetak tetap menjadi pilihan utama. Meskipun begitu, dengan perkembangan teknologi dan perubahan preferensi audiens, penggunaan media cetak dalam PR kemungkinan akan semakin berkurang, namun tidak akan hilang sepenuhnya.