2.3. Pengorganisasian Kelompok Belajar
II. 3. Bagian 1
Bertitik tolak pada beberapa pendekatan belajar mengajar serta berbagai metode teknik penyajian di atas, maka suatu kelompok belajar dapat diorganisasikan menjadi :
- Jika kelompok belajar hanya seorang siswa (N=1), kemungkinan metode dan pendekatan yang sesuai adalah belajar mengajar tutorial, pengajaran berprograma, studi individual atau privat.
- Jika kelompok belajar antara 2-20 siswa (N=2-20), metode belajar diskusi atau seminar, kerja kelompok, metode drill (latihan), dengan sistem modul, pendekatan CBSA, pengajaran dengan memperhatikan perbedaan individual
- Jika. kelompok belajar besar antara 20-40 siswa (N=20-40), biasanya digunakan metode klasikal dengan teknik yang bervariasi dengan kemampuan guru untuk mengelola
- Jika kelompok banyak yaitu lebih dari 40 (=40 ke atas) metode mengajarkan adalah kuliah atau ceramah.