B. LMS MOODLE COURSE ORIENTATION
1. Deskripsi Mata Kuliah
Sesi ini adalah pengenalan daring (e-Learning), yang berdasar pada Learning Management System (LMS) yang
bernama Moodle. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu (1) mengikuti kegiatan perkuliahan
daring pada laman e-Learning IKIP PGRI Bojonegoro yang menggunakan aplikasi Moodle; (2) mempergunakan akun
e-Learning dengan efektif dan professional, sesuai dengan tuntutan dan arahan
dosen pengampu mata kuliah daring; (3) belajar dan bereksperimen dengan
fitur-fitur yang tersedia pada laman e-Learning. Perkuliahan ini dilaksanakan
dengan pendekatan komunikatif dan kontekstual melalui teknik presentasi dan
latihan.
2. Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu:
a) Mengikuti kegiatan perkuliahan daring dengan baik dan benar;
b) Mempergunakan akun e-Learning sesuai kondisi mata kuliah daring yang diambil;
c) Belajar dan mencoba hal baru dengan fitur-fitur yang ada pada laman e-Learning.
4. Kompetensi Dasar
Mahasiswa mampu:
a) Masuk dalam laman perkuliahan daring juga mata kuliah daring;
b) Mengatur akun e-Learning dengan profesional;
c) Mendaftar pada mata kuliah daring;
d) Berpartisipasi di semua kegiatan e-Learning pada mata kuliah daring yang diambil;
e) Memahami dan mengikuti kuis dan penugasan di laman e-learning ;
f) Mengikuti diskusi daring melalui laman e-Learning;
5. Evaluasi
Evaluasi melalui tes dan penilaian praktek mahasiswa.
6. Durasi
Sesi ini dijadwalkan dilaksanakan dalam dua hari dalam minggu ke-1 yaitu:
a) Hari ke-1:
Pengenalan dan Pembelajaran Mahasiswa pada Aktivitas Perkuliahan Online (e-Learning) dengan Aplikasi Moodle
b) Hari ke-2:
Praktek Penggunaan E-Learning
7. Referensi
Batubara, Hamdan Husein. 2018. Pembelajaran Berbasis Web dengan Moodle Versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish.
8. Lampiran-lampiran
a). Silabus LMS Moodle Course Orientation
b). PPT Pengenalan LMS Moodle
c). Video Tutorial Penggunaan Moodle
d). Backbone Video Penggunaan moode
1. Deskripsi Mata Kuliah
Sesi ini adalah pengenalan daring (e-Learning), yang berdasar pada Learning Management System (LMS) yang bernama Moodle. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu (1) mengikuti kegiatan perkuliahan daring pada laman e-Learning IKIP PGRI Bojonegoro yang menggunakan aplikasi Moodle; (2) mempergunakan akun e-Learning dengan efektif dan professional, sesuai dengan tuntutan dan arahan dosen pengampu mata kuliah daring; (3) belajar dan bereksperimen dengan fitur-fitur yang tersedia pada laman e-Learning. Perkuliahan ini dilaksanakan dengan pendekatan komunikatif dan kontekstual melalui teknik presentasi dan latihan.
2. Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu:
a) Mengikuti kegiatan perkuliahan daring dengan baik dan benar;
b) Mempergunakan akun e-Learning sesuai kondisi mata kuliah daring yang diambil;
c) Belajar dan mencoba hal baru dengan fitur-fitur yang ada pada laman e-Learning.
4. Kompetensi Dasar
Mahasiswa mampu:
a) Masuk dalam laman perkuliahan daring juga mata kuliah daring;
b) Mengatur akun e-Learning dengan profesional;
c) Mendaftar pada mata kuliah daring;
d) Berpartisipasi di semua kegiatan e-Learning pada mata kuliah daring yang diambil;
e) Memahami dan mengikuti kuis dan penugasan di laman e-learning ;
f) Mengikuti diskusi daring melalui laman e-Learning;
5. Evaluasi
Evaluasi melalui tes dan penilaian praktek mahasiswa.
6. Durasi
Sesi ini dijadwalkan dilaksanakan dalam dua hari dalam minggu ke-1 yaitu:
a) Hari ke-1:
Pengenalan dan Pembelajaran Mahasiswa pada Aktivitas Perkuliahan Online (e-Learning) dengan Aplikasi Moodle
b) Hari ke-2:
Praktek Penggunaan E-Learning
7. Referensi
Batubara, Hamdan Husein. 2018. Pembelajaran Berbasis Web dengan Moodle Versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish.
b). PPT Pengenalan LMS Moodle
c). Video Tutorial Penggunaan Moodle
d). Backbone Video Penggunaan moode
This lesson is not ready to be taken.