LMS-SPADA INDONESIA
Selamat Datang para mahasiswa di mata kuliah Penilaian Pembelajaran Bahasa Jerman. Anda akan belajar di mata kuliah ini selama 16 minggu yang terdiri atas 8 minggu teori dan 8 minggu mengaplikasikan teori tersebut dalam kegiatan perencanaa, penyusunan, uji coba instrumen tes Bahasa Jerman dan menganalisis instrumen tes (validitas, reliabillitas, daya beda dan taraf kesukaran). Anda harus mengikuti semua kegiatan pembelajaran yang telah dirancang. Selamat Belajar! Sukses selalu, Viel Erfolg!
Profil Dosen:
|
Dosen Pendidikan Bahasa Jerman FBS dan Pascasarjana UNY Email: weningsahayu@uny.ac.id |
1. Fakultas / Program Studi : Bahasa dan Seni/ Pendidikan Bahasa Jerman
2. Mata Kuliah & Kode : Penilaian Hasil Belajar Bahasa Jerman Kode :MKK6205
3. SKS : Teori: 2 SKS / Praktik: SKS / Sem : 4 / Waktu : 100 Menit
4. Capaian Pembelajaran
1) (C2) Peserta didik memaparkan hakikat evaluasi dan (C4) memberikan pandangan pribadi atas fenomena kegiatan evaluasi yang dialami dan terjadi disekitarnya.
2) (C2) Peserta didik mampu memaparkan subjek evaluasi, sasasran evaluasi, prinsip evaluasi, dan alat evaluasi
3) (C2) Peserta didik mampu memaparkan hakikat tes dan validitas tes dan(C3) mempraktekkan mencari validitas tes
4) (C2) Peserta didik memaparkan hakikat reliabilitas tes dan(C3) mempraktekkan cara mencari reliabilitas tes
5) (C2) Peserta didik mampu memaparkan taksonomi, tujuan instruksional, tes standard dan tes buatan guru
6) (C2) Peserta didik memaparkan penyusunan tes dan(C3) mempraktekkan / membuat salah satu instrument tes
7) (C2) Peserta didik mampu memaparkan tes tertulis, bentuk-bentuk tes, tes obyektif, pengukuran ranah afektif, pengukuran ranah psikomotorik
5. Peta Kompetensi

6. Gambaran Kegiatan Perkuliahan
a. Mengukur dan Menilai
|
KOMPONEN LANGKAH
|
Uraian Kegiatan |
Estimasi Waktu |
Metode |
Media |
Sumber Bahan/ Referensi |
|
Pendahuluan |
Silabi, pentingya evaluasi, contoh evaluasi di pendidikan formal.
|
10 menit |
ceramah |
|
|
|
Penyajian (Inti) |
Pengukuran, penilaian, evaluasi. Mengapa menilai? Tujuan dan fungsi penilaian. Ciri-ciri penilain pendidikan. |
80 menit |
Ceramah, diskusi, presentasi, penugasan |
OHP, LCD |
Evalusi pendidikan ( Suharsimi Arikunto) |
|
Penutup |
Mahasiswa merefleksi kegiatan evaluasi yang pernah dialami selama sekolah.
|
10 menit |
Ceramah, penugasan |
|
Penilaian dalam pengajaran sastra dan bahasa (Burhan N) |
|
Tindak Lanjut |
Tugas menceritakan hasil refleksi tentang subyektivitas yang terjadi dalam evaluasi.
|
|
|
|
|
Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?
Kobarkan semangat untuk selalu beusaha menjadi yang terbaik, ya!!!
Kata orang bijak, usaha akan membuahkan hasil! Jangan lupa iringi dengan doa!
Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?
Selalu semangat, yaa!!!
Anda tidak akan rugi, karena pengetahuan dan keterampilan anda akan terasah!!
Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?
Mari kita lanjutkan belajar mandiri ya... Semangat!!!
Anda tidak akan rugi, walau kata para bijak bestari semakin banyak belajar akan semakin tidak tahu.
Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?
Kobarkan semangat untuk selalu beusaha menjadi yang terbaik, ya!!!
Kata orang bijak, usaha akan membuahkan hasil! Jangan lupa iringi dengan doa!
Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?
Kobarkan semangat untuk selalu beusaha menjadi yang terbaik, ya!!!
Kata orang bijak, usaha akan membuahkan hasil! Jangan lupa iringi dengan doa!
Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?
Kobarkan semangat untuk selalu beusaha menjadi yang terbaik, ya!!!
Kata orang bijak, usaha akan membuahkan hasil! Jangan lupa iringi dengan doa!
Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?
Kobarkan semangat untuk selalu beusaha menjadi yang terbaik, ya!!!
Kata orang bijak, usaha akan membuahkan hasil! Jangan lupa iringi dengan doa!
Hallo, apa kabar? Wie geht es Ihnen?
Kobarkan semangat untuk selalu beusaha menjadi yang terbaik, ya!!!
Kata orang bijak, usaha akan membuahkan hasil! Jangan lupa iringi dengan doa!