
Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah Customer Service dan Public Relations (DMH2I4) di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Fakultas Ilmu Terapan masuk pada semester 4 Kurikulum 2016 dan merupakan salah satu mata kuliah wajib diantara 38 mata kuliah wajib lainnya, mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan ciri khas agar mahasiswa dan lulusan memiliki kemampuan spesifik dalam bidang pelayanan sebagai bagian dari kegiatan pemasaran perusahaan dan public relations yang baik dalam rangka peningkatan citra perusahaan.
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan tentang customer service dan public relation. Mahasiswa akan memperoleh materi berupa profesi customer service, Introduction customer service, Service Culture, Komunikasi verbal dan nonverbal, Mendengarkan pelanggan, Customer service dan perilaku pelanggan, Service breakdown dan recovery, Customer Service in a diverse world, Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam customer service dan Peningkatan loyalitas pelanggan. Mahasiswa akan memperoleh materi public relation mengenai cara Menjalin Hubungan Internal Dan Eksternal Dalam Public Relations, Peran Public Relations dalam membangun Corporate Image, Proses dan aspek manajemen Public Relations dan Metode Public Relation
Profil dan Sejarah Mata Kuliah
Mata kuliah Customer Service dan Public Relations (DMH2I4) ini dirancang agar lulusan Prodi D3 Manajemen Pemasaran; 1) mampu melayani kebutuhan pelanggan, dapat memberikan solusi atas permasalahan pelanggan, dapat membina baik hubungan dengan pelanggan dan mampu mempromosikan serta menjual produk-produk perusahaan; 2) mampu memberi identitas perusahaan dengan tepat dan benar, serta mampu mengkomunikasikannya kepada public sehingga public memiliki kepercayaan dan pengertian yang benar terhadap perusahaan.
Mata kuliah Customer Service dan Public Relations (DMH2I4) ini mengalami pembaharuan pada kurikulum 2016. Dahulu nama mata kuliah ini adalah Customer Service Management (AM411173), diberikan pada semester 4 dengan 3 sks dan tanpa praktikum. Pembahasan di mata kuliah terdahulu hanya untuk konsep customer service management.
Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah
Urgensi mata kuliah Customer Service dan Public Relations karena mata kuliah ini merupakan mata kuliah inti dari program studi Manajemen Pemasaran, dimana mata kuliah ini merupakan fundamental atau dasar dan wawasan spesifik dalam kegiatan pemasaran dan merupakan mata kuliah wajib mendasar yang menjiwai dari program studi ini.
Mahasiswa memahami nilai-nilai dan kemampuan seorang Customer Service dan Public Relations yang diwujudkan dalam kreasi dan inovasi yang bersifat fleksibel sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia usaha.
Kaitan dengan Mata Kuliah lainnya
Prasyarat mata kuliah Customer Service dan Public Relations sudah sesuai dengan organigram Kurikulum 2016 adalah Manajemen Pemasaran.
Peta Capaian Pembelajaran (CP)Pokok Bahasan
Secara garis besar , konten terbagi menjadi: 11 pokok bahasan yang akan dilaksanakan sebanyak 13 minggu pertemuan, diantaranya:
Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning
Best Practice (Tips dan Trick)
Untuk menjadi Customer Service dan Public Relations yang sukses, kuasai diantaranya ::
1. Menanamkan keinginan membantu orang lain
2. Dapat membina hubungan baik dengan pelanggan
3. Mampu berkomunikasi dengan baik
4. Mampu memberikan solusi yang tepat
5. Mampu mempromosikan dan menjual produk
Sertifikasi
Sertifikasi yang berkorelasi dengan mata kuliah Customer Service dan Public Relations :
1. BADAN NASIONAL SERTIFIKASI PROFESI (BNSP) Customer Service dan Public Relations (Kehumasan)
2. Pelatihan dan Sertifikasi Customer Service – LSP Koperasi
3. Pelatihan dan Sertifikasi Customer Service – Edukatama
4. Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia (LSPPRI)
Referensi Mata Kuliah
1. Lucas, Robert W, Customer Service: Skills for success, 6th edition, McGraw Hill, 2017
2. Kaufman, Ron, Up Your Service, Ron Kaufman Pte Ltd, 2012
3. Harris, Elaine K, Customer Service: A Practical Approach, 6th Edition, Prentice Hall , New Jersey, 2012
4. Elvinaro, Ardianto (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media
5. Anggoro, M Linggar (2005). Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasnya di Indonesia, Bumi Aksara.
6. Black, Sam (2004). Practical Public Relations. New Delhi. Universal Book Stall
7. Center, Alen H dan Patrick C Jackson (2002). Public Relations : Managerial Case Study and Problem. New Delhi. Prentice Hall India
8. Elvinaro, Ardianto (2011). Handbook of Public Relations. Pengantar Komprehensif. Simbiosa Rekatama Media.
9. Elvinaro, Ardianto (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations.
Kuantitati dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan Introduction Customer Service.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
MATERI PEMBELAJARAN
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan Service Culture
CAPAIAN PEMBELAJARANMATERI PEMBELAJARAN
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan Komunikasi Verbal dan Non Verbal
CAPAIAN PEMBELAJARANMATERI PEMBELAJARAN
Komunikasi Verbal;
Komunikasi
NonVerbal
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan Mendengarkan Pelanggan
CAPAIAN PEMBELAJARANMATERI PEMBELAJARAN
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan Customer Service dan perilaku pelanggan
CAPAIAN PEMBELAJARANMATERI PEMBELAJARAN
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan Service Breakdown dan Service Recovery
CAPAIAN PEMBELAJARANMATERI PEMBELAJARAN
Service Breakdown;
Service Recovery
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan CUSTOMER SERVICE IN A DIVERSE WORLD
CAPAIAN PEMBELAJARANMATERI PEMBELAJARAN
Pada bab ini akan dibahas mengenai;
1. Ruang lingkup keanekaragaman
2. Nilai budaya
3. Quality service pada diverse grup (languange differences)
4. Quality service pada diverse grup (Disabilities)
5. Quality service pada diverse grup (Elderly customers)
6. Quality service pada diverse grup (Younger customers)
7. Positive global service
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam customer service
CAPAIAN PEMBELAJARANMATERI PEMBELAJARAN
Pada bab ini akan dibahas mengenai;
1. Perkembangan teknologi
2. Peningkatan peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan pelanggan
3. The call center or help desk
4. Jenis teknologi yang digunakan dalam Customer Service
5. Keuntungan menggunakan teknologi
6. Kerugian menggunakan teknologi
7. Etika pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan Peningkatan Loyalitas Pelanggan
CAPAIAN PEMBELAJARANMATERI PEMBELAJARAN
Pada bab ini akan dibahas mengenai;
1. Peranan kepercayaan
2. Pentingnya manajemen hubungan pelanggan (CRM)
3. Karakteristik penyedia yang mempengaruhi loyalitas pelanggan
4. Bertanggung jawab terhadap hubungan dengan pelanggan
5. Mengutamakan pelanggan
6. Meningkatkan kepuasan pelanggan
7. Peningkatan kualitas
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan Menjalin Hubungan Internal Dan Eksternal Dalam Public Relations
CAPAIAN PEMBELAJARANMATERI PEMBELAJARAN
Pada bab ini akan dibahas mengenai;
1. Pentingnya keterampilan komunikasi
2. Efek komunikasi
3. Konsep Public Relations
4. Fungsi Public Relations
5. Elemen Public Relations
6. Eksternal dan Internal Public Relations
7. Pembentukan opini publikAssalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan Peran Public Relations dalam membangun Corporate Image
CAPAIAN PEMBELAJARAN
MATERI PEMBELAJARAN
Pada bab ini akan dibahas mengenai;
1. Tolak ukur mencapai citra positif
2. Media yang digunakan untuk membentuk citra
3. Peran Public Relations dalam membangun Corporate Image
4. Corporate Communications
5. Identitas Perusahaan
6. Citra Perusahaan
7. Reputasi PerusahaanAssalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan PROSES DAN ASPEK MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS
CAPAIAN PEMBELAJARANMATERI PEMBELAJARAN
Pada Bab ini dibahas mengenai Proses dan aspek manajemen Public Relations;
a. Fact Finding
b. Planning
c. Comunicating
d. Evaluating
e. Peran PR dalam Bisnis dan Pemerintahan
f. Perekayasaan Opini Public
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat bertemu pada pokok bahasan METODE PUBLIC RELATIONS
CAPAIAN PEMBELAJARANMATERI PEMBELAJARAN
Pada bab ini dibahas mengenai Metode Public Relations;
a. Media Relations
b. Marketing public relations
c. Marketing communications
d. Public relations dan advertising
e. Public relations dan marketing
f. Media Public relations kontemporer
g. Penulisan
Public Relations