Deskripsi Mata Kuliah
Identitas Mata Kuliah
Matakuliah Pengantar Ilmu Ekonomi (DMH1C3) diselenggarakan pada semester 1 pada kurikulum yang sedang berlaku, yaitu: kurikulum 2016 Program Studi D3 Manajemen Pemasaran.
Pengantar Ilmu Ekonomi, selanjutnya disebut PIE, merupakan matakuliah yang diselenggarakan untuk membantu mahasiswa dalam memahami prinsip-prinsip ilmu ekonomi yang terutama membahas bagaimana cara mengatasi permasalahan dalam ekonomi dari segi makro dan mikro ekonomi.
Materi dalam matakuliah PIE ini membahas mengenai ruang lingkup ekonomi (mikro dan makro); permintaan, penawaran dan keseimbangan; elastisitas permintaan dan penawaran; teori perilaku konsumen; teori produksi; teori biaya produksi, struktur pasar; pendapatan nasional; agregat demand dan agregat supply; perekonomian terbuka; serta kebijakan moneter dan fiskal.
Profil dan Sejarah Mata Kuliah
Setelah mengikuti mata
kuliah ini, mahasiswa dapat mengetahui, memahami, mengaplikasikan konsep dasar
serta prinsip-prinsip yang ada dalam ekonomi makro dan mikro, serta dapat
menggunakan logika berpikir untuk mengevaluasi dari suatu permasalahan bisnis
terutama bisnis telekomunikasi dengan menggunakan konsep dasar dan prinsip-
prinsip ekonomi yang telah dipelajari.
Mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi (DMH1C3) ini mengalami pembaharuan pada kurikulum 2016. Dahulu nama mata kuliah ini adalah Mikro Ekonomi dan Makro Ekonomi, diberikan pada semester 1 dan 2 dengan masing-masing 2 sks dan tanpa praktikum.
Relevansi
(Urgensi) Mata Kuliah
Urgensi mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi (DMH1C3) karena mata kuliah ini merupakan mata kuliah inti dari program studi Manajemen Pemasaran, dimana mata kuliah ini merupakan fundamental atau dasar dan wawasan spesifik dalam kegiatan pemasaran dan merupakan mata kuliah wajib mendasar yang menjiwai dari program studi ini.
Mahasiswa memahami ruang lingkup ekonomi (mikro dan makro); permintaan, penawaran dan keseimbangan; elastisitas permintaan dan penawaran; teori perilaku konsumen; teori produksi; teori biaya produksi, struktur pasar; pendapatan nasional; agregat demand dan agregat supply; perekonomian terbuka; serta kebijakan moneter dan fiskal adalah untuk mempermudah mengatur dan mengelola perekonomiannya, membuat perencanaan bisnis, menentukan harga, mengembangkan kewirausahaan, dan menentukan kebijakan pemasaran.
Kaitan dengan Mata Kuliah lainnya
Peta
Capaian Pembelajaran (CP)
A. Mahasiswa Mampu Menjelaskan Dan Memahami Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi Mikro, Masalah Ekonomi Dan Metode Ilmu Ekonomi; Memahami Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Permintaan, Penawaran Dan Kondisi Keseimbangan Pasar; Memahami Penerapan Permintaan Dan Penawaran Serta Koefisien Elastisitas Dan Cara Menghitungnya; Memahami Konsep Utility, Pendekatan Kurva Indiferent, Dan Garis Anggaran Dalam Perilaku Konsumen; Memahami Teori Produksi & Teori Biaya Produksi; Memahami Dan Menjelaskan Struktur Pasar
B. Mahasiswa Mampu Memahami Dan Menjelaskan Mengenai Pengertian, Ruang Lingkup Dan Indikator Ekonomi Makro, Mengukur Pendapatan Nasional, Keseimbangan ekonomi melalui analisa IS-LM, Memahami Perekonomian Terbuka, Memahami Kebijakan Fiskal Dan MoneterPokok Bahasan
Secara garis besar , konten terbagi menjadi: 12 pokok bahasan yang akan
dilaksanakan sebanyak 12 minggu pertemuan, diantaranya:
- Pokok bahasan 1 : Cakupan Ilmu Ekonomi Mikro
- Pokok bahasan 2 : Permintaan dan Penawaran Barang & Jasa, Keseimbangan Pasar
- Pokok bahasan 3 : Elastisitas Barang dan Jasa
- Pokok bahasan 4 : Teori Perilaku Konsumen
- Pokok bahasan 5 : Teori Produksi
- Pokok bahasan 6 : Teori Biaya Produksi
- Pokok bahasan 7 : Struktur Pasar
- Pokok bahasan 8 : Cakupan Ilmu Ekonomi Makro
- Pokok bahasan 9 : Output dan pendapatan nasional
- Pokok bahasan 10 : Keseimbangan ekonomi melalui analisa IS-LM
- Pokok bahasan 11 : Pendapatan nasional untuk perekonomian 4 sektor
- Pokok
bahasan 12 : Kebijakan
Ekonomi Makro, Pertumbuhan Ekonomi dan Perdagangan Internasional

Best Practice (Tips dan Trick)
Untuk memudahkan paham mengenai Ilmu Ekonomi, maka yang harus dilakukan adalah:
1. Membaca buku, baik offline maupun online
2. Belajar dari konten Online yang tersedia, seperti di youtube
3. Mengikuti kursus baik offline maupun online.
Sertifikasi
Sertifikasi yang berkorelasi dengan mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi, yaitu :
1. Lembaga Sertifikasi Profesi Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Islam
2. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Ekonomi Syariah
3. Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP)
Referensi Mata Kuliah
1. Sukirno, Sadono. Pengantar Ilmu Ekonomi, Bima Grafika
2. Case, Karl E., Fair, Ray C., And Oster, Sharon M., Priciples Of Economics. Prentice Hall. Latest Edition
3. Pyndick, Robert S, And Rubinfeld, Daniel L. Microeconomics. Prentice Hall. Latest Edition
4. Mankiw, N. Gregory. Priciples Of Economics. Thomson. Latest Edition.