Pertemuan 1: Kontrak Kuliah
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis konsep dan prinsip-prinsip metodologi penelitian pendidikan dengan berbagai pendekatan penelitian kuantitatif, kualitatif, dan pengembangan sebagai dasar untuk menyusun proposal penelitian dengan sistematika yang benar, serta mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip metodologi penelitian pendidikan tersebut dalam penulisan tugas akhir serta menulis artikel dalam publikasi ilmiah.
PENGANTAR PERKULIAHAN
Selamat datang di matakuliah “Metodologi Penelitian Pendidikan”. Matakuliah ini sangat penting dan menarik bagi mahasiswa yang akan dan sedang melaksanakan tugas akhir. Matakuliah ini memerlukan waktu belajar selama 16 Minggu dengan bobot sks 3 (50 Menit x 3 setiap minggu untuk tatap muka/tatap maya). Dosen pengampu matakuliah ini Dr. Endah Andayani, MM (endahandayani@unikama.ac.id). Strategi pembelajaran ynag dilakukan melalui pemahaman konsep, Problem Base Learning, Project Base learning, Latihan Menyusun proposal penelitian, dan mengkaji serta menganalisis sistematika dan gaya selingkung dalam Menyusun laporan akhir dan publikasi jurnal ilmiah. Terlebih dahulu silahkan anda membaca: 1) Deskripsi; 2) Capaian Pembelajaran; dan 3) Rancangan Pembelajaran Semester. Ok…mari kita belajar.
PROFIL DOSEN
MATAKULIAH METODOLOGI PENELITIAN
|
Dr. Endah Andayani, MM. Lulus S3 di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun 2013. Saat ini adalah sebagai dosen PNS yang diperkerjakan (DPK) pada Universitas PGRI Kanjuruhan Malang sejak tahun 1993 pada program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Mengampu matakuliah Metodologi Penelitian, Kewirausahaan, Telaah Kurikulum dan perencanaan pembelajaran. Selain itu juga mengampu matakuliah Perspektif Ekonomi, Manajemen Persekolahan, dan Bisnis Internasional pada Program Pascasarjana Unikama. Aktif meneliti pada bidang Pendidikan ekonomi dan Pendidikan IPS. Salah satu karya tulis telah di Publish pada International Proceeding yaitu “The Learning of Creative Product Entrepreneurship Course to Solve Unemployment Problems in Indonesia Vocational Schools”. Aktif membimbing serta menguji skripsi dan tesis bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dan membimbing mahasiswa dalam menyusun artikel dalam publikasi ilmiah. Berbagai pelatihan terkait penelitian dan artikel sering dilakukan baik dalam negeri maupun di Luar Negeri di Queensland University Brisbane Australia untuk meningkatkan kompetensi.
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
CPL-Prodi yang dibebani Matakuliah |
|
CPL-1 (S8) |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
CPL-2 (P9) |
Mengembangkan dan mengelola penelitian pendidikan dan pembelajaran ekonomi |
CPL-3 (KU5) |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
CPL-4 (KK10) |
Mampu menerapkan penelitian pendidikan dan pembelajaran ekonomi; |
Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK) |
|
CPMK-1 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
CPMK-2 |
Mengembangkan dan mengelola penelitian pendidikan dan pembelajaran ekonomi |
CPMK-3 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
CPMK-4 |
Mampu menerapkan penelitian pendidikan dan pembelajaran ekonomi
|
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub CPMK-1 |
Mahasiswa mampu menganalisis (C4) konsep dan permasalahan tentang metodologi penelitian Pendidikan dan meyakini dengan baik (A3) bahwa ada berbagai pendekatan penelitian yang dapat digunakan untuk merancang (P2) penelitian terkait dengan pembelajaran ekonomi |
Sub CPMK-2 |
Mahasiswa dapat merumuskan (C5) penelitian tentang pembelajaran ekonomi, sehingga dapat digunakan (P4) dalam upaya pengembangan keilmuan Pendidikan ekonomi |
Sub CPMK-3 |
Mahasiswa dapat merancang penelitian (C5) untuk menyelesaikan persoalan (A5) pembelajaran ekonomi berbasis pada prosedur penelitian dengan tepat |
Sub CPMK-4 |
Mahasiswa dapat merancang penelitian (C5) pembelajaran ekonomi dengan berbagai pendekatan penelitian, sehingga dapat diklasifikasi dan dikombinasi (A4) penelitian tersebut untuk menyelesaiakn masalah penelitian dengan tepat.
|
PETUNJUK BELAJAR
- Untuk mendapatkan hasil maksimal saat pembelajaran dalam jaringan dengan memanfaatkan penggunaan bahan ajar pada Spada ini, maka silahkan mengikuti beberapa petunjuk penggunaan Spada antara lain:
- Bacalah dan pahami dengan baik uraian materi yang disajikan pada masing-masing kegiatan pembelajaran daring. Apabila terdapat materi yang kurang jelas segera tanyakan kepada Lecture melalui kegiatan Forum.
- Berperan aktiflah pada setiap kegiatan forum dengan baik, kerjakan tugas di Spada sesuai dengan tengat waktu yang ditetapkan, dan perhatikan petunjuk dan arahan lain dari Lecture anda.
- Pastikan kuota internet Anda mencukupi dengan signyal yang bagus.
- Pada saat pembelajaran tatap maya dilakukan, berpakainlah yang sopan dan perilaku yang mencerminkan mahasiswa Indonesia.
- Selamat belajar. Sukses Untuk
Anda!