Global searching is not enabled.
Skip to main content

Topic outline

  • Pertemuan 1: 24 Februari 2021 (2018A) dan 28 Februari 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :    Mengenal Internet
    Kompetensi Mahasiswa   :   
    1. Mahasiswa dapat mengetahui sejarah internet
    2. Mahasiswa dapat mengenal berbagai istilah yang berkaitan dengan internet

    MATA KULIAH DARING DESAIN WEB

    Selamat Datang

    Para Mahasiswa pada Perkuliahan Daring Desain Web

     

    PENDIDIKAN MATEMATIKA

    FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

    UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

    DOSEN PENGAMPU:

    Trija Fayeldi, M. Si

    Trija Fayeldi, M. Si.
    trija_fayeldi@unikama.ac.id


    Selamat datang para mahasiswa peserta kuliah Desain Web Kelas 2018. Pada bagian ini, Anda akan diajak untuk memahami berbagai hal yang berkaitan dengan aturan selama perkuliahan ini berlangsung. Silakan simak dan pahami penjelasan berikut dengan baik. Selamat menyimak.

    • Oleh karena adanya undangan kepada dosen pengampu untuk rapat bersama Dekan FST, maka zoom kontrak kuliah DIUNDUR menjadi pukul 18.30 WIB. Mahasiswa yang tidak menghadiri zoom kontrak kuliah maka dianggap sudah mengetahui dan tidak akan mempermasalahkan kontrak kuliah tersebut. Terima kasih.

    • Selamat datang di perkuliahan ini. Silakan klik untuk mengetahui link zoom meeting di perkuliahan ini bagi mahasiswa 2018K. Terima kasih.

    • Selamat datang para peserta kuliah Desain Web. Sebelum memulai kuliah, ada baiknya Anda membaca kontrak kuliahnya terlebih dahulu.

    • Para mahasiswa, setelah Anda mempelajari berbagai hal terkait kontrak kuliah pada mata kuliah Desain Web ini, sekarang saatnya Anda memulai pembelajaran. Silakan baca dan pahami penjelasan berikut. Selamat belajar.

  • Pertemuan 2: 3 Maret 2021 (2018A) dan 7 Maret 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :    Mengenal HTML
    Kompetensi Mahasiswa   :   Mahasiswa dapat memahami pengertian dari HTML
    Mahasiswa dapat menjelaskan persamaan dan perbedaan HTML versi 4 dan 5

    Internet 5G memiliki kecepatan jaringan yang jauh lebih cepat dibandingkan 4G. Sementara 4G memiliki kecepatan internet di atas 100 megabite per detik (Mbps), 5G diklaim memiliki kecepatan maksimum hingga 10 gigabite per detik (Gbps). Internet 5G dapat mengurangi latensi, yang berarti waktu muat akan lebih cepat dan responsif . Secara khusus, spesifikasi menjanjikan latensi maksimum 4 ms pada 5G , sementara itu 4G memiliki latensi maksimum 20 ms. Pada kecepatan ini, 5G mengalahkan koneksi internet kabel rumah saat ini dan lebih sebanding dengan jaringan serat optik.


    • Selamat para peserta kuliah, Anda saat ini sudah memasuki pertemuan kedua. Pada pertemuan ini, Anda akan mulai mengenal elemen utama dari sebuah web, yaitu HTML. Setelah membaca penjelasan berikut, Anda akan diminta untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Selamat belajar.


    • Selamat, Anda telah menyimak penjelasan mengenai HTML dengan baik. Sekarang, Anda akan diminta untuk mengerjakan beberapa soal berikut sebagai umpan balik perkuliahan ini. Selamat bekerja.

    • Selamat, Anda telah menyimak penjelasan mengenai HTML dengan baik. Sekarang, Anda akan diminta untuk mengerjakan beberapa soal berikut sebagai umpan balik perkuliahan ini. Selamat bekerja.

    • Para mahasiswa, berikut diberikan link zoom untuk pertemuan hari ini.

    • Pada pembahasan sebelumnya, Anda telah mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan sejarah dan infrastruktur dalam jaringan internet. Nah, pada pertemuan kali ini, tibalah waktunya Anda untuk mulai belajar membangun sebuah web dari dasar. Sebelum membangun web, ada baiknya Anda mengenal berbagai software yang akan digunakan pada perkuliahan ini terlebih dahulu. 


      Selamat mengikuti perkuliahan dan tetap semangat.

  • Pertemuan 3: 10 Maret 2021 (2018A) dan 14 Maret 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :    HTML
    Kompenetnsi Mahasiswa   :   Mahasiswa dapat menjelaskan tag-tag HTML
    Mahasiswa dapat membuat tampilan Hello World dengan HTML

    Hampir di setiap bahasa pemrograman menggunakan program Hello World untuk perkenalan pertama. Namun, tidak banyak yang tahu, kapan program ini pertama kali dibuat, siapa yang membuatnya dan kenapa harus Hello World? Orang yang pertama kali menulis program Hello World adalah Brian Kernighan. Ketika itu, beliau menulis dokumentasi untuk bahasa pemrograman BCPL (Basic Combined Programming Language) dan memberikan contoh program Hello World

    Kenapa namanya Hello WorldBrian Kernighan sebenarnya tidak ingat betul, mengapa beliau menggunakan kata Hello World. Namun, berdasarkan wawancara Forbes India, beliau menyatakan Ingatan saya sangat suram sekarang. Apa yang saya ingat adalah sebuah kartun yang menampilkan seekor telur dan anak ayam, dan anak ayam itu mengatakan “Hello, world!"


    • Para mahasiswa, selamat Anda telah sampai pada pertemuan saat ini. Di pertemuan sebelumnya, Anda telah dikenalkan dengan software utama pembuatan web, yaitu text editor (misalnya Sublime Text) dan browser (misalnya Chrome). Nah, di pertemuan sekarang, saatnya Anda belajar untuk melakukan proses koding HTML. Simak video berikut baik-baik lalu praktikkan pada perangkat Anda. Selamat belajar.

    • Para mahasiswa, bagaimana koding Hello World yang Anda buat tadi? Berhasil bukan? Nah, sekarang mari kita simak materi-materi yang terkait dengan proses koding HTML berikut. Selamat Belajar.

    • Para Mahasiswa, berikut diberikan link zoom meeting pertemuan ini.

  • Pertemuan ke 4: 17 Maret 2021 (2018A) dan 21 Maret 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :    Latihan HTML
    Kompetensi Mahasiswa   :   Mahasiswa dapat menemukan kode HTML yang tepat dari sebuah tampilan web
    Tak dapat dipungkiri bahwa Internet Explorer telah menenami pengguna internet sejak akhir Abad ke-20 hingga awal Abad ke-21. Walaupun sudah banyak web browser yang lebih mendominasi, Internet Explorer tetap akan diingat sebagai web browser yang membantu segala aktivitas digital kita di masa awal kejayaan internet.

    Internet Explorer memulai perjalanannya pada tahun 1995. Teknologi ini menjadi salah satu web browser pertama yang digunakan oleh publik secara umum. Diawali dari Internet Explorer 1.0 atau versi pertama, Microsoft terus mengembangkan program dan fitur-fitur di dalamnya agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya, seperti Opera, Mozilla Firefox, dan lainnya. Melihat penggunanya yang semakin berkurang, Microsoft pun mengakhiri Internet Explorer pada versi yang kesebelas. Sebagai gantinya, Microsoft meluncurkan web browser baru pada tahun 2015 yang dinamakan Microsoft Edge. Web browser yang satu ini dicanangkan sebagai versi kekinian dari Internet Explorer. Microsoft Edge berintegrasi dengan Cortana, sebuah asisten virtual yang ditanamkan dalam Windows Phone. Walaupun versi lama dari Microsoft Edge akan dihentikan, Microsoft akan mengembangkan versi baru dari Microsoft Edge yang dapat berkompetisi dengan berbagai web browser yang sangat canggih di masa sekarang ini.
  • Pertemuan ke 5: 24 Maret 2021 (2018A) dan 28 Maret 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :   MathJax
    Kompetensi Mahasiswa   :   Mahasiswa dapat mengenal MathJax
    Mahasiswa dapat menggunakan MathJax untuk menuliskan equation pada HTML

    Permasalahan yang sering dihadapi oleh mahasiswa, guru, ataupun dosen matematika adalah masalah penulisan rumus matematika. Sebagai contoh, di Microsoft Word Anda tidak dapat langsung menuliskan rumus begitu saja melainkan harus mengaktifkan Microsoft Equation terlebih dahulu. Begitu pula dengan HTML.

    HTML tidak menyediakan fasilitas untuk pengetikan rumus secara langsung. Untuk itu, Anda perlu menggunakan librariy dari pihak ketiga untuk menuliskannya. Salah satunya adalah MathJax.
  • Pertemuan ke 6: 31 Maret 2021 (2018A) dan 4 April 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :   Latihan MathJax dan Pengenalan Cascading Style Sheet (CSS)
    Kompetensi Mahasiswa   :   
    1. Mahasiswa mampu membuat berbagai equation dengan menggunakan MathJax
    2. Mahasiswa mengenal CSS
    3. Mahasiswa mampu membuat CSS sederhana

    Awal muncul CSS (Cascading Style Sheet) setelah munculnya SGML (Standard Generalized Markup Language) pada tahun1970an, dan menjadi sebuah teknologi internet yang diresmikan oleh  W3C (world wide web consortium) pada tahun 1996. Format dasar dari CSS yang biasa digunakan oleh orang-orang merupakan ide dari Hakon Wium Lie dalam proposalnya yang berjudul Cascading HTML Style Sheet ( CHSS) pada tahu 1995 pada konferensi W3C (world wide web consortium) di Chicago, Illinois. Setelah itu Lie mengembangkan standar dari CSS dengan temannya yang bernama Bert Bos.


    Setelah diresmikan oleh W3C tahun 1996, di akhir tahun itu CSS level 1 resmi dipublikasikan pada bulan Desember. Proyek CSS level 1 ini juga didukung oleh programmer perusahaan ternama yaitu Microsoft yang bernama Thomas ReardonDalam penetapan CSS level 1 yaitu bertujuan untuk mengurangi tag-tag baru pada Netscape dan Internet explorer, dimana keduanya bersaing mengembangkan tag-tag mereka sendiri untuk tampilan web. CSS level satu mendukung pengaturan seperti: Font, Warna, Text, Background dan elemen-elemen lainnya, Text atribut (seperti:spasi antar baris, kata dan huruf), posisi text, gambar, table, margin, border, dan padding. Setelah itu standar CSS mengalami penyempurnaan-penyempurnaan dan terus dikembangkan hingga versi terbaru:

    1. CSS level 2, disempurnakan oleh W3C pada tahun 1998, dimana terjadi perubahan pada format dokumen yang bisa ditampilkan di printer.
    2. CSS level 3, pada level ini terjadi perkembangan dimana bisa menampilkan animasi warna dan 3D pada halaman website, dan fitur lain seperti: multiple background, drop-shadow, border-image, border-radius, CSS Object Model dan CSS-Math, untuk saat ini CSS level 3 menjadi yang terbaru.


  • Pertemuan ke 7: 07 April 2021 (2018A) dan 11 April 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :   Javascript
    Kompetensi Mahasiswa   :   Mahasiswa mengenal Javascript
    Mahasiswa dapat menggunakan Javascript dalam pembuatan web

    JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam kurun waktu dua puluh tahun ini. Bahkan JavaScript juga dikenal sebagai salah satu dari tiga bahasa pemrograman utama bagi web developer:

    1. HTML: Memungkinkan Anda untuk menambahkan konten ke halaman web.
    2. CSS: Menentukan layout, style, serta keselarasan halaman website.
    3. JavaScript: Menyempurnakan tampilan dan sistem halaman web.


    JavaScript dapat dipelajari dengan cepat dan mudah serta digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan fungsionalitas website hingga mengaktifkan permainan (games) dan software berbasis web.


    • Para mahasiswa, Anda telah mengenal HTML dan CSS sebagai komponen penting dalam pembentukan sebuah web. Agar web yang Anda buat dapat lebih hidup dan interaktif maka diperlukan satu komponen lagi, yaitu Javascript. Apakah Javascript itu dan bagaimana cara penggunaannya? Simak penjelasan berikut.

    • Selamat, Anda telah mempelajari Javascript dan sejarahnya secara umum. Sekarang, mari kita pelajari lebih jauh tentang Javascript. Selamat belajar.

    • Para mahasiswa, sekarang waktunya Anda mulai mengenal syntax-syntax yang digunakan pada Javascript. Sebenarnya syntax pada javascript sangat banyak. Kita hanya membatasi syntaxnya untuk keperluan melakukan operasi perhitungan matematika. Selamat menyimak

    • Para mahasiswa, setelah Anda memahami bagaimana cara memasukkan input dan mengeluarkan output bilangan pada Javascript, sekarang Anda akan mempelajari bagaimana cara melakukan manipulasi operasi matematika pada Javascript.

    • Para mahasiswa, Javascript memiliki kemampuan mengolah instruksi pemilihan. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak uraian berikut.

    • Para mahasiswa, berikut diberikan link zoom untuk pertemuan ini.

  • Pertemuan ke 8: 14 April 2021 (2018A) dan 18 April 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :   Ujian Tengah Semester
    Kompetensi Mahasiswa   :   UTS


    • Para mahasiswa, sekarang saatnya Anda mengerjakan soal Ujian Tengah Semester. 

      Soal terdiri atas tiga bagian, yaitu 

      1. True - False (benar-salah) 20 soal
      2. Pilihan ganda 20 soal
      3. Isian 5 soal 

      Carilah waktu Anda yang paling luang untuk mengerjakan soal ini. Anda hanya dapat mensubmit jawaban satu kali saja

      Selamat Bekerja.

  • Pertemuan ke 9: 21 April 2021 (2018A) dan 25 April 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :   Bootstrap
    Kompetensi Mahasiswa   :   Mahasiswa dapat mengenal framework bootstrap versi 5
    Mahasiswa dapat menggunakan beragam komponen pada bootstrap versi 5

    Bootstrap adalah framework open-source khusus front end yang awalnya dibuat oleh Mark Otto dan Jacob Thornton untuk mempermudah dan mempercepat pengembangan web di front end. Bootstrap memiliki semua jenis HTML dan template desain berbasis CSS untuk berbagai fungsi dan komponen, seperti navigasi, sistem grid, carousel gambar, dan tombol (button).

    Logo bootstrap 5

    Framework ini memang menghemat waktu developer karena tidak perlu mengelola template berkali-kali. Namun, fungsi utama dari Bootstrap adalah untuk membuat situs yang responsif. Interface website akan bekerja secara optimal di semua ukuran layar baik di layar smartphone maupun layar komputer/laptop. Developer tak perlu lagi mendesain situs khusus untuk perangkat tertentu. Trafik dan jangkauan audiens versi desktop tidak akan hilang dan tetap diarahkan ke website versi mobileUser dan komunitas Bootstrap semakin berkembang. Developer dan designer website bisa bertukar informasi dan juga berdikusi mengenai patch framework terbaru.

  • Pertemuan ke 10: 28 April 2021 (2018A) dan 02 Mei 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :   Bootstrap
    Kompetensi Mahasiswa   :   Mahasiswa dapat menggunakan bootstrap

    Bootstrap saat ini menjadi salah satu framework favorit bagi web designer yang ingin membuat website responsive. Di era saat ini, dengan perkembanga perangkat elektronik yang begitu pesat, memberikan dampak bagi disain website. Kebutuhan untuk diakses dari berbagai perangkat dengan resolusi yang berbeda. Secara sederhana, sistem grid dapat diartikan sebagai sistem untuk membuat tampilan website dengan menggunakan serangkaian baris dan kolom. 


    Terdapat beberapa aturan dari sistem grid yang harus dipahami. Adapun aturan tersebut kurang lebihnya sebagai berikut:


    1. Class row dapat ditempatkan diantara sebuah class container (fixed-width) atau class container-fluid (full-width) dengan tujuan keselarasan dan padding.
    2. Gunakan class row untuk membentuk grup horizontal dari kolom.
    3. Konten yang ada harus diletakkan pada kolom dan kolom memungkinkan untuk membuat baris baru.
    4. Kolom grid dibuat dengan maksimal 12 kolom dalam satu baris.

    • Forum icon
      Pertemuan 10: Penawaran Presentasi (5 Mahasiswa) Forum
      Available until 28 April 2021, 6:00 AM
    • Para mahasiswa, berikut adalah link zoom untuk pertemuan kali ini.

  • Pertemuan ke 11: 05 Mei 2021 (2018A) dan 09 Mei 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :   Bootstrap
    Kompetensi Mahasiswa   :   Mahasiswa dapat menggunakan bootstrap

  • Pertemuan ke 12: 12 Mei 2021 (2018A) dan 16 Mei 2021 (2018K)

  • Pertemuan ke 13: 19 Mei 2021 (2018A) dan 23 Mei 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :   Hosting
    Kompetensi Mahasiswa   :   Mahasiswa memahami pengertian hosting
    Mahasiswa dapat memiliki aku hosting

    Membuat sebuah website memang terlihat mudah untuk sebuah web programming dan web desainer. Namun ada kalanya membuat website terlihat sulit dan cukup rumit ketika kita tidak tahu apa yang dibutuhkan untuk bisa membuat website yang menarik dan informatif. Kita bisa saja meminta bantuan para ahli untuk membantu kita membuat website yang kita inginkan, tapi masih ada ternyata yang kita butuhkan untuk memenuhi syarat sebuah website bisa menarik bagi pengunjuk internet. Nah, berikut ini adalah 5 hal yang harus diperhatikan sebelum kita membuat sebuah website:

    1. Nama Domain

    Apalagi yang harus diingat sebelum pada akhirnya kita bergelut dengan internet, selain nama domain. Seperti halnya ketika kita ingin mencari suatu tempat, pertama yang harus kita tahu adalah nama alamatnya. Begitu juga dengan website, sebagai sebuah tempat orang mencari berbagai informasi, website memerlukan sebuah nama domain sebagai petunjuk untuk orang – orang yang ingin mencari informasi. Nama domain sendiri bergantung dari kita yang ingin memilikinya. Kita bisa memberikan nama domain sesuai keinginan kita. Itu artinya Anda harus berebut dengan jutaan orang di dunia ini untuk mendapatkan nama domain yang Anda inginkan. Jangan kecewa ketika nama domain yang Anda inginkan sudah tidak ada atau tidak tersedia lagi. Itu karena nama domain di dunia ini hanya ada satu dan tidak bisa diduplicate.


    2. Logo Website

    Sebuah website akan dikenal dan diingat oleh pengunjungnya ketika mereka memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri, selain dari konten yang memang dibutuhkan. Logo menjadi salah satu kebutuhan yang wajib terpenuhi saat Anda akan membuat sebuah website. Logo bisa membantu Anda menunjukkan website apa yang sedang Anda kelola. Website sekolahkah? Bisniskah? Toko onlinekah? atau website perusahaan. Nah dari sebuah logo, pengunjung bisa tahu siapa Anda, karena memang terkadang sebuah logo akan mencantumkan nama perusahaan atau inisialnya. Logo harus selalu ada di setiap website. Sejelek – jeleknya logo, logo tetap yang menjadi salah satu ciri khas dari sebuah website.


    3. Penggunaan Teks

    Penggunaan teks atau sering kita sebut dengan typhografi harus menjadi salah satu yang kita beri perhatian lebih. Karena penggunaan teks yang cocok dengan website akan memberikan nilai tambah untuk website kita. Kita harus tahu jenis teks apa yang kira – kira cocok dan pas dengan website kita. Seperti ketika website kita berbasis toko online anak atau remaja, kita bisa memilih jenis teks atau font yang fun, ceria dan tidak membosankan jika dibaca oleh kalangan mereka. Begitu juga ketika website kita menjurus ke hal yang serius seperti website perusahaan, kita bisa memilih jenis teks yang sedikit lebih serius dan terlihat konsisten.

    4. Penggunaan warna

    Warna, komponen penting yang satu ini tidak dapat dipisahkan ketika Anda sedang merancang pembuatan sebuah website. Sama halnya dengan penggunaan teks, warna juga harus sesuai dengan jenis dan fungsi dari website kita. Pemilihan warna memang biasanya melibatkan selera dari si pembuat. Namun, kita tidak bisa menjadi individual ketika ingin menciptakan dan memberikan sesuatu kepada orang banyak. Kita harus sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan orang banyak. Terlebih jika website tersebut seperti toko online. Kita harus sesuaikan dengan target pasar yang akan kita tuju.


    5. Tata Letak

    Untuk membuat sebuah website yang tidak hanya menarik, tetapi juga informatif, kita perlu tahu dulu tentang ingin desain seperti apa websitenya nanti, dan ingin digunakan untuk apa websitenya nanti. Ini akan membantu seorang web desainer dan developer website untuk membuat dan mengembangkan websitenya. Seperti yang sedang trend seperti sekarang ini, yaitu web responsif. Seorang desainer web dan web programming harus mampu bekerjasama dengan baik untuk membuat dan menentukan setiap tata letak dari konten – konten didalam website tersebut. Untuk sebuah toko online, tata letak sangat menentukan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja di website tersebut. Konten yang dibuat harus disesuaikan dengan kebutuhan, agar tidak menggunakan ruang yang tidak dibutuhkan.


  • Pertemuan ke 14: 26 Mei 2021 (2018A) dan 30 Mei 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :   Bootstrap
    Kompetensi Mahasiswa   :   Mahasiswa dapat menggunakan bootstrap


  • Pertemuan ke 15: 02 Juni 2021 (2018A) dan 06 Juni 2021 (2018K)

    Topik Perkuliahan   :   Tugas Proyek
    Kompetensi Mahasiswa   :   Mahasiswa dapat membuat web sederhana



  • PEKAN SUNYI (7 - 13 Juni 2021)


  • Pertemuan 16: Grading Time