General
Di fasilitasi oleh:
Selamat datang di kelas Biostatistik Intermediet. Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa atau mahasiswa persiapan pada program pascasarjana, maupun bagi para profesional di bidang kesehatan. Kelas ini menyelenggarakan proses pembelajaran jarak jauh secara aktif (student centered active learning) berbantuan teknologi informasi dan komunikasi dengan mengkombinasikan berbagai media pembelajaran e-Learning. Selamat bergabung, semoga proses pembelajaran anda menyenangkan, dan dapat mencapai kompetensi yang diharapkan, semoga sukses!
Sasaran Pembelajaran Terminal
Setelah mengikuti mata ajar ini, peserta mampu menilai situasi kesehatan masyarakat melalui analisis data kesehatan masyarakat dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menerapkan metode biostatistik yang sesuai dengan konteks data, dan merangkum hasil analisis serta mengelola penyajian untuk pengambilan keputusan dalam pemecahan masalah kesehatan masyarakat.
Subkompetensi (Sasaran Pembelajaran Penunjang)
1) Ketika diberi sekumpulan pemicu pembelajaran, mahasiswa mampu menjelaskan secara sistematis konsep, lingkup, dan peran biostatistik dalam bidang kesehatan masyarakat
2) Ketika diberi sekumpulan data kesehatan mahasiswa mampu meringkas (menyajikan ukuran pusat, variasi, posisi) data numerik menggunakan teknik biostatistik deskriptif dalam bentuk tabel/grafik sesuai dengan skala variabel/data
3) Ketika diberi masalah/kasus probabilitas, mahasiswa mampu menjelaskan dan membedakan beberapa sebaran peluang teoritis tersering diterapkan pada data riset kesehatan masyarakat serta menyelesaikan persoalan kuantitatif tertentu dengan menggunakan pendekatan teknik probabilitasdengan tepat
4) Ketika diberi studi kasus desain penelitian tertntu, mahasiswa mampu menyediakan, mengeksplorasi dan menyiapkan data riset kesehatan masyarakat yang sesuai dengan kriteria sampling, ukuran, serta kualitas data yang baik untuk kebutuhan analisis
5) Ketika diberi data masalah/studi kasus statistik inferensi dalam kesmas, mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan prosedur analisis biostatistik baik secara sederhana maupun prosedur lanjutan yang sesuai, serta menganalisis hasilnya dengan tepat
6) Ketika diberi data masalah/studi kasus statistik inferensi dalam kesmas, mahasiswa mampu mengorganisasikan penyajian dan menyimpulkan hasil analisis biostatistik berdasarkan data riset kesehatan masyarakat maupun registrasi vital, baik secara tertulis dan lisan, yang akan ditujukan kepada profesional kesehatan masyarakat maupun masyarakat umum
000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000
Silakan anda unduh dan pelajari "Buku Pedoman Kerja Mahasiswa" berikut ini (klik pada gambar muka buku):
Persyaratan:
Guna mencapai keberhasilan dalam mata kuliah ini, mahasiswa/peserta perlu:
- Mempunyai motivasi, etika, kejujuran serta bertanggung jawab dalam proses belajar mandirinya
- Mempelajari dengan seksama panduan penggunaan SCeLE serta memastikan diri bahwa anda mampu menggunakan berbagai media pemelajaran yang akan digunakan dalam kelas SCeLE ini
- Mengikuti seluruh kegiatan pemelajaran sesuai dengan petunjuk/ panduan, baik yang tertera pada kelas SCeLE maupun BPKM
Latar Belakang Pengetahuan:
Mahasiswa/peserta mata kuliah ini diharapkan telah memiliki latar belakang pengetahuan mengenai dasar statistika
Peta Kompetensi:
Referensi:
Format perkuliahan:
- <Video Streaming>
- <Handout dan File presentasi-format flash dan pdf>
- <Diskusi online pada forum>
- <Latihan mandiri>
- <Evaluasi hasil pembelajaran secara online>
Penilaian:
Penjelasan Matakuliah :
Pengantar
"Statistika adalah aplikasi dalam matematika meliputi kegiatan pengumpulan, analisis, dan penyajian data numerik. Statistika digunakan dalam kegiatan penelitian dengan menerapkan pengetahuan matematika dan statistika untuk rancangan survei dan eksperimen". Dodge, Y. (2003)
Biostatistika adalah salah satu ilmu dasar dari kesehatan masyarakat. Seorang ahli kesehatan masyarakat, baik ilmuwan maupun praktisi dapat dipastikan ia akan menggunakan metode-metode biostatistika dalam menjalankan dan mengembangkan profesinya sehari-hari. Secara umum mata ajaran ini akan mempelajari tentang konsep dan lingkup biostatistika, biostatistika deskriptif, konsep probabilitas, model distribusi,populasi dan sampling serta uji hipotesis menggunakan asumsi statistik parametrik.
Di akhir pembelajaran mahasiswa diharapkan mampu menggunakan dan menerapkan metode biostatistika sebagai alat bantu dalam memecahkan masalah di bidang kesehatan masyarakat. Kompetensi tersebut diharapkan dapat dicapai dengan pendekatan Student Centered Learning salah satunya dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi (e-Learning). Penggunaan metode tersebut diharapkan para peserta dapat memanfaatkan dengan optimal berbagai sumber dan alat bantu pemelajaran secara mandiri untuk mencapai kompetensi mata ajar yang diharapkan. Akhirnya kami ucapkan selamat belajar, nikmati dan bertanggung jawablah dalam proses pembelajaran anda. Sampai jumpa lagi di dunia maya!