LMS-SPADA INDONESIA

[tabs margin="0 0 30px 0"]
[tab_item title="Deskripsi Mata Kuliah"]
Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan berisi pengetahuan terkait kemampuan dasar yang berkenaan dengan pentingnya pendidikan kewarganegaraan, hak asasi manusia, hubungan antara warganegara dengan negara, bela negara, dan demokrasi. Selain itu, dalam mata kuliah ini juga dijelaskan tentang bagaimana konsep wawasan nusantara, ketahanan nasional, serta politik dan strategi nasional yang diharapkan dapat membantu mahasiswa menghayati dan memiliki nilai-nilai dan sikap karakter yang bermanfaat, sehingga dapat menjadi warganegara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara terhadap situasi yang dihadapi. Sebelum Saudara mengikuti perkuliahan ini, silahkan Saudara baca RPS berikut!
[tab_item title="Capaian Pembelajaran (CP)"]
Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan Anda:
Iwan Hardi Saputro, S.Pd., M.Si.
Mahasiswa yang berbahagia, sebelum Anda mengikuti perkuliahan ini, silahkan Saudara baca petunjuk belajar berikut:
Semoga Anda sukses dalam pembelajaran ini. SEMANGAT!
[/tabs]
Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa peserta mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Senin pukul 09.00. Semoga Saudara semua selalu diberikan kesehatan sehingga bisa mengikuti pembelajaran dengan lancar. Perlu kami informasikan sebagai wahana komunikasi kita silahkan Saudara bisa bergabung dalam grup telegeram melalui link di bawah ini!
[button link="https://t.me/joinchat/wTuHyh-_bgNlZDZl" icon="fa-hand-o-down"]Link Telegeram PKN Senin 09.00[/button]
Silahkan Saudara pilih jawaban yang Saudara anggap paling benar!
Waktu mengerjakan pree test 20 menit
Setelah mengerjakan pree test, silahkan Saudara bergabung pada perkuliahan ini melalui link google meet berikut!
[button link="https://meet.google.com/dyy-yhac-bza" icon="fa-hand-o-down"]Link Perkuliahan PKn Senin Jam 09.00[/button]
Silahkan Saudara simak tayangan video berikut!
Sumber : KOMPAS TV
Dalam Bab ini kita akan mengkaji materi tentang Bangsa dan Negara. Melalui kajian ini diharapakan Saudara mampu menganalisis konsep bangsa dan negara sehingga mampu menumbuhkan kesadaran tentang jati diri bangsa Indonesia dan menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban sebagai warga negara Pada pertemuan ini silahkan Saudara menyimak dan mempelajari materi berikut!
Perhatikan tayangan video berikut!
Berbicara tentang bangsa dan negara, kasus Etnis Rohingnya menjadi kajian menarik untuk didiskusikan. Etnis Rohingnya adalah suatu bangsa namun tidak memilki negara. Berbeda dengan bangsa dan negara Indonesia. Bagaimana tanggapan Saudara terkait kasus
tersebut dilihat dari perspektif teori bangsa dan negara? Secara realitas apa perbedaan pokok bangsa dan negara? Silahkan Saudara tanggapi diskusi ini dengan menggunakan beberapa literasi yang terkait dengan pernyataan tersebut! Selamat berdiskusi
dan tetap semangat!
Saudara mahasiswa, pada pertemuan ini kita akan mengkaji materi tentang Bela Negara. Melalui pembelajaran ini diharapakan Saudara mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk bela negara warga negara Indonesia sehingga dapat mengaktualisasikan upaya bela negara dalam menghadapi tantangan global. Silahkan Saudara menyimak dan mempelajari materi berikut!
Lakukan pengamatan tentang wujud bela negara di lingkungan sekitar Anda! Upaya bela negara apa saja yang sudah Anda lakukan di lingkungan sekitar Anda? Silahkan deskripsikan dengan disertai dengan foto-foto Anda yang menunjukkan implementasi dari bela negara tersebut!
Keterangan: Tugas dibuat di micorosft word kemudian diupoad di elena maksimal tanggal 24 April 2021 pukul 13.00. Untk formatnya foto terlebih dahulu baru di bawahnya deskripsi dari foto tersebut! (Aktivitas tidak harus di luar rumah)
Saudara mahasiswa, pada pertemuan ini kita akan mengkaji materi tentang Demokrasi. Melalui pembelajaran ini diharapakan Saudara mampu menganalisis konsep demokrasi dan peraturan perundang- undangan yang mengaturnya, serta dapat memberikan analisis t erhadap praktik HAM dan demokrasi di Indonesia.Untuk lebih jelasnya, silahkan Saudara menyimak dan mempelajari materi berikut!
Saudara mahasiswa, pada pertemuan ini kita akan mengkaji materi tentang Wawasan Nusantara. Materi yang akan dikaji antara lain Pengertian Wawasan Nusantara, Pentingnya Wawasan Nusantara Bagi Negara dan Bangsa Indonesia, Dasar Pemikiran Historis dan Yuridis: Perkembangan Konsep Wawasan Nusantara, serta Dasar Pemikiran Wawasan Nusantara dari Segi Kepentingan Nasional. Setelah mengikuti pembelajaran ini diharapakan Saudara mampu mengidentifikasi pengertian dan latar belakang Wawasan Nusantara untuk membentuk cara pandang yang utuh dan menyeluruh terhadap Indonesia dengan segala karateristik dan keanekaragamannya. Silahkan Saudara menyimak dan mempelajari materi berikut! Selamat belajar dan tetap semangat!
Mahasiswa yang berbahagia, saat ini kita sudah memasuki pertemuan ke 8. Untuk pertemuan ke 8 ini akan diadakan Ujian Tengah Semester. Berikut soal beserta ketentuan pengerjaannya!
Petunjuk Pengerjaan:
a. Kerjakan di lembar jawaban yang telah mahasiswa sediakan.
b. Dilarang bekerjasama.
c. Open book
d. Waktu mengerjakan 4 hari
e. Diupload di elena dengan format Microsoft Word
f. Diperbolehkan menggunakan literasi tapi tidak boleh plagiasi
Soal Ujian:
1. Pendidikan Kewarganegaraan secara historis telah ditunjukkan oleh rakyat Indonesia melalui perjuangannya dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan pada saat proklamasi hingga sekarang.
a. Jelaskan mengapa Pendidikan Kewarganegaraan perlu diberikan secara akademik kepada mahasiswa!
b. Coba Saudara bandingkan bagaimana upaya mengisi kemerdekaan antara para pejuang dengan mahasiswa!
2. Pendidikan secara bertahap dan berkelanjutan dapat melahirkan generasi yang sadar dan terdidik. Oleh karena itu muatan materi Pendidikan Kewarganegaraan mengarah pada 2 (dua) aspek, yaitu it is matter of having dan it is matter of being.
a. Jelaskan apa yang dimaksud it is matter of having dan it is matter of being!
b. Mengapa it is matter of being jauh lebih penting daripada it is matter of having? Berikan argumen Anda dengan disertai contoh kasus!
3. Setiap negara di dunia memiliki cara yang berbeda dalam mengimplementasikan HAM.
a. Bedakan perbedaan pemikiran HAM di Indonesia dengan negara lain!
b. Uraikan permasalahan penegakkan HAM di Indonesia!
4. Penegakan hukum (Rule of Law) sangat erat kaitannya dengan demokrasi.
a. Jelaskan kenapa penegakan hukum (Rule of Law) sangat erat kaitannya dengan demokrasi !
b. Apakah dampaknya jika penegakan hukum di Indonesia tidak terlaksana dengan baik ? Jelaskan !
5. Kondisi geografis dan sosial kultural masyarakat di Indonesia merupakan 2 aspek yang melatarbelakangi perlunya Wawasan Nusantara.
a. Jelaskan makna dari pernyataan tersebut!
b. Berikan masing-masing 1 contoh kasus yang dapat membuktikan pernyataan tersebut!
Saudara mahasiswa yang berbahagia, untuk pertemuan ini silahkan Saudara membentuk 6 kelompok belajar kemudian buatlah media pembelajaran (Power Point atau sejenisnya) disertai dengan penjelasan terkait tema-tema berikut!
1. Konsepsi Wawasan Nusantara (Kelompok 1
2. Implementasi Wawasan Nusantara (Kelompok 2)
3. Geopolitik Indonesian (Kelompok 3)
4. Konsep Dasar Ketahanan Nasional (Kelompok 4)
5. Aspek Alamiah dan Sosial Ketahanan Nasional (Kelompok 5)
5. Politik dan Strategi Nasional Dalam Prespektif Kebijakan Pemerintah Indonesia (Kelompok 6)
Ketentuan:
1. Masing-masing kelompok dituntut membuat inovasi terkait tema-tema tersebut.
2. Tugas ini memiliki nilai tinggi sehingga harus serius mengerjakannya untuk membantu nliai-nilai yang lain
3. Setiap kelompok wajib menunjuk 1 koordinator kelompok
4. Setiap anggota kelompok wajib menyampaikan materi (yang tidak menyampaikan tidak mendapatkan nilai. Silahkan pembagian sub materi bisa dikoordinir dengan koordinator kelompok.
5. Media presentasi dapat disertai dengan media lain (gambar-gambar terkait atau yg lain)
6. Dalam presentasi wajib menyampaikan Nama dan NIM
9. Ketentuan :
Pertemuan 10 : Kelompok 1
Pertemuan 11 : Kelompok 2
Pertemuan 12 : Kelompok 3
Pertemuan 13 : Kelompok 4
Pertemuan 14 : Kelompok 5 dan Kelompok 6
Hal yang dinilai :
1. Kemampuan menyampaikan materi (yang tidak menyampaikan materi tidak akan mendapatkan nilai)
2. Kemampuan menjawab pertanyaan (bagi yang menjawab)
3. Inovasi Media (penilaian kelompok)
Saudara mahasiswa, semoga kita selalu diberkahi kesehatan dalam menjalankan segala aktivitas. Untuk pertemuan ke 10 kita akan bertemu melalui media zoom. Silahkan Saudara bisa gabung melalui link berikut!
[button link="https://us04web.zoom.us/j/6632855729?pwd=cGFLMldYQk1wZ3hNcE14dWJBZUhoZz09" icon="fa-share-square-o"]Link Pertemuan 10 PKn 103[/button]
Saudara mahasiswa, pada pertemuan ini kita akan mengkaji materi tentang Geopolitik. Setelah mengikuti pembelajaran ini diharapakan Saudara mampu menguraikan geopolitik dan geostrategi yang melandasi Wawasan Nusantara. Untuk lebih jelasnya silahkan Saudara menyimak dan mempelajari materi berikut! Selamat belajar dan tetap semangat!